07:00 . Orangtua, Ini Faktor yang Menyebabkan Anak Rentan Alami Stres saat Ujian Sekolah   |   22:00 . Pedagang Keluhkan Harga Ayam Potong di Pasar Merangkak Naik   |   21:00 . Bersinergi Kapolres Bojonegoro Lakukan Audiensi Bersama PC GP Ansor Bojonegoro   |   20:30 . Video Lakalantas Truk Seruduk Teras Toko di Balen   |   20:00 . Gelar Pelatihan, STIKES Rajekwesi Berkomitmen Tingkatkan Kualitas Pendidikan Kesehatan   |   19:00 . Peduli ADHA, Pita Merah Adakan Home Care dan Berikan Bantuan   |   18:00 . Anniversary Ke-5, VLOC Chapter Bojonegoro Beri Santunan Anak Yatim   |   17:00 . Dijuluki Netherlands Bojonegoro, Kantor Notaris Jadi Tempat Swafoto Hingga Prewedding   |   16:00 . Lagi-lagi Terjadi Kecelakaan Truk Banting Setir Nyelonong Depan Toko   |   15:00 . Dukung KADIN Bojonegoro, Budiono Siapkan 10 Titik Bantuan untuk UMKM Ponpes dan Kampus   |   14:00 . Mendag: Jaga Momentum Pertumbuhan Ekspor dan Kendalikan Inflasi   |   13:00 . Kecelakaan Tunggal, Truk Muatan Ayam Hantam Pohon   |   12:00 . 81 Produk Mahasiswa Kampus Ungu Dipamerkan di Stakeholders Collaborations   |   11:00 . KADIN Bojonegoro Menggelar Stakeholders Collaboration 2022   |   10:00 . Peluang Usaha di Era Kekinian - Tuban Digital Forum   |  
Thu, 20 January 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Dampak Pandemi, Pertumbuhan Kendaraan di Bojonegoro Lesu

blokbojonegoro.com | Wednesday, 21 October 2020 11:00

Dampak Pandemi, Pertumbuhan Kendaraan di Bojonegoro Lesu

Reporter : Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Wabah Covid-19 yang sedang melanda Indonesia tidak hanya berimbas pada kesehatan masyarakat, namun juga pada perekonomian Indonesia. Banyak sektor yang merasakan dampaknya, salah satunya berdampak terhadap penurunan pertumbuhan kendaraan di Kabupaten Bojonegoro pada tahun ini.

Penurunan kepengurusan kendaraan baru saat pandemi terbilang cukup drastis. Bahkan Samsat Kabupaten Bojonegoro mencatat ada penurunan sebanyak 8.901 kendaraan dibanding pada tahun 2019, yang terdiri dari roda dua dan roda empat.

"Perhitungan itu kita samakan masing-masing sampai bulan Oktober. Kalau hingga bulan Oktober 2019 ada 23.882 kendaraan baru, sedangkan hingga bulan Oktober 2020 menurun menjadi 14.981 baru," ujar Administrasi Pelaksanan Samsat Kabupaten Bojonegoro, Joko Wicaksono Pristiawan.

Dirinya menjelaskan, menurunya pertumbuhan kendaraan baru di Kabupaten Bojonegoro disebabkan menurunya pendapatan masyarakat. Sebab, saat pandemi covid-19 banyak para pekerja yang dirumahkan, bahkan banyak juga yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Tak hanya itu, adanya pandemi Covid-19 juga sedikit berdampak terhadap target pemutihan pajak kendaraan, baik pemutihan sanksi administratif Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) yang ditargetkan mendapatkan Rp167.118.000.000, tetapi baru terealiasi sebesar 91 persen.

"Kemungkinan untuk target pendapatan target pajak tersebut bisa terealisasi, tetapi juga cukup berat mengingat kondisi ekonomi masyarakat sedang lesu," sambungnya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim) kembali menggelar pemutihan pajak kendaraan bermotor tahun 2020. Pemutihan pajak tersebut berlaku pada 1 September 2020 hingga 28 November 2020. Insentif ini diharapkan bisa meringankan beban masyarakat Jatim di tengah proses pemulihkan perekonomian imbas pandemi.

"Adapun pemutihan pajak daerah Jatim kali ini sudah masuk periode ketiga. Intensif ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat ditengah pandami," pungkasnya.[din/ito]

 

Tag : Pandemi, bojonegoro, motor, pajak



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat