18:00 . Workshop Peningkatan Mutu dan Peran Komite Sekolah Diikuti 152 Peserta   |   14:00 . PPKD Gelar Raker Tahun 2021 di Toyoaji   |   12:00 . PK Ditolak, Persibo Bojonegoro Tuntut Keadilan Lewat PSSI Pusat   |   08:00 . Kabar Gunung Semeru, Presiden akan Relokasi Warga   |   07:00 . 2 Kesalahan Pola Asuh yang Sering Dilakukan Orangtua Zaman Now   |   22:00 . Mendag Lutfi: Bisnis Waralaba Sukses Beradaptasi di Masa Pandemi Covid-19, Menjadi Tuan Rumah dan Kuasai Pasar Negeri   |   21:00 . Satpol PP Bojonegoro Raih Penghargaan dari Kemendagri   |   20:00 . Pemkab Bojonegoro Gelar Sosialisasi Pemekaran Desa Sukorejo   |   19:00 . Persibo Ajukan PK, Laga Mitra Surabaya kontra Deltras Sidoarjo Ditunda   |   18:30 . Selamat..! Ponpes Attanwir Dapat Penghargaan Eco Pesantren dari Gubernur Jatim   |   18:00 . Awas...!! Tanggul Bengawan Solo Ambles   |   16:00 . Media Gathering EMCL, Ajak Wartawan Menjadi Konten Kreator di Medsos   |   15:00 . Menjelang Nataru, Harga Daging Ayam di Bojonegoro Naik   |   14:00 . Grafik Harga Emas UBS Hari ini Terpantau Naik   |   12:00 . Pemkab Bojonegoro Ikuti Penilaian Evaluasi Program Menuju Smart City 2021   |  
Wed, 08 December 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

SAHABAT Pertamina Dampingi 720 KaBi di Bojonegoro dan Tuban 

blokbojonegoro.com | Monday, 31 August 2020 21:00

SAHABAT Pertamina Dampingi 720 KaBi di Bojonegoro dan Tuban 

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Sebanyak 720 Keluarga Binaan (KaBi) terbentuk dan didampingi dari Program Penguatan KeSAdaran KeseHAtan berBasis masyarakAT (SAHABAT) Pertamina, di wilayah operasi PT. Pertamina EP Asset 4 Field Sukowati di Kabupaten Bojonegoro dan Tuban.

Tenaga Ahli SAHABAT Pertamina, Nurul Jariyatin mengulas, PT. Pertamina EP Asset 4 Field Sukowati menggandeng kampus kesehatan, dalam hal ini adalah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Husada (STIKes ICSada) Bojonegoro untuk memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat di wilayah operasi.

"Sejak Juli 2018, dalam satu periode ada sebanyak 240 Keluarga Binaan (KaBi) . Pada periode berikutnya bertambah. Total saat ini ada 720 KaBi, masing-masing 480 di Bojonegoro dan 240 di Tuban," ungkap Nurul.

Dalam pelayanannya, tim SAHABAT Pertamina membentuk klaster, yang mana 90 KaBi dikunjungi 10 kali dalam waktu 1,5 bulan. Dalam kunjungan, ada edukasi kesehatan , edukasi migas dan edukasi isu-isu terkini dalam bidang kesehatan, seperti Covid-19.

"Tujuannya untuk mengedukasi masyarakat dan menjadikan sebagai contoh keluarga yang sehat," imbuh Nurul.

Selain itu, KaBi dalam program SAHABAT Pertamina, pada awal pendampingan kondisi kesehatan keluarga rata-rata pada status keluarga kurang sehat dan kurang mandiri, diharapkan setelah didampingi berubah menjadi keluarga sehat dan mandiri.

Layanan lainnya yang dilakukan oleh SAHABAT Pertamina, yakni mobil Layanan Kesehatan, yang mana mengantarkan warga yang ingin berobat, maupun untuk memberikan layanan kunjungan langsung ke warga. 

"Mobil Layanan Kesehatan bisa dimanfaatkan warga yang tidak memiliki kendaraan mobil untuk mengantarkan anggota keluarganya ke fasilitas kesehatan terdekat seperti puskesmas atau bahkan Rumah Sakit," kata Nurul.

Nurul Jariyatin juga selaku penggerak pendidikan di Bojonegoro menilai bahwa Pertamina EP asset 4 dianggap memiliki kepedulian yang tinggi pada masyarakat sekitar, bukan hanya pada bidang kesehatan, karena banyak bantuan-bantuan lain yang selama ini sudah diberikan Pertamina EP pada Masyarakat.

"Hal ini lah yang melatarbelakangi kampus ungu STIKes ICsada Bojonegoro dengan senang hati menjadi mitra program kesehatan, karena memiliki visi yang sama yaitu menebarkan manfaat bagi sesama," tutur Nurul.

Terpisah, Field Manager Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field, Indarwan Harsoni mengatakan bahwa dalam beroperasi, perusahaan memandang penting keselarasan operasi dengan kepentingan kedua faktor eksternal maupun internal.

"Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field melaksanakan usaha sektor hulu minyak dan gas dengan berwawasan lingkungan sehat dan mengutamakan keselamatan. Memberikan peningkatan Kesehatan kepada Masyarakat, merupakan salah satu wujud kepedulian perusahaan. Dalam hal ini, kami menghadirkan kegiatan Program Penguatan Kesadaran Kesehatan Berbasis Masyarakat (SAHABAT) PERTAMINA untuk warga di area Operasi Sukowati. Semoga apa yang kami hadirkan di masyarakat membawa manfaat yang luas dan menciptakan sinergi baik antara masyarakat dengan Perusahaan, " kata Soni, sapaan akrabnya.

Tag : Sahabat, pertamina, Bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 06 December 2021 12:00

    Peduli untuk Mahameru, BMG Buka Donasi

    Peduli untuk Mahameru, BMG Buka Donasi Gunung Semeru atau dikenal dengan Mahameru, yang ada di Kabupaten Lumajang Jawa Timur, dilaporkan meletus pada Sabtu, 4 Desember 2021 sekitar pukul 15.00 WIB....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 10 November 2021 10:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more