13:00 . Peringati Hari Santri Nasional, Inilah Pemenang Berbagai Lomba Kemenag Bojonegoro   |   07:00 . Orangtua Wajib Tahu, Ini 4 Cara Menyembuhkan Batin Anak   |   19:00 . Sambut Peringatan HSN, Himatika Gelar Webinar Era Digital dengan Gus Romzi   |   18:00 . Khitan Massal Infaqo Attanwir Warnai Peringatan Maulid Nabi   |   17:00 . Baru Terbentuk, Pengkab ISSI Bojonegoro Berangkatkan Belasan Atlet Ikut Kejurprov   |   16:00 . Dinas PMD Bojonegoro Luncurkan Aplikasi Siap Desa   |   15:00 . Pemdes Ngampel Gelar Lomba Senam dan Berbagi Ratusan Sembako   |   13:00 . Harga Daging Ayam Merangkak Naik   |   12:00 . Puluhan Kader IPNU IPPNU Mengikuti Diklatama DKAC CBP KPP Balen   |   11:00 . PC IKA PMII Bojonegoro Dilantik PB IKA PMII   |   10:00 . PC IKA PMII Bojonegoro Resmi Dilantik   |   07:00 . Update 10 jenis vaksin Covid-19 di Indonesia: Perbedaan dan Efek Sampingnya   |   18:00 . Dukung Potensi Atlet, Pemkab Bojonegoro Segera Luncurkan KPOB   |   13:00 . Kemendag Mengungkap 31.553 Depot Air Minum Tidak Higienis   |   12:00 . 34 Daerah di Jatim Masuk Asesmen Level 1   |  
Mon, 18 October 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

4 Hari Long Weekend, 59.315 Penumpang Naik di Wilayah KAI Daop 8 Surabaya

blokbojonegoro.com | Saturday, 31 October 2020 15:00

4 Hari Long Weekend, 59.315 Penumpang Naik di Wilayah KAI Daop 8 Surabaya

Reporter: Nur Muharrom

blokBojonegoro.com - Lonjakan penumpang di wilayah KAI Daop 8 Surabaya pada masa liburan Long Weekend di akhir Bulan Oktober 2020 sudah terasa sejak tanggal 28 Oktober, dengan jumlah penumpang mencapai 16.919 orang.

Saat hari biasa pada masa pandemi jumlah penumpang antara 10.000 hingga 12.000 per harinya. Lonjakan ini akan terus berlangsung hingga tanggal 1 November.

Diprediksi di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya akan terjadi puncak masa angkutan Long Weekend pada tanggal 1 November.

“Tercatat  selama 4 hari mulai tanggal 28 sampai tanggal 31 Oktober, jumlah penumpang yang naik di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya sebanyak 59.315 orang. Sementara jumlah penumpang yang turun 55.668 orang," kata Suprapto, Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya.

Tertinggi jumlah penumpang yang naik maupun turun terjadi pada tanggal 28 Oktober. Menurut Suprapto, puncak jumlah penumpang yang naik maupun turun di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya akan terjadi pada Hari Minggu 1 November.

Guna mengantisipasi peningkatan minat masyarakat akan transportasi, PT KAI Daop 8 Surabaya pada 1 November akan menambah 4 perjalanan KA jarak Jauh relasi dari Malang menuju Jakarta serta Surabaya menuju Jakarta dan Bandung.

Keempat perjalanan tersebut adalah pertama KA Majapahit relasi Malang–Pasar Senen, kedua KA Gajayana Fakultatif relasi Malang–Gambir, ketiga KA Mutiara Selatan relasi Surabaya Gubeng-Bandung, dan keempat KA Sembrani Tambahan relasi Surabaya Pasarturi-Gambir Jakarta.

"Dengan adanya penambahan 4 perjalanan KA Jarak Jauh tersebut, total selama Long Weekend ini, PT KAI Daop 8 Surabaya mengoperasikan 26 KA Jarak Menengah/Jauh dan 46 KA lokal. Dengan 3 stasiun keberangkatan awal, yaitu Stasiun Surabaya Gubeng  sebanyak 11 KA, Stasiun Pasar Turi 8 KA dan Stasiun Malang 7 KA," jelas Suprapto kepada blokBojonegoro.com.

Sementara tujuan dari 26 KA Jarak Menengah/Jauh tersebut diantaranya adalah ke arah Jakarta melalui jalur Utara (lewat Cirebon) sebanyak 14 KA, ke arah Jakarta melalui jalur Selatan (lewat Bandung) sebanyak 3 KA, ke tujuan akhir Stasiun Bandung sebanyak 2 KA, ke arah tujuan Jember/ Banyuwangi sebanyak 4 KA, dan masing-masing 1 KA dengan tujuan akhir Semarang, Lempuyangan (Jogyakarta) dan Cilacap.

Suprapto menambahkan, menghadapi puncak lonjakan jumlah penumpang pada Long Weekeend akhir Oktober, di mana untuk wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya akan terjadi pada tanggal 1 November, diharapkan calon penumpang yang akan mengunakan layanan rapid test di stasiun, dilakukan H-1 sebelum keberangkatan.

"Hal ini demi kelancaran perjalanan para penumpang, sehingga tidak terjadi keterlambatan yang bisa membuat penumpang tertinggal perjalanan KA akibat antrean rapid test yang cukup padat," papar Manajer Humas Daop 8 Surabaya.

"Kita juga mengimbau agar para penumpang selalu mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditentukan, baik ketika berada di stasiun maupun di dalam kereta api,” tutup Suprapto, Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya. [mu]

Tag : kai, penumpang, kereta api, kereta, libur panjang, covid 19, virus corona, protokol kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat