19:00 . Diduga Terpeleset di Sungai, Bocah asal Sumberrejo Meninggal Dunia   |   18:00 . RSUD Sumberrejo Top Finalis Kovablik Jatim 2022   |   15:00 . Pertamina EP Sukowati Field Bangun Sinergi Forkopimda Bojonegoro Melalui Kegiatan Menembak   |   13:00 . Polisi dan Suporter Bojonegoro Gelar Salat Ghoib dan Doa Bersama   |   22:00 . Ratusan Supporter di Bojonegoro Gelar Doa Bersama Atas Tragedi Kanjuruhan   |   21:00 . Berduka Atas Tragedi Kanjuruhan, Ratusan Supporter di Bojonegoro Doa Bersama   |   18:00 . Santri Al Manshur Bulu Dilatih Menulis Artikel   |   17:00 . 2.195 PJU Bakal Dipasang Tahun Ini   |   16:00 . PEPC Sosialisasikan Keamanan dan Keselamatan Jalur Pipa JTB   |   15:00 . Bupati Anna Lantik 37 Pejabat di Lingkungan Pemkab Bojonegoro   |   14:00 . Polres Bojonegoro Gelar Apel Pasukan Operasi Zebra 2022   |   13:00 . Hingga Kini, Polisi Belum Temukan Titik Terang   |   11:00 . Salut dengan PDKB, Ketua Asosiasi Kartini Mandiri Akan Gandeng untuk Bidang Usaha   |   09:00 . Bupati Bojonegoro Berangkatkan Kirab Pataka "Jer Basuki Mawa Beya" Menuju Tuban   |   08:00 . Tragedi Kanjuruhan, GPK Minta Reformasi Total Penyelenggaraan Sepakbola Indonesia   |  
Wed, 05 October 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pandemi Covid, Kader Ansor Sukses Terbitkan Buku

blokbojonegoro.com | Monday, 21 September 2020 08:00

Pandemi Covid, Kader Ansor Sukses Terbitkan Buku

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Berawal dari kegemarannya membaca dan menulis, membuat Winanto menginspirasi banyak orang di Bojonegoro maupun Tuban.

Bahkan kader Ansor asal Desa Margomulyo Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro ini, berhasil membuat karya buku dengan dicetaknya buku berjudul 'Lentera Jejak' sebuah antalogi puisi tentang pandemi Covid-19.

Diceritakan Winanto, sejak dulu aktif membaca buku dan mengamati kondisi sosial sekitar. Sekarang ini juga mendirikan Taman Baca 'Lentera Ilmu' di rumahnya sampai sekarang terus berjalan dan bermanfaat buat masyarakat sekitar.

"Membuat buku karena termotivasi dari teman yang suka menulis dan bisa mengembangkan tulisannya hingga bisa dijadikan buku," terang pria kelahiran 30 Juni 1996.

Menurutnya, ia paling terinspirasi karena ada yang mengatakan 'jika tulisan yang ditulis memuat kebaikan, InsyaAllah bisa menjadi amal jariyah yang manfaatnya terus mengalir ketika dibaca dan dipahami orang'. Sehingga Winanto berkeinginan kuat membuat karya buku tersebut.

Bahkan Winanto juga mendirikan sekaligus manajer Komunitas Penulis Bojonegoro (akun ig: penulis_bojonegoro) 23 Maret 2020. Dari situ ia juga telah mengajak penulis Tuban untuk membuat gagasan komunitas serupa (akun ig: penulistuban).

Melihat kasus adanya Pendemi Covid-19, Winanto yang memiliki nama pena 'Alif Bak Tak' pendiri komunitas Penulis Bojonegoro itu mengadakan event menulis melalui WA khusus orang asli Bojonegoro.

Kemudian ia kumpulkan jadi satu dan diseleksi, menghasilkan 150 puisi dari 67 penulis asli Bojonegoro dari berbagai kalangan baik dari mahasiswa, guru, siswa maupun lainnya. Setelah itu pengajuan naskah ke penerbit Farha Pustaka Sukabumi Jawa Barat.

"Antologi (kumpulan) puisi-puisi para penulis Bojonegoro untuk berkreasi pada masa pandemi. Berkaitan dengan motivasi, inspirasi, dan introspeksi peristiwa pandemi covid 19," jelasnya.

Ditambahkan, cetakan pertama 10 eksemplar untuk paket penerbitan. Namun cetakan dari penerbit sesuai permintaan pemesan, serta penjualannya marketing sendiri dan dibantu penulis-penulis yang tercantum di dalamnya. Harga Rp70 ribu bisa menghubungi 0821-3123-6404. [zid/mu]

Tag : buku, penulis



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 03 October 2022 18:00

    Santri Al Manshur Bulu Dilatih Menulis Artikel

    Santri Al Manshur Bulu Dilatih Menulis Artikel Guna menyiapkan santri terampil menulis, Pondok Pesantren (PonPes) Al-Manshur yang beralamat di Jalan Masjid Nomor 1, Dukuh Bangle Rt. 01 Rw 11, Desa Bulu, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro mengadakan pelatihan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat