17:00 . Baru Terbentuk, Pengkab ISSI Bojonegoro Berangkatkan Belasan Atlet Ikut Kejurprov   |   16:00 . Dinas PMD Bojonegoro Luncurkan Aplikasi Siap Desa   |   15:00 . Pemdes Ngampel Gelar Lomba Senam dan Berbagi Ratusan Sembako   |   13:00 . Harga Daging Ayam Merangkak Naik   |   12:00 . Puluhan Kader IPNU IPPNU Mengikuti Diklatama DKAC CBP KPP Balen   |   11:00 . PC IKA PMII Bojonegoro Dilantik PB IKA PMII   |   10:00 . PC IKA PMII Bojonegoro Resmi Dilantik   |   07:00 . Update 10 jenis vaksin Covid-19 di Indonesia: Perbedaan dan Efek Sampingnya   |   18:00 . Dukung Potensi Atlet, Pemkab Bojonegoro Segera Luncurkan KPOB   |   13:00 . Kemendag Mengungkap 31.553 Depot Air Minum Tidak Higienis   |   12:00 . 34 Daerah di Jatim Masuk Asesmen Level 1   |   08:00 . DPRD Sepakati Kenaikan Tamsil GTT/PTT Hingga Realisasi Beasiswa dan Rehab Ruang Belajar   |   07:00 . Jangan Dijadikan Kebiasaan, Ini 3 Dampak Buruk Mengucek Mata   |   21:00 . Akibat Korsleting Listrik, Toko Obat Pertanian di Temayang Terbakar   |   20:00 . PPKM Dilonggarkan, Jumlah Penumpang Bus Meningkat   |  
Sun, 17 October 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

22 Ribu Masyarakat Bojonegoro Terdaftar Progam Kartu Pra Kerja

blokbojonegoro.com | Tuesday, 20 October 2020 11:00

22 Ribu Masyarakat Bojonegoro Terdaftar Progam Kartu Pra Kerja

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Bojonegori mencatata, sebanyak 22 ribu masyarakat Bojonegoro telah terdaftar didalam Progam Kartu Pra Kerja. Hal tersebut berdasarkan data yang diterima dari pusat, terkait jumlah rekapitulasi dari gelombang 1 sampai gelombang 10.

Kepala Bidang Pengembangan dan Penempatan Tenaga Kerja, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Bojonegoro, Joko Santoso menjelaskan, 10 gelombang kartu pra kerja telah dibuka dari 11 April dan ditutup pada akhir minggu September lalu. Program tersebut merupakan stimulus bagi para pekerja yang terdampak Covid-19.

"Saya agak lupa data detailnya, tetapi yang sudah terdaftar progam kartu pra kerja sebanyak 22 ribu lebih," ujarnya, Senin (19/10/2020).

Dari realisasi pencairan insentif sendiri, menurut Joko Santoso pihaknya di daerah tak bisa mengontrol siapa saja yang insentifnya sudah dicairkan. Sebab, semua keputusan berada di pusat dan langsung ke rekening masing-masing penerima progam kartu pra kerja.

Hal yang sama juga berlaku untuk bantuan pelatihan. Ia mengatakan penerima kartu pra kerja juga berhak untuk bantuan pelatihan sebesar Rp1 juta. Bantuan untuk pelatihan diberikan secara non-tunai dan akan diberikan sekali saja, tetapi bisa digunakan untuk mengikuti beberapa pelatihan yang juga dilakukan secara online.

"Uang tersebut ditransfer ke akun rekening virtual peserta yang berfungsi seperti kartu debit digital. Setiap orang mendapatkan saldo sebesar Rp 3,55 juta, sedangkan Rp1 juta untuk biyaya pelatihan secara online," sambungnya kepada blokBojonegoro.com.

Dengan jumlah masyarakat Bojonegoro mendapat progam kartu pra kerja ini, dirasa sudah cukup jika dibandingkan dengan pekerja yang terkena PHK akibat pandemi Covid-19. Ia mengatakan sampai Juni 2020 ada sekitar 750 pekerja yang di PHK dan dirumahkan. Namun, sudah kembali bekerja kembali.

"Jumlah ini sudah berkurang karena ekonomi sudah berjalan. Sehingga saya rasa lebih dari cukup," jelasnya.

Ia pun berharap, dengan adanya progam Kartu Prakerja ini mampu meningkatkan kompetensi, produktivitas, dan daya saing angkatan kerja, serta dapat meringankan biaya hidup akibat pandemi Covid-19.[din/ito]

Tag : kartu, prakerja, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat