11:00 . Manajemen Persibo Banding Atas Putusan Komdis   |   10:30 . Umar: Sanksi Komdis ke Persibo Tak Fair, Kita Dicurangi   |   08:00 . Persibo Bojonegoro Diberikan Sanksi Komdis PSSI Jatim   |   07:00 . Mengenal Tantrum Anak, Serta Bagaimana Cara Menanganinya   |   21:00 . Kemendag: Pasokan Kedelai Cukup untuk Natal dan Tahun Baru   |   19:00 . Kasur Busa Jadi Tren, Pengusaha Kasur Kapas Bertahan untuk Tetap Ada   |   18:00 . Antisipasi Lonjakan Covid Jelang Nataru, Stok Plasma Konvalesen di Bojonegoro Terpantau Aman   |   16:00 . Pemkab Salurkan BLTD Penanganan Kemiskinan Ekstrim di Bojonegoro   |   15:00 . Dilewati Dump Truk, Jembatan Penghubung Desa Sumbertlaseh Ambruk   |   14:00 . Menang 1-0, Boromania Antusias Sambut Kedatangan Tim Persibo   |   11:00 . HUT ke-38, SMP Negeri Kapas Tonjolkan Rakitan Sepeda Energi Listrik   |   07:00 . Jangan Cukur Bulu Kemaluan Saat Vagina Sedang Dalam Kondisi Begini   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Melaju ke Babak 16 Besar   |   17:00 . Program Rantang Kasih Moe Tingkatkan Gizi Lansia   |   16:00 . Awal Bulan Harga Emas 24 Karat Antam Terjun   |  
Sat, 04 December 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Dua Desa Ikuti Lomba Keterbukaan Informasi Publik 2020

blokbojonegoro.com | Wednesday, 21 October 2020 20:00

Dua Desa Ikuti Lomba Keterbukaan Informasi Publik 2020

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Dua desa di Kabupaten Bojonegoro terpilih menjadi kandidat dalam Lomba Keterbukaan Informasi Publik 2020. Dua desa tersebut adalah Desa Prayungan Kecamatan Sumberrejo dan Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang. Pada Rabu (21/10/2020) dilakukan sesi wawancara oleh Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur.

Proses wawancara digelar secara virtual di balai desa masing-masing oleh dua orang dari Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur, yakni Nur Aminuddin dan Edi Purwanto. Wawancara lebih banyak mengulas tentang tingkat partisipasi publik, inovasi di bidang keterbukaan, dan komitmen pemerintah desa dalam hal transparansi anggaran.

“Saya mengapresiasi Desa Prayungan yang membuka akses seluasnya dalam bentuk online maupun offline. Bagaimana tingkat partisipasi publik dan bagaimana indikatornya?,” kata Edi Purwanto dari Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur.

Kepala Desa Prayungan, Kecamatan Sumberrejo, Imam Rofii menuturkan desa yang dipimpinnya selama ini mempunyai komitmen tinggi dalam kaitan keterbukaan informasi yakni melalui website, aplikasi, serta pertemuan-pertemuan tatap muka dengan warga. “Tingkat partisipasi publik mencapai 60 persen lebih. Indikatornya, kehadiran warga dalam acara-acara Pemerintah Desa cukup tinggi. Biasanya dilakukan saat musyawarah,” katanya.

Desa Prayungan mempunyai aplikasi Ibuk e (info buku kependudukan elektronik) yang bisa digunakan warga untuk layanan surat kependudukan. Jadi, warga tidak harus selalu datang ke kantor desa, melainkan bisa memanfaatkan aplikasi Ibuk e.  “Prayungan juga telah mendapat penghargaan website desa terbaik se-Bojonegoro,” tambah Kades.

Kini, lanjut dia, warga tidak tabu lagi untuk mendiskusikan soal anggaran desa. Karena semua anggaran bisa dilihat oleh warga melalui website dan papan informasi yang banyak dipasang di sejumlah titik. Dampak dari keterbukaan, tingkat kepercayaan warga ke pemerintah desa cukup tinggi. “Dalam penanganan Covid-19, desa dan warga saling bergotong royong,” tutur Imam.

Sementara itu, Camat Sumberrejo Soemarsono menuturkan sangat mengapresiasi capaian Desa Prayungan dalam hal keterbukaan informasi. Pihaknya terus memotivasi desa dalam layanan keterbukaan informasi publik yang akuntabel.

“Ini sangat penting kerena demi terciptanya pengelolaan anggara yang lebih tertib dan akuntabel, peningkatan kualitas SDM dan yang terpenting adalah masyarakat bisa mengakses informasi apa saja yang dibutuhkan secara transparan dan meningkatnya partisipasi masyarakat,” katanya.

Ia juga akan mendorong desa-desa lain untuk terus meningkatkan keterbukaan. Pemerintah desa juga didorong untuk menganggarkan di APBDes 2021 terkait sistem informasi desa (SID). “Tujuannya untuk peningkatan keterbukaan publik,” tegasnya.[lis]

 

Tag : desa, lomba



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 22 November 2021 14:00

    Resensi

    Dibalik Buku 00.00

    Dibalik Buku 00.00 Buku judul 00.00 merupakan karya kedua dari Anugrah Ameylia Falensia atau yang kerap dikenal dengan panggilan Amey atau cumi oleh teman-teman maupun para teman pembacanya....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 10 November 2021 10:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more