13:00 . Pembacokan Anak, Begini Kondisi Korban dan Pelaku di RSUD   |   13:00 . Akibat Korsleting Listrik, Rumah Perhutani di Temayang Ludes   |   07:00 . Ibu Hamil Harus Tahu, Kondisi Silent Killer Ini Bisa Sebabkan Komplikasi Kehamilan   |   19:00 . Liga Kacabdin Bojonegoro Wadahi Siswa Berkompetisi   |   18:00 . Halal Bi Halal, PAC ISNU Balen Mantapkan Program Kerja   |   14:00 . Libur Waisak, Harga Logam Mulia Antam Naik   |   12:00 . Masih Membludak Antre Tiket Bioskop Film KKN Desa Penari   |   11:00 . PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Kedewan Masa Bakti 2021-2023 Resmi Dilantik   |   10:00 . Pemkab Renovasi Jembatan Penghubung Kecamatan Temayang dan Sugihwaras   |   09:00 . 1 Siswa SMA di Bojonegoro Tak Lulus Ujian   |   08:00 . Bernostalgia Bareng Tamiya, Ini Tips dan Perawatannya   |   07:00 . Sering Berkeringat di Malam Hari Saat Tidur? Bisa Jadi Anda Mengalami 5 Kondisi Ini   |   18:00 . Ular Sanca Kembang Ditemukan di Pekarangan Warga Banjarsari   |   17:00 . Tak Terima Diejek, Anak 13 Tahun Bacok Teman Mainnya   |   15:00 . Bentor, Sarana Transportasi Alternatif Saat Terjebak Hujan di Terminal   |  
Tue, 17 May 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bentuk Rasa Syukur, Masyarakat Buntalan Sedekah Bumi

blokbojonegoro.com | Wednesday, 19 August 2020 12:00

Bentuk Rasa Syukur, Masyarakat Buntalan Sedekah Bumi

Pengirim : Diki Alamzyah

blokBojonegoro.com - Walau dalam keadaan pandemi COVID-19 dan masih menerapkan protokol kesehatan, masyarakat Desa Buntalan, Kecamatan Temayang berduyun-duyun memenuhi sendang Du Munung Desa Buntalan dengan membawa hasil bumi atau makanan, Rabu pagi, (19/08/2020). Masyrakat menggelar acara sedekah bumi atau bersih desa guna untuk melestarikan adat istiadat budaya nenek moyang.

Sedekah bumi sendiri adalah acara rutinan setiap tahun yang memiliki arti bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan rezeki melalui segala bentuk hasil bumi atas karuniaNya yang diberikan kepada masyarakat.

Pelaksanaan sedekah bumi kali ini sangat berbeda, dengan pelaksanaan sebelumnya. Ini disebabkan karena masih dalam suasana pandemi COVID-19 yang diharuskan memenuhi standar protokol kesehatan.

Acara yang digelar sederhana ini dihadiri oleh beberapa perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forpimca) Temayang, Pemerintah Desa, tokoh masyarakat, dan elemen masyarakat Desa Buntalan.

Sementara itu, Kepala Desa Buntalan,  Sujoko dalam sambutannya menyampaikan, acara pada pagi hari ini berbeda dengan sedekah bumi sebelumnya. Di masa pandemi ini dengan adanya sedekah bumi, masyarakat Desa Buntalan harus bersyukur karena masih diberikan kesehatan dan keselamatan olah Allah SWT. Dan tidak lupa pula untuk selalu menjaga diri, keluarga, dan masyarakat sekitar dari Pandemi COVID-19.

"Mudah-mudahan dengan acara sedekah bumi ini dan momentum Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75, masyarakat Desa Buntalan selalu mendapatkan keberkahan dari Allah SWT," harapnya.

Kades menambahkan, masyarakat harus selalu bersujud syukur atas nikmat dan keberkahan yang telah diberikan oleh Allah SWT. Serta tetap melestarikan budaya nenek moyang untuk mempererat tali persaudaraan antar masyarakat Desa Buntalan.

"Walau masih dalam keadaan pandemi COVID-19 ini, masyarakat tetap guyup rukun dan acara tetap sakral," imbuhnya.

Setelah acara sedekah bumi di sendang acara dilanjutkan di rumah Kepala Dusun Buntalan M. Bisri dengan hiburan Seni Langen Tayub Wahyu Taruno Budoyo pimpinan Bopo Rikimo dari Desa Jono Kecamatan Temayang dengan Waranggono Nyi Ambarwati dari Tuban dan Nyi Tutik dari Kecamatan Ngasem, Bojonegoro. Acara yang biasanya semalam suntuk, kali ini berbeda dengan sebelumnya yang hanya sampai pukul 17.00 WIB  harus sudah selesai, dan  tetap mematuhi protokol kesehatan.  [ito]

Tag : buntalan, temayang, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 08 May 2022 13:00

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan keluarga besar Blok Media Group (BMG). Kali ini adalah Reporter blokBojonegoro.com, Lizza Arnofia Choirunnisa yang hari ini melangsungkan upacara resepsi pernikahan dengan pujaan hatinya....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat