Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tips Agar Anak Mau Menuruti Orang Tua

blokbojonegoro.com | Monday, 24 August 2020 07:00

Tips Agar Anak Mau Menuruti Orang Tua

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Orang tua mana yang tidak bingung, pusing atau bahkan kesal bila anak tak mau menurut?  Apalagi bila kondisi orang tua sudah lelah, baru pulang bekerja atau sedang sibuk mengurus anak yang lebih kecil misalnya. 

Agar anak mau menurut, akhirnya ada orang tua yang memilih mengancam anak. Ancaman, dianggap salah satu cara paling mudah untuk mendapatkan hasil secepat mungkin. Apakah Anda pernah melakukannya juga? 

Sebenarnya kita, para orang tua, perlu tahu: ancaman tidak efektif untuk membuat anak menurut. Ya Moms, pasalnya ancaman hanya ampuh sesaat saja tapi tidak untuk jangka panjang. 

Ancaman yang orang tua berikan untuk membuat anak melakukan sesuatu, bisa dianggap biasa oleh anak sehingga ia kembali mengabaikannya. Akibatnya? Orang tua perlu terus meningkatkan atau memberi ancaman yang ‘lebih keras’ daripada yang sebelumnya entah sampai kapan dan tak ada habisnya. 

Tidak hanya itu, anak yang sering diancam juga cenderung terbiasa diancam dulu baru mau melakukan sesuatu. Hal ini sama dengan tidak mendidik anak untuk menjadi lebih bertanggung jawab dan juga akan berpengaruh pada rasa percaya diri anak.

Jadi apa solusinya? 

Coba 3 cara yang bisa membuat anak mau menurut pada orang tua seperti dijelaskan dalam buku How to Talk so Kids Will Listen and Listen so Kids Will Talk. Apa saja?

Tips Agar Anak Menurut pada Orang Tua

1.Beri Pilihan

Berikan pilihan yang mudah dipahami oleh anak. Misalnya, "Rapikan mainanmu sekarang supaya kamu masih punya waktu nonton televisi sebelum tidur, atau rapikannya nanti saja tapi kamu enggak nonton televisi sama sekali.”

2.Beri Batasan

Beri anak batasan tegas dan jelas. “Ibu akan pergi ke rumah Nenek 30 menit lagi. Kamu bisa ikut kalau sekarang segera mandi dan berpakaian. Kalau kamu belum siap saat ibu akan berangkat, kamu bisa tidak bisa ikut dan main di rumah saja."

3.Tetapkan aturan 

Buatlah aturan yang jelas dan sampaikan aturan ini di awal serta pastikan anak paham apa saja yang menjadi tugas atau kewajibannya berikut konsekuensi jika ia tidak memenuhinya. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi mengancam. 

Bagaimana juka anak tetap lalai atau abai? Tetap bersabar dan tak perlu marah, Moms. Ingatkan saja anak pada peraturannya!

*Sumber: kumparan.com

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini