14:00 . PPKD Gelar Raker Tahun 2021 di Toyoaji   |   12:00 . PK Ditolak, Persibo Bojonegoro Tuntut Keadilan Lewat PSSI Pusat   |   08:00 . Kabar Gunung Semeru, Presiden akan Relokasi Warga   |   07:00 . 2 Kesalahan Pola Asuh yang Sering Dilakukan Orangtua Zaman Now   |   22:00 . Mendag Lutfi: Bisnis Waralaba Sukses Beradaptasi di Masa Pandemi Covid-19, Menjadi Tuan Rumah dan Kuasai Pasar Negeri   |   21:00 . Satpol PP Bojonegoro Raih Penghargaan dari Kemendagri   |   20:00 . Pemkab Bojonegoro Gelar Sosialisasi Pemekaran Desa Sukorejo   |   19:00 . Persibo Ajukan PK, Laga Mitra Surabaya kontra Deltras Sidoarjo Ditunda   |   18:30 . Selamat..! Ponpes Attanwir Dapat Penghargaan Eco Pesantren dari Gubernur Jatim   |   18:00 . Awas...!! Tanggul Bengawan Solo Ambles   |   16:00 . Media Gathering EMCL, Ajak Wartawan Menjadi Konten Kreator di Medsos   |   15:00 . Menjelang Nataru, Harga Daging Ayam di Bojonegoro Naik   |   14:00 . Grafik Harga Emas UBS Hari ini Terpantau Naik   |   12:00 . Pemkab Bojonegoro Ikuti Penilaian Evaluasi Program Menuju Smart City 2021   |   09:00 . Akhir Tahun, Ada 2.551 Janda Baru di Bojonegoro   |  
Wed, 08 December 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Cegah Sakit Punggung dengan 6 Cara Mudah Ini

blokbojonegoro.com | Friday, 30 October 2020 07:00

Cegah Sakit Punggung dengan 6 Cara Mudah Ini


Reporter: -

blokBojonegoro.com - Sakit punggung bisa terjadi karena berbagai hal. Salah satu faktor yang sering memicu sakit punggung adalah aktivitas sehari-hari, seperti duduk terlalu lama, membungkuk, atau membawa tas berat.

Aktivitas tersebut rentan membuat otot punggung mengalami ketegangan sehingga kerap memicu rasa sakit.
Untungnya, ada berbagai cara mudah yang bisa kita lakukan untuk mencegah terjadinya sakit punggung.

1. Olahraga

Salah satu hal terpenting yang dapat kita lakukan untuk mencegah sakit punggung adalah melakukan olahraga.

Saat olahraga, otot akan bergerak sehingga mengurangi ketegangan yang memicu sakit punggung.

Tak hanya itu, olahraga juga membantu menurunkan berat badan, terutama di skeitar perut, yang merupakan salahs atu faktor pemicu ketegangan di punggung.

2. Terapkan pola makan yang baik

Tak hanya mempertahankan berat badan yang sehat, kebiasaan makan yang baik juga membantu mengurangi tekanan di tubuh.

Selain itu, mengonsumsi makanan tak bergisi - seperti terlalu pedas atau makanan cepat saji - juga bisa membebani sistem saraf di punggung.

Itu sebabnya, sebaiknya kita mengonsumsi makanan sehat, seperti buah, sayuran, daging tanpa lemak, produk susu, dan biji-bijian.

Jenis makanan tersebu juga membantu menjaga kesehatan pencernaan. Pencernaan yang sehat juga mendukung kondisi tulang belakang kita.

3. Tidur menyamping

Tidur menyamping merupakan posisi tidur terbaik agar tidak memberi tekanan di area punggung.

Jika Anda harus tidur tengkurap, letakkan bantal di bawah perut bagian bawah untuk membantu menghilangkan tekanan pada punggung.

Selain itu, usahakan tidur menggunakan kasur dan bantal yang nyaman untuk menjaga tulang dan persendian.

4. Terapkan postur tubuh yang tepat

Duduk atau membungkuk terlalu lama juga bisa berpengaruh pada area punggung kita.

Itu sebabnya, pastikan postur tubuh kita benar dengan menyediakan fasilitas yang nyaman saat beraktifitas.

Misalnya, menggunakan kursi dan meja yang sesuai untuk mendukung kenyamanan tubuh ketika bekerja.

Mempertahankan postur tubuh yang benar membantu mempertahankan lekuk alami punggung dan membantu tulang dan otot punggng tetap kuat.

5. Kurangi stres

Stres juga bisa mempengaruhi area punggung kita. Pasalnya, stres menyebabkan otot tegang, dan ketegangan yang terus-menerus bisa menyebabkan sakit punggung.

Untuk mencegahnya, cobalah untuk melakukan relaksasi seperti yoga, meditasi, dan latihan pernapasan.

6. Jauhi merokok

Merokok memang meningkatkan berbagai risiko penyakit kronis. Bahkan, merokok juga bisa menyebabkan sakit punggung berkelanjutan.

Bahkan, penelitian juga menunjukkan merokok dapat memperburuk sakit punggung yang sudah ada. Efek tersebut terjadi karena merokok bisa mempersempit pembuluh darah.

Akibatnya, aliran oksigen dan nutrisi yang mencapai tulang belakang terhambat dan rentan mengalami cedera.

*Sumber: kompas.com

Tag : pendidikan, kesehatan, sakit punggung



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 06 December 2021 12:00

    Peduli untuk Mahameru, BMG Buka Donasi

    Peduli untuk Mahameru, BMG Buka Donasi Gunung Semeru atau dikenal dengan Mahameru, yang ada di Kabupaten Lumajang Jawa Timur, dilaporkan meletus pada Sabtu, 4 Desember 2021 sekitar pukul 15.00 WIB....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 10 November 2021 10:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more