20:00 . Peringkat Hasil SKD Pemkab Bojonegoro Masih Tunggu Instruksi BKN Pusat   |   19:00 . KADIN Bojonegoro Goes to Campus, Podcast di 2 Tempat   |   18:00 . Yuk...! Ikuti Webinar Cerdas dan Bijak dalam Bermedia Sosial   |   17:00 . Desa Pilanggede Raih Penghargaan Tropi Proklim Utama dari KLHK   |   16:00 . Naik Tipis! Harga Emas Antam 24 Karat Dijual Rp915.000   |   15:00 . Diduga Lalai Saat Masak Air, Rumah di Baureno Terbakar   |   14:00 . Bupati Bojonegoro Ziarah di Makam Leluhur   |   13:30 . Tarian Waranggono dan Tabur Bunga di Kayangan Api   |   13:00 . Proses Ritual Pengambilan Api Abadi Berjalan Khidmat dan Tetap Prokes   |   12:00 . Inilah Serangkaian Peringatan Hari Jadi Kabupaten Bojonegoro Ke-344   |   11:00 . Atap Gedung MWC NU Kepohbaru Rusak Akibat Hujan Deras dan Angin   |   08:00 . Baru Pertama Ikuti Kejuaraan, Bojonegoro Hampir Juara   |   07:00 . Bermain di Masa Pandemi Jadi Kebutuhan Dasar Anak yang Harus Terpenuhi   |   06:00 . Selamat Hari Jadi Bojonegoro Ke-344   |   20:00 . Stok Kebutuhan Darah UDD PMI Bojonegoro Menipis di Bawah Normal   |  
Wed, 20 October 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

SMKN 5 Bojonegoro

Guru SMKN 5 Juara Lomba Desain Kebaya Lengkap Dharma Wanita

blokbojonegoro.com | Wednesday, 11 November 2020 10:00

Guru SMKN 5 Juara Lomba Desain Kebaya Lengkap Dharma Wanita

Pengirim: Tim Jurnalis SMKN 5 Bojonegoro

blokBojonegoro.com - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Dharma Wanita Persatuan Ke-21, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bojonegoro Provinsi Jawa Timur menggelar beberapa lomba yang terbagi di empat zona.

Di empat zona ini masing-masing masing diikuti 10 lembaga SMA/SMK/PKLK, seperti di SMA MT Kapas digelar lomba senam 6 langkah cuci tangan, di SMKN Purwosari lomba membuat hantaran resmi bernuansa DWP, di SMAN Kalitidu lomba ceramah agama dengan tema "keluarga", dan di SMKN 1 Baureno lomba desain kebaya lengkap Dharma Wanita dengan tema "Sosial budaya".

Azka Sadida, guru SMK Negeri 5 Bojonegoro menjadi juara lomba desain kebaya lengkap Dharma Wanita.

Menurut ibu satu anak ini, konsep kebaya yang ia desain untuk atasan klasik dan sederhana, model kutu baru dengan aksen bordiran bunga melati kecil, warna khas seragam dharma wanita.

(Foto Desain kebaya lengkap dharma wanita karya Azka Sadida SMKN 5 Bojonegoro)

"Untuk bawahan kebaya berupa rok motif batik kreasi saya sendiri, yaitu kombinasi motif kayangan api (diwakili oleh gambar bangunan di kayangan api, api, dan keris), parang, dan melati. Motif batiknya saya namakan batik sekar agni melati," jelas bu guru murah senyum ini yang mewakili SMK Migas Bojonegoro sebutan SMK Negeri 5.

Makna motif batik, untuk Kayangan Api jelas Azka, meneladani kegigihan atau ketekunan dalam sejarah pembuatan keris oleh empu supo, dan api abadi yang tak padam melambangkan semangat. Selain itu turut mempromosikan wisata lokal yang ada di Kabupaten Bojonegoro.

Sedangkan untuk motif parang, memiliki makna kesinambungan cita-cita, kesetiaan terhadap nilai kebenaran, dan semangat tidak pernah menyerah.

"Dan untuk makna bunga melati
merepresentasikan makna yang juga tersimbol dalam gambar melati logo dharma wanita. Tidak lupa kebaya tetap memakai pin logo dharma wanita," jelas Azka kepada blokBojonegoro.com.

Untuk lomba desain kebaya lengkap dharma wanita ini untuk pemenang Juara 1 perwakilan SMKN 5 Bojonegoro, Juara 2 SMKN Baureno, Juara 3 SMKN 4, Juara harapan 1 PKLK, dan Juara Harapan 2 dari SMKN Dander. [mu]

Tag : dharmawanita, lomba desain kebaya, kebaya, kebaya dharma wanita, desain batik bojonegoro, batik bojonegoro, smkn 5 bojonegoro, smk migas, smk migas bojonegoro, smkn 5



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat