07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pascakebakaran, Pertamina Targetkan CPP Gas Gundih Beroperasi November

blokbojonegoro.com | Thursday, 16 July 2020 13:00

Pascakebakaran, Pertamina Targetkan CPP Gas Gundih Beroperasi November

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Pertamina EP menargetkan fasilitas Central Processing Plant (CPP) Gas Gundih dapat mulai beroperasi pada November 2020. Fasilitas pengolahan gas ini terpaksa berhenti beroperasi pasca-kebakaran unit Thermal Oxidizer (TOx) pada April lalu. General Manager Pertamina EP Asset 4 Agus Amperianto mengungukapkan, pemulihan fasilitas pengolahan gas CPP Gundih hingga awal Juli mencapai sekitar 44%. Saat ini perusahaan tengah menunggu fabrikasi Waste Heat Recovery Unit selesai.

"Untuk penggantian Waste Heat Recovery Unit yang terbakar kemarin, fabrikasi akan selesai dan bisa running target November. Makanya saya substitusi dulu dengan Thermal Oil Heater rental untuk memproses H2S-nya," ujar Agus kepada Katadata.co.id, Senin (13/7). Dia menjelaskan, secara garis besar struktur proses utama dari CPP Gundih terdiri dari proses separasi, proses AGRU, Dehidration Unit (DHU), dan terakhir Gas dialirkan ke konsumen.
Adapun untuk proses pemulihan fasilitas pengolahan CPP Gundih berfokus pada area Thermal Oxidizer (TOX), optimasi Biological Sulfur Recovery Unit (BSRU), dan Maintenance & Preservasi CPP Gundih serta beberapa area lainnya. Lebih lanjut, progres per bagian pekerjaan masih sesuai target. Misalnya area TOX yang mencapai progres perbaikan 59%, kemudian optimasi BSRU yang telah mencapai 83%, dan pekerjaan Maintenance & Preservasi 65%. Adapun per 23 Juni 2020 yang lalu tahapan pembongkaran dan penurunan WHRU telah selesai 100%.

Selain itu, Agus menambahkan bahwa sebanyak sekitar 125 orang yang bekerja di area CPP Gundih tetap menerapkan protokol pencegahan Covid-19. Pihaknya pun sangat memperhatikan aspek keamanan dalam pelaksanaan pekerjaan, termasuk juga kesehatan seluruh pihak yang terlibat dalam pekerjaan pemulihan CPP Gundih. "Protokol pencegahan Covid-19 menjadi sebuah kewajiban bagi seluruh pihak di sana. Terapkan physical distancing, gunakan masker, dan untuk yang bekerja di ketinggian wajib menggunakan safety harness," ujarnya.

Seperti diketahui, CPP Gundih menyalurkan gas untuk PT SPP, PLTGU Tambak Lorok Semarang, jaringan gas atau jargas PGN di Blora dan Semarang. Gas untuk CPP Gundih diambil dari Lapangan Cepu yang dikelola Pertamina EP Asset 4. Akibat kebakaran di CPP Gundih, PGN harus mencari pasokan gas dari sumber lain. Salah satunya dengan mendatangkan pasokan compressed natural gas (CNG) dari Jawa Timur. CNG digunakan untuk memenuhi kebutuhan rata-rata harian pelanggan Gaskita di Semarang sebesar 1.100-1.300 meter kubik dan pelanggan jargas di Blora sebesar 280-300 meter kubik.

Sumber: https://katadata.co.id/berita/2020/07/13/
pascakebakaran-pertamina-targetkan-cpp-gas-gundih-beroperasi-november

Tag : cpp, gas, gundih, blora



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat