Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

DLH Bojonegoro Uji Udara Ambien Selama 6 Hari

blokbojonegoro.com | Monday, 09 November 2020 11:00

DLH Bojonegoro Uji Udara Ambien Selama 6 Hari

Kontributor: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bojonegoro sejak tanggal (02/11/2020-07/11/2020), tengah melangsungkan pengukuran uji udara ambien pada 4 titik. Yang meliputi titik perkantoran di area Pemkab Bojonegoro, titik industri di Lapangan Minyak Sukowati, titik pemukiman di Perumahan Mojokampung, serta titik transportasi Bundaran Jetak Bojonegoro.

Pelaksanaan uji udara ambien ini dilaksanakan 2 kali dalam kurun waktu satu tahun. Dengan tujuan untuk mengontrol kestabilan udara bebas yang ada di wilayah Kabupaten Bojonegoro.

"Selama kurun waktu 6 hari, pihak DLH Bojonegoro tengah melangsungkan uji udara ambien di empat titik. Baik perkantoran Pemkab, titik permukiman, industri dan trasnportasi. Satu titik kita pantau selama 24 jam," ungkap Kasi Pengendalian Pencemaran Air Tanah Dan Udara, Dinas Lingkungan Hidup Bojonegoro, Nur Rahmawati Kd.

Pihaknya juga berujar, bahwa udara ambien sendiri merupakan udara bebas di permukaan bumi pada lapisan troposfir yang dibutuhkan dan mempengaruhi kesehatan manusia, makhluk hidup dan unsur lingkungan hidup lainnya.

"Udara ambien sendiri berupa udara bebas di permukaan bumi pada lapisan troposfir. Dan tentu mempengaruhi kesehatan makhluk dan lingkungan hidup," imbuhnya.

Setiap 6 bulan sekali pihak DLH Bojonegoro turut melakukan dan melaporkan uji udara ambien. Dan nantinya dari hasil uji ini yang akan disimpulkan apakah di wilayah Bojonegoro ini masuk udara tercemar atau tidak.

"Setiap 6 bulan melaporkan. Saat musim kemarau dan hujan, untuk hasil sertifikat yang mengeluarkan dari Laboratorium Lingkungan Jasa Tirta 1 Mojokerto. Sekitar 10 hingga 14 hari," ucapnya.

Pihaknya juga berharap, peran serta masyarakat dalam mengendalikan kualitas udara yang ideal di Bojonegoro. Selain itu penyediaan udara yang bersih dan sehat juga dapat dilakukan dengan gerakan penanaman pohon dan penghijauan. [liz/ito]

 

Tag : Udara, bojonegoro, dlh



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini