18:00 . 11 Remaja Diringkus Polisi, Diduga Terlibat atas Kematian Remaja di Bojonegoro   |   17:00 . Golkar Bojonegoro Manuver ke Wahono-Nurul, Batal Usung Anna Muawanah   |   15:00 . DPP PBB Turut Berikan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   07:00 . Kehadiran Agen BRILink Permudah Transaksi Keuangan Masyarakat di Desa   |   14:00 . 120.687 Ton Alokasi Pupuk Subsidi untuk Bojonegoro, Sebagian Belum Tersalurkan   |   13:00 . Ketika Bakso Pangkalan Makin Modern Bayarnya Bisa Pakai QRIS   |   09:00 . Dikenal Ulet, Pedagang Kelontong New Pasar.id Banjarejo Dapat Reward dari BRI   |   08:00 . Pelaku Usaha Terbantu Berkat KUR BRI, Kini Punya 5 Cabang Laundry di Bojonegoro   |   22:00 . 30 Pemuda Bojonegoro ikuti Workshop On The Street di Solo   |   20:00 . Perfomance Foklore Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   15:00 . Remas, Takmir, dan Pengelola Pendidikan Masjid Agung Darussalam Studi Tiru ke Jogokariyan   |   13:00 . Keren Masyarakat Bisa Bayar Mudah Pakai QRIS di Pekan Bojonegoro Thengul Internasional Folklore Festival 2024   |   22:00 . Dukung Wahono, Relawan GASPOOL Kanor Deklarasi   |   21:00 . DPP PPP Turunkan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   19:00 . Opening Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |  
Tue, 23 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pascakebakaran, Pertamina Targetkan CPP Gas Gundih Beroperasi November

blokbojonegoro.com | Thursday, 16 July 2020 13:00

Pascakebakaran, Pertamina Targetkan CPP Gas Gundih Beroperasi November

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Pertamina EP menargetkan fasilitas Central Processing Plant (CPP) Gas Gundih dapat mulai beroperasi pada November 2020. Fasilitas pengolahan gas ini terpaksa berhenti beroperasi pasca-kebakaran unit Thermal Oxidizer (TOx) pada April lalu. General Manager Pertamina EP Asset 4 Agus Amperianto mengungukapkan, pemulihan fasilitas pengolahan gas CPP Gundih hingga awal Juli mencapai sekitar 44%. Saat ini perusahaan tengah menunggu fabrikasi Waste Heat Recovery Unit selesai.

"Untuk penggantian Waste Heat Recovery Unit yang terbakar kemarin, fabrikasi akan selesai dan bisa running target November. Makanya saya substitusi dulu dengan Thermal Oil Heater rental untuk memproses H2S-nya," ujar Agus kepada Katadata.co.id, Senin (13/7). Dia menjelaskan, secara garis besar struktur proses utama dari CPP Gundih terdiri dari proses separasi, proses AGRU, Dehidration Unit (DHU), dan terakhir Gas dialirkan ke konsumen.
Adapun untuk proses pemulihan fasilitas pengolahan CPP Gundih berfokus pada area Thermal Oxidizer (TOX), optimasi Biological Sulfur Recovery Unit (BSRU), dan Maintenance & Preservasi CPP Gundih serta beberapa area lainnya. Lebih lanjut, progres per bagian pekerjaan masih sesuai target. Misalnya area TOX yang mencapai progres perbaikan 59%, kemudian optimasi BSRU yang telah mencapai 83%, dan pekerjaan Maintenance & Preservasi 65%. Adapun per 23 Juni 2020 yang lalu tahapan pembongkaran dan penurunan WHRU telah selesai 100%.

Selain itu, Agus menambahkan bahwa sebanyak sekitar 125 orang yang bekerja di area CPP Gundih tetap menerapkan protokol pencegahan Covid-19. Pihaknya pun sangat memperhatikan aspek keamanan dalam pelaksanaan pekerjaan, termasuk juga kesehatan seluruh pihak yang terlibat dalam pekerjaan pemulihan CPP Gundih. "Protokol pencegahan Covid-19 menjadi sebuah kewajiban bagi seluruh pihak di sana. Terapkan physical distancing, gunakan masker, dan untuk yang bekerja di ketinggian wajib menggunakan safety harness," ujarnya.

Seperti diketahui, CPP Gundih menyalurkan gas untuk PT SPP, PLTGU Tambak Lorok Semarang, jaringan gas atau jargas PGN di Blora dan Semarang. Gas untuk CPP Gundih diambil dari Lapangan Cepu yang dikelola Pertamina EP Asset 4. Akibat kebakaran di CPP Gundih, PGN harus mencari pasokan gas dari sumber lain. Salah satunya dengan mendatangkan pasokan compressed natural gas (CNG) dari Jawa Timur. CNG digunakan untuk memenuhi kebutuhan rata-rata harian pelanggan Gaskita di Semarang sebesar 1.100-1.300 meter kubik dan pelanggan jargas di Blora sebesar 280-300 meter kubik.

Sumber: https://katadata.co.id/berita/2020/07/13/
pascakebakaran-pertamina-targetkan-cpp-gas-gundih-beroperasi-november

Tag : cpp, gas, gundih, blora



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat