Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Akhir Musim Kemarau, Omzet Pengepul Mangga Berlimpah

blokbojonegoro.com | Friday, 09 October 2020 19:00

 

Kontributor: Herman Bagus

blokBojonegoro.com - Bulan-bulan menjelang akhir tahun, rupanya menjadi masa musim panen mangga di wilayah Kabupaten Bojonegoro. Pengepul bahkan bisa mengirimkan puluhan ton mangga dalam satu bulan hingga ke luar kota.

Salah satu pengepul mangga di Desa Sambong, kecamatan Ngasem kabupaten Bojonegoro M. Mariyono (23) mengatakan, kiriman mangga dari petani lokal di seluruh Bojonegoro selatan bisa sampai berton-ton dalam sehari sejak musim panen dimulai.

"Biasanya saya membeli mangga dari daerah Ngambon, Ngasem, Purwosari, Temayang dan Tambakrejo dengan cara tebas," kata pemuda Sambong itu.

Selain itu, produk mangga di tahun ini cenderung lebih baik. Cuaca yang cenderung stabil antara penghujan dan kemarau, dianggap menjadi faktor utama yang menyebabkan melimpahnya panen mangga.

"Biasanya Para pengepul membeli mangga di petani dengan harga Rp150 ribu-Rp500 ribu per pohon tergantung buahnya," terang Mariyono.

Sementara mangga tersebut dikemas sesuai kualitas, untuk diedarkan ke sejumlah pasar dan supermarket di berbagai daerah, seperti Yogyakarta.

"Kalau pengepul di Yogyakarta biasanya dihargai Rp8000-Rp15000 per kilonya dan kendala menjadi pengepul mangga ya ketika mangga-mangga menjadi busuk," katanya.

Pengepul mangga memprediksi, musim panen raya mangga akan berlangsung hingga awal tahun depan. Mangga yang dikirimkan nantinya akan kembali dipilah, menjadi berbagai kategori ada juga mangga-mangga Bojonegoro yang dijual di supermarket tanah air karena kualitasnya yang bagus."Tahun lalu alhamdulillah saya bisa meraup omzet kotor sekitar Rp70juta dalam satu musim," tutupnya. [her/col]

.

Tag : Mangga, pengepul, omzet



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini