Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kampung Nelayan

Ada Dua Bulan yang Bikin Nelayan Susah Dapat Ikan

blokbojonegoro.com | Saturday, 12 September 2020 11:00

Ada Dua Bulan yang Bikin Nelayan Susah Dapat Ikan

Kontributor: Yudi Kuswanto

blokBojonegoro.com – Banyak manfaat yang didapat masyarakat dari sungai terpanjang di Pulau Jawa yakni Bengawan Solo. Sungai yang membentang dari Provinsi Jawa Tengah sampai Jawa Timur itu semacam oase membentang panjang, memberikan kehidupan bagi masyarakat yang bermukim di tepi bantaran.

Seperti halnya dengan warga di Dusun Kendal, Desa Kabalan, Kecamatan Kanor ini misalnya. Masyarakat di sana mayoritas bergantung sebagai nelayan. Dengan berbekal jaring dan perahu kecil yang ditenagai dengan mesin kecil berbahan bakar bensin mereka menyusuri sungai Bengawan Solo, terkadang untuk mendapatkan ikan yang lumayan mereka bisa sampai ke Kecamatan Babat Lamongan.

“Mencarinya kadang agak jauh kalau cari ikan itu, kadang kalau terus itu bisa dekatnya Babat itu” papar Askuri salah satu nelayan Bengawan Solo.

Warga Dusun Kendal yang bekerja sebagai nelayan semenjak dari bujang hingga mempunyai anak tiga tersebut menuturkan, saat mencari ikan di Bengawan Solo tidaklah mudah, sebab ikan itu ada musimnya. Ia mengatakan, jika memasuki bulan Desember sampai Januari akan sangat sulit untuk mendapatkan ikan.

Tambahnya pula, dalam mencari ikan menggunakan perahu, Askuri tidak sendirian, biasanya berdua menyesuaikan dengan kapasitas perahu yang digunakan. Saat sudah di titik lokasi tugas dibagi menjadi dua, ada yang mendayung serta menebar jala.

“Iya satu perahu kan isi dua, ada yang mencari ikan ada yang mendayung gitu. Kalau mesinnya dipakai berangkat sama pulang,” tambahnya.

Disisi lain dengan adanya kampung nelayan di Dusun Kendal, Kades Kabalan Much. Slamet berharap kepada desanya agar sektor agrowisata dan kampung nelayan dapat tumbuh progresif dengan tujuan supaya mampu mendongkrak perekonomian masyarakat.

“Kedepannya ya harus itu untuk wisata kampung nelayan dan agrowisata pertanian itu yang kita utamakan untuk bisa mengangkat ekonomi” pungkasnya. [mu]

Tag : Nelayan, kampung nelayan, kabalan, kendal



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini