07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Cegah Sakit Punggung dengan 6 Cara Mudah Ini

blokbojonegoro.com | Friday, 30 October 2020 07:00

Cegah Sakit Punggung dengan 6 Cara Mudah Ini


Reporter: -

blokBojonegoro.com - Sakit punggung bisa terjadi karena berbagai hal. Salah satu faktor yang sering memicu sakit punggung adalah aktivitas sehari-hari, seperti duduk terlalu lama, membungkuk, atau membawa tas berat.

Aktivitas tersebut rentan membuat otot punggung mengalami ketegangan sehingga kerap memicu rasa sakit.
Untungnya, ada berbagai cara mudah yang bisa kita lakukan untuk mencegah terjadinya sakit punggung.

1. Olahraga

Salah satu hal terpenting yang dapat kita lakukan untuk mencegah sakit punggung adalah melakukan olahraga.

Saat olahraga, otot akan bergerak sehingga mengurangi ketegangan yang memicu sakit punggung.

Tak hanya itu, olahraga juga membantu menurunkan berat badan, terutama di skeitar perut, yang merupakan salahs atu faktor pemicu ketegangan di punggung.

2. Terapkan pola makan yang baik

Tak hanya mempertahankan berat badan yang sehat, kebiasaan makan yang baik juga membantu mengurangi tekanan di tubuh.

Selain itu, mengonsumsi makanan tak bergisi - seperti terlalu pedas atau makanan cepat saji - juga bisa membebani sistem saraf di punggung.

Itu sebabnya, sebaiknya kita mengonsumsi makanan sehat, seperti buah, sayuran, daging tanpa lemak, produk susu, dan biji-bijian.

Jenis makanan tersebu juga membantu menjaga kesehatan pencernaan. Pencernaan yang sehat juga mendukung kondisi tulang belakang kita.

3. Tidur menyamping

Tidur menyamping merupakan posisi tidur terbaik agar tidak memberi tekanan di area punggung.

Jika Anda harus tidur tengkurap, letakkan bantal di bawah perut bagian bawah untuk membantu menghilangkan tekanan pada punggung.

Selain itu, usahakan tidur menggunakan kasur dan bantal yang nyaman untuk menjaga tulang dan persendian.

4. Terapkan postur tubuh yang tepat

Duduk atau membungkuk terlalu lama juga bisa berpengaruh pada area punggung kita.

Itu sebabnya, pastikan postur tubuh kita benar dengan menyediakan fasilitas yang nyaman saat beraktifitas.

Misalnya, menggunakan kursi dan meja yang sesuai untuk mendukung kenyamanan tubuh ketika bekerja.

Mempertahankan postur tubuh yang benar membantu mempertahankan lekuk alami punggung dan membantu tulang dan otot punggng tetap kuat.

5. Kurangi stres

Stres juga bisa mempengaruhi area punggung kita. Pasalnya, stres menyebabkan otot tegang, dan ketegangan yang terus-menerus bisa menyebabkan sakit punggung.

Untuk mencegahnya, cobalah untuk melakukan relaksasi seperti yoga, meditasi, dan latihan pernapasan.

6. Jauhi merokok

Merokok memang meningkatkan berbagai risiko penyakit kronis. Bahkan, merokok juga bisa menyebabkan sakit punggung berkelanjutan.

Bahkan, penelitian juga menunjukkan merokok dapat memperburuk sakit punggung yang sudah ada. Efek tersebut terjadi karena merokok bisa mempersempit pembuluh darah.

Akibatnya, aliran oksigen dan nutrisi yang mencapai tulang belakang terhambat dan rentan mengalami cedera.

*Sumber: kompas.com

Tag : pendidikan, kesehatan, sakit punggung



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat