07:00 . Saat Tekanan Darah Naik, Konsumsi 6 Makanan Ini Agar Turun!   |   21:00 . Silaturahmi ke Masyarakat, PKB Pastikan Perjuangkan Nasib Warga   |   20:00 . Polres Bojonegoro Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2021   |   19:00 . Jelang Lebaran Petani Clebung Panen Kacang Tanah   |   18:00 . Muhammadiyah Umumkan 1 Syawal Jatuh 13 Mei 2021   |   17:00 . Asyiknya Ngabuburit Sambil Jogging di Kahyangan Api   |   16:00 . Produsen Kuker Jadoel Kebanjiran Pesanan Selama Bulan Ramadan   |   15:00 . Sebagai Reward Lebaran, Remisi Napi Akan di Umumkan Setelah Idul Fitri   |   14:00 . Beragam Olahan dari Kelor di Desa Bogo Miliki Bahan Baku Sendiri   |   13:00 . Indonesia Terima 982 Ribu Dosis Vaksin Untuk Vaksinasi Gotong Royong   |   12:00 . Satgas: Adanya Varian Baru Jangan Disikapi Dengan Panik   |   11:00 . Berbelanja Online Cara Paling Aman Menyambut Lebaran Tanpa Berkerumun di Pusat Perbelanjaan   |   09:00 . Satgas Ingatkan Tradisi Belanja Lebaran Jangan Memicu Klaster Baru   |   07:00 . Tanpa Disadari Anak-Anak Bisa Konsumsi Gula Seperempat Kilo Sehari   |   05:00 . 4 Pasien Sembuh, Kasus Baru Tambah 4 Orang   |  
Thu, 06 May 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Warga Ini Sulap Selokan Jadi Tempat Budidaya Ikan

blokbojonegoro.com | Saturday, 15 August 2020 16:00

Warga Ini Sulap Selokan Jadi Tempat Budidaya Ikan

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Bau dan kotor adalah gambaran umum untuk menyebut kebanyakan selokan yang ada di lingkungan warga.

Tapi tidak untuk selokan yang ada di Desa Sembung, Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur ini.

Warga di desa tersebut mengelola selokannya dengan baik, bahkan bisa untuk memelihara ikan.

Dengan memanfaatkan selokan sepanjang sekitar 30 meter, Warga RT.5/RW.1 Desa Sembung menyulapnya menjadi tempat budidaya ikan. Bahkan ada dua jenis ikan yang dibudidayakan, yaitu ikan lele dan ikan nila sebanyak 500 ekor.

Kepada Desa Sembung, Moh. Arif Wahyudi mengungkapkan, ide awal munculnya inovasi tersebut lantaran adanya Pandemi Covid-19, yang dilarangnya menggelar acara perlombaan Agustusan yang memicu keramaian warga. Sehingga, pihak Pemdes pun memutuskan untuk membuat perlombaan lingkungan antar RT.

"Setiap RT kita beri anggaran dengan jumlah yang sama untuk mempercantik lingkunganya masing-masing, dan warga RT ini memanfaatkan selokan untuk tempat budidaya ikan dan kebetulan juga rumah saya berada di RT 5 ini," ujar Moh. Arif Wahyudi.

Dirinya menjelaskan, awalnya warga RT 5 sedikit menolak dengan ide yang diberikan, lantaran sedikit khawatir apakah ikan yang nantinya ditebar diselokan bisa hidup atau tidak. Namun setelah satu minggu kemudian, ternyata ikan yang berada diselokan tersebut tumbuh dengan cepat dan tidak ada yang mati.

"Awalnya memang sedikit ragu, karena air diselokan warnanya kehitam-hitaman," imbuhnya.

Untuk mengantisipasi agar ikan tidak mati dengan air yang kehitam-hitaman, masyarakat pun menempatkan pompa air dengan menyaring air yang keluar dari pompa dengan sebuah saringan yang terbuat dari bahan arang dan serabut (Sepet) kelapa, yang ditaruh di dalam sebuah tong.

Terkait ikan yang ditebar sendiri, Arif mengatakan, sengaja memilih ikan lele dan ikan nila. Pasalnya, kedua ikan ini memiliki daya tahan yang cukup kuat dengan lingkungan, dibanding ikan jenis lainnya.

Bahkan dengan adanya inovasi baru ini, cukup berdampak pada lingkungan warga setempat, yaitu semakin sedikitnya nyamuk yang berada di RT 5. Sebab, selama ini selokan menjadi salah satu tempat berkembang biak nyamuk yang cukup besar.

"Jika ini berhasil, rencana kedepan mungkin akan kita kembangkan lagi, sehingga bisa menjadi kekuatan ekonomi baru masyarakat," imbuhnya kepada blokBojonegoro.com.

Selain warga RT 5 yang memanfaatkan selokan menjadi tempat budidaya ikan, beberapa warga di RT lain juga menyulap lingkunganya dengan indah, seperti pemasangan lampu warna-warni, lampion, umbul-umbul, pengecatan jalan hingga penyedian tembat bermain. [din/mu]

Tag : ikan, budidaya ikan, kreatif, lingkungan, warga, desa, lomba agustusan

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat