13:00 . War Takjil Fenomena Toleransi Berdampak Ekonomi Masyarakat   |   07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

SAHABAT Pertamina Dampingi 720 KaBi di Bojonegoro dan Tuban 

blokbojonegoro.com | Monday, 31 August 2020 21:00

SAHABAT Pertamina Dampingi 720 KaBi di Bojonegoro dan Tuban 

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Sebanyak 720 Keluarga Binaan (KaBi) terbentuk dan didampingi dari Program Penguatan KeSAdaran KeseHAtan berBasis masyarakAT (SAHABAT) Pertamina, di wilayah operasi PT. Pertamina EP Asset 4 Field Sukowati di Kabupaten Bojonegoro dan Tuban.

Tenaga Ahli SAHABAT Pertamina, Nurul Jariyatin mengulas, PT. Pertamina EP Asset 4 Field Sukowati menggandeng kampus kesehatan, dalam hal ini adalah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Husada (STIKes ICSada) Bojonegoro untuk memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat di wilayah operasi.

"Sejak Juli 2018, dalam satu periode ada sebanyak 240 Keluarga Binaan (KaBi) . Pada periode berikutnya bertambah. Total saat ini ada 720 KaBi, masing-masing 480 di Bojonegoro dan 240 di Tuban," ungkap Nurul.

Dalam pelayanannya, tim SAHABAT Pertamina membentuk klaster, yang mana 90 KaBi dikunjungi 10 kali dalam waktu 1,5 bulan. Dalam kunjungan, ada edukasi kesehatan , edukasi migas dan edukasi isu-isu terkini dalam bidang kesehatan, seperti Covid-19.

"Tujuannya untuk mengedukasi masyarakat dan menjadikan sebagai contoh keluarga yang sehat," imbuh Nurul.

Selain itu, KaBi dalam program SAHABAT Pertamina, pada awal pendampingan kondisi kesehatan keluarga rata-rata pada status keluarga kurang sehat dan kurang mandiri, diharapkan setelah didampingi berubah menjadi keluarga sehat dan mandiri.

Layanan lainnya yang dilakukan oleh SAHABAT Pertamina, yakni mobil Layanan Kesehatan, yang mana mengantarkan warga yang ingin berobat, maupun untuk memberikan layanan kunjungan langsung ke warga. 

"Mobil Layanan Kesehatan bisa dimanfaatkan warga yang tidak memiliki kendaraan mobil untuk mengantarkan anggota keluarganya ke fasilitas kesehatan terdekat seperti puskesmas atau bahkan Rumah Sakit," kata Nurul.

Nurul Jariyatin juga selaku penggerak pendidikan di Bojonegoro menilai bahwa Pertamina EP asset 4 dianggap memiliki kepedulian yang tinggi pada masyarakat sekitar, bukan hanya pada bidang kesehatan, karena banyak bantuan-bantuan lain yang selama ini sudah diberikan Pertamina EP pada Masyarakat.

"Hal ini lah yang melatarbelakangi kampus ungu STIKes ICsada Bojonegoro dengan senang hati menjadi mitra program kesehatan, karena memiliki visi yang sama yaitu menebarkan manfaat bagi sesama," tutur Nurul.

Terpisah, Field Manager Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field, Indarwan Harsoni mengatakan bahwa dalam beroperasi, perusahaan memandang penting keselarasan operasi dengan kepentingan kedua faktor eksternal maupun internal.

"Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field melaksanakan usaha sektor hulu minyak dan gas dengan berwawasan lingkungan sehat dan mengutamakan keselamatan. Memberikan peningkatan Kesehatan kepada Masyarakat, merupakan salah satu wujud kepedulian perusahaan. Dalam hal ini, kami menghadirkan kegiatan Program Penguatan Kesadaran Kesehatan Berbasis Masyarakat (SAHABAT) PERTAMINA untuk warga di area Operasi Sukowati. Semoga apa yang kami hadirkan di masyarakat membawa manfaat yang luas dan menciptakan sinergi baik antara masyarakat dengan Perusahaan, " kata Soni, sapaan akrabnya.

Tag : Sahabat, pertamina, Bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat