13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |  
Fri, 19 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Dara Asal Tambakrejo ini Geluti Breeding Kambing

blokbojonegoro.com | Thursday, 29 October 2020 20:00

Dara Asal Tambakrejo ini Geluti Breeding Kambing

Kontributor : Herman Bagus

blokBojonegoro.com - Kalau menyebut peternak kambing mungkin yang terbayang di pikiran adalah seorang lelaki gagah. Bayangan itu sirna bila bertemu Dea Miswa Adis Cayani, dara asal Desa/Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro.

Sebab peternak kambing itu adalah seorang gadis yang masih cukup muda berusia 20 tahun. Dea sukses mengembangkan usaha breeding atau mengembang biakkan kambing . Gadis yang masih tinggal bersama orang tuanya itu mempunyai cerita panjang dalam membangun usaha ternaknya.

Alumni SMK Migas Cepu itu menceritakan, kesukaan dengan dunia ternak kambing atau dunia hewan berawal dari orang tuanya. "Awalnya meneruskan usaha orang tua, saat saya masuk SMK bapak kan pindah usaha kambing dulunya sopir. Terus setelah saya lulus usahanya saya teruskan," ucap gadis kelahiran 2000 itu.

Dea sempat merasa jenuh beternak kambing, sebab kegiatan beternak kambing monoton, hanya ngasih makan minum dan dia sempat memutuskan untuk merantau ke Kota Surabaya. Hanya bertahan 3 minggu dia kembali pulang sebab merasa kangen dengan kambing-kambingnya.

"Setelah dari Surabaya saya ngomong ke orang tua ingin mencoba breding kambing, terus akhirnya nyoba breding kambing hingga saat ini," ungkapnya.

Dia mengatakan nggak pernah gengsi soal mengurusi kambing, sebab dari dulu dia sudah terbiasa dengan lingkup dunia lelaki dikarenakan sejak smp dia sering ikut motor trail. "Kalau dibilang gengsi sih enggak, cuman kadang juga ada yang ngledek," katanya.

Untuk pemeliharaan kambing-kambingnya tidak ada yang khusus, hanya saja dia rutin mencukur bulu-bulu indukan kambing sebab kalau kambing gibas di bulunya terdapat kutu dan itu mempengaruhi faktor makan kambing.

"Kalau siang kambing-kambing ini saya lepas di lapangan, la nanti kalau malam di kasih makan fermentasi, dan saya kasih minum rutin, mungkin hanya itu perawatan kesehariannya," jelasnya kepada awak media.

Dia juga mengatakan, untuk omsetnya sendiri itu bukan bulanan tapi per panen. "Untuk minggu-minggu ini hampir setiap hari alhamdulillah banyak orang yang membeli kambing di saya," tutupnya.[her/ito]

Tag : breeding, kambing, tips, tambakrejo, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat