Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tingkatkan Pembangunan Desa, DPMD Bersama P3MD Fasilitasi Penyusunan RKPDes

blokbojonegoro.com | Thursday, 16 July 2020 09:00

Tingkatkan Pembangunan Desa, DPMD Bersama P3MD Fasilitasi Penyusunan RKPDes

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Bojonegoro (DPMD) bersama Tenaga Ahli Program Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD), melaksanakan fasilitasi penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) di 40 desa. Fasilitasi RKPDes ini dilaksanakan selama dua minggu di bulan Juli, dengan enam tim gabungan.

Rencananya fasilitasi tim gabungan ini akan berlanjut menyasar total di 80 desa se-Kabupaten Bojonegoro. Pemilihan desa-desa yang dijadikan sasaran fasilitasi tersebut agar lebih fokus dan lebih detail, selanjutnya fasilitasi RKPDes dilanjutkan pemdamping desa se-Bojonegoro hingga menyasar ke semua desa.

"Sesuai amanah Permendagri no 114 pasal 5 ayat 3 tahun 2014 tentang pedoman pembangunan desa bulan juli tahun berjalan mulai disusun RKPDes oleh pemerintah Desa,"  kata Kepala Dinas PMD Kabupaten Bojonegoro, Machmuddin.

Menurutnya, proses fasilitasi sebelumnya dilakukan pematangan materi yang akan disampaikan di desa-desa sasaran. Pematangan materi tersebut dilakukan selama dua hari melibatkan tim dari DPMD dan Tenaga Ahli P3MD. Sehingga setelah materi tersusun dengan baik tim gabungan tersebut mulai turun ke lapangan.

"Tim telah menyusun materi sedetail mungkin sesuai kebutuhan desa-desa sasaran agar memudahkan dalam penyusunan RKPDes. Fasilitasi yang dilakukan tim ini kami harapkan bisa berdampak baik dalam pemberdayaan dan proses pembangunan di desa-desa," tambah koordinator P3MD Kabupaten Bojonegoro, Didik Wahyudi.

Rencananya usai melakukan fasilitasi RKPDes di 40 desa akan dilakukan evaluasi proses dan hasilnya oleh tim. Evaluasi tersebut dibutuhkan untuk tahapan berikutnya hingga menyasar 80 desa se-Bojonegoro dan hasil evaluasi tersebut akan disampaikan ke pendamping desa se-Bojonegoro untuk tindaklanjut fasilitasi di 419 desa. [zid/mu]

Tag : Pelatihan, desa, rkpdes



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini