Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

300 Kubik Sampah Tiap Hari Masuk TPAS

blokbojonegoro.com | Friday, 25 September 2020 17:00

300 Kubik Sampah Tiap Hari Masuk TPAS

 

Reporter: M Safuan

blokBojonegoro.com- Sampah di Kabupaten Bojonegoro, terbilang cukup tinggi jumlahnya. Bahkan, setiap hari Tempat Pengolahan Akhir Sampah (TPAS) di Desa Banjarsari Kecamatan Trucuk, mencapai ratusan kubik sampah baik sampah organik maupun organik.

"Rata-rata sampah yang dikirim ke TPAS setiap harinya mencapai 300 kubik per harinya," kata Kabid Persampahan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bojonegoro, Soleh Fatoni.

Menurut Fatoni, jumlah sampah yang masuk ke TPAS itu, sudah termasuk berkurang 20 persen. Pasalnya, sebelum sampah masuk TPAS sudah dipilah terlebih dahulu. "Kalau belum dipilah, sampah yang dikirim ke TPAS pasti lebih banyak," ucap pria yang disapa Fatoni itu.

Lanjut Fatoni, selama ini untuk mengurai permasalahan sampah di Bojonegoro, pihaknya mengajak warga untuk mau memilah sampah sesuai jenisnya. Hal itu guna memudahkan pengelolaan sampah selanjutnya. Oleh karenanya, sampah sebelum diangkut ke TPAS, pemilahan itu dilakukan di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) yang telah disediakan di beberapa titik.

"Untuk penambahan TPS tahun ini hanya ada 4  yakni di lokasi TPS di Pasar Ngasem, Pasar Sugihwaras, Pasar Baureno dan Pasar Sukorejo Kota Bojonegoro," cakap Fatoni.

Penyumbang sampah paling banyak itu rata-rata dari pasar. Ada 3 pasar yang sampahnya paling besar, yaitu Pasar Kota Bojonegoro, Pasar Sumberrejo dan Pasar Kalitidu.[saf/lis]

Tag : Sampah, kubik



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini