15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |   17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |  
Wed, 24 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Demi Jatim Bangkit, Semangat Berbagi Saat Pandemi

blokbojonegoro.com | Saturday, 10 October 2020 10:30

Demi Jatim Bangkit, Semangat Berbagi Saat Pandemi Paramedis Sahabat Pertamina sedang memerika tensi Mbah Ramli di depan rumahnya

Berbagai pihak terus berupaya keras untuk memulai kehidupan baru saat pandemi Covid-19 masih terus melanda. Tak terkecuali di industri hulu Minyak dan Gas Bumi (Migas) yang melibatkan warga sekitar operasi untuk bersama-sama menatap era baru. Semua itu dilakukan untuk mewujudkan Jawa Timur (Jatim) “Bangkit”, yakni recovery sosial dan ekonomi.

Reporter: Muhammad Abdul Qohhar

blokBojonegoro.com – Jumat (9/10/2020) sekira pukul 14.30 WIB, Mbah Ramli tengah duduk di samping rumahnya. Matanya nanar dan pandangannya kosong. Ia kaget melihat mobil putih bertuliskan Sahabat Pertamina dengan logo lengkap SKK Migas dan Pertamina EP. di bagian lambung kanan dan kiri. Kendaraan tersebut sangat dihafal, karena sering berkunjung untuk memeriksa kondisi kesehatannya.

Mbah Ramli (85) warga Dusun Siwalan RT/16 RW 02, Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, menjadi salah satu Keluarga Binaan (KaBi) Program Sahabat Pertamina hasil kerjasama Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field dan Kampus Ungu, STIKes ICsada Bojonegoro. Program tersebut juga didukung penuh SKK Migas.

“Mbah Ramli sangat senang jika paramedis Sahabat Pertamina datang ke rumah. Sebab, kondisi kesehatannya makin diperhatikan dengan baik,” kata Umiyati (60), istri Mbah Ramli.

Apalagi ketika kondisi makin susah saat virus corona menyerang. Ia khawatir dengan kondisi lansia seperti Mbah Ramli. Untung saja, Sahabat Pertamina membuat warga menjadi tenang. Sebab, selain pemeriksaan kesehatan gratis, juga ikut memberikan pengetahuan mengenai apa saja yang harus diperbuat untuk menghindari Covid-19 dan menjaga kesehatan dengan baik saat pandemi.

Tidak hanya Mbah Ramli, program yang sudah dimulai sejak tahun 2018 itu menyentuh sedikitnya 720 keluarga hingga Oktober 2020. Di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur ada tiga desa yang menjadi sasaran, diantaranya Desa Campurejo, Kecamatan Kota, Desa Sambiroto dan Ngampel, Kecamatan Kapas. Sedangkan wilayah Tuban ada Desa Rahayu, Kebonagung dan Bulurejo, semuanya di Kecamatan Soko.

Manfaat Sahabat Pertamina juga diakui perwakilan dari Dinas Kesehatan Pemkab Bojonegoro, tepatnya Kepala Puskesmas Tanjungharjo, Dr. Fifin Erliana. Menurutnya, paramedis program yang berada di desa tidak menggantikan peran pemerintah. Namun, benar-benar lebih menguatkan dan sangat bermanfaat. Apalagi, masyarakat sangat terlayani dengan baik di tengah situasi pandemi seperti ini.

"Alhamdulillah saya sangat terbantu dengan kegiatan Sahabat Pertamina. Akses kesehatan di masyarakat semakin baik dan meningkatkan derajat kesehatan dengan kunjungan rumah agar menjadi keluarga mandiri. Juga semua pihak harus bersama-sama bangkit dari situasi Covid-19," terangnya.

Sementara itu Tenaga Ahli Program Sahabat Pertamina dari Kampus Ungu, STIKes Icsada Bojonegoro, Nurul Jariyatin, SH., MKN menerangkan, setiap keluarga yang menjadi sasaran program mendapatkan kunjungan secara berkala. Setelah itu, tetap dikunjungi dengan intensitas tertentu sambil mengecek kondisi kesehatan keluarga. “Kita mengutamakan edukasi ke KaBi, terutama agar benar-benar bisa mandiri secara kesehatan,” jelas Bu NJ, sapaan karibnya.

Selain itu, tim yang dibekali mobil layanan kesehatan juga turut memastikan perusahaan hadir di tengah-tengah warga. Karena, program kemitraan ini diharapkan mampu melayani sepenuh hati ke masyarakat yang membutuhkan. Apalagi, 24 jam tim berjaga di wilayah Bojonegoro dan Tuban.

Terpisah, Field Manager (FM) Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field, Indarwan Harsoni mengatakan bahwa dalam beroperasi, perusahaan memandang penting keselarasan operasi dengan kepentingan kedua faktor eksternal maupun internal. Terutama berwawasan lingkungan sehat dan selamat.

"Program Sahabat Pertamina ini merupakan salah satu wujud kepedulian perusahaan. Semoga apa yang kami hadirkan di masyarakat membawa manfaat yang luas dan menciptakan sinergi, antara masyarakat dengan perusahaan," pungkasnya.

Dewan dan Pemdes Kompak Beri Apresiasi

Program Sahabat Pertamina menuai apresiasi dari banyak kalangan, diantaranya anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Farida Hidayati. Mbak Rida, sapaan akrab wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) IX Bojonegoro-Tuban itu mendatangi langsung Keluarga Binaan (KaBi) di beberapa desa. Yakni Desa Campurrejo, Kecamatan Kota dan Desa Ngampel, Kecamatan Kapas, Bojonegoro. Setelah itu bergeser ke Desa Rahayu, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban.

“Bagus sekali Program Sahabat Pertamina yang digagas Pertamina EP Asset 4 dan Kampus Ungu. Benar-benar sampai di masyarakat bawah. Apalagi saat pandemi Covid-19, jelas meringankan,” jelas Mbak Rida.

Ia mengetahui itu karena menanyai langsung KaBi yang menjadi sasaran program. Intinya mereka terbantu dengan pendidikan dan pengecekan kesehatan secara rutin. “Itu bentuk nyata kepedulian perusahaan kepada masyarakat sekitar. Kami sangat mengapresiasi Pertamina EP Asset 4 dan Kampus Ungu,” terang politikus dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut.

Senada, Kepala Desa Ngampel, Kecamatan Kapas, Purwanto dan Kades Sambiroto, Gunawan. Mereka berdua cukup merasakan kehadiran program Sahabat Pertamina di desa yang dipimpinnya. Saat Pandemi Covid-19, harus ada sinergitas semua pihak untuk bangkit, mulai pemerintahan hingga perusahaan maupun pihak lain.

"24 jam mereka siap mengantar warga yang berobat dan sakit. Bahkan, saat pandemi, paramedis Sahabat Pertamina juga ikut aktif di Satgas Covid-19 tingkat desa," pungkas Purwanto. [mad]

Tag : SKK Migas, Pertamina EP, Sahabat Pertamina



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat