12:00 . Mendag: Indonesia Jadi Pusat Industri Produk Halal dan Kiblat Fesyen Muslim Dunia   |   09:00 . Jum'at Berkah Roemantis: Razia Perut Lapar   |   07:00 . Cegah Anak Kecanduan Internet, Orangtua Wajib Jalankan 5 Peran Ini di Rumah   |   22:00 . Menkop dan UKM RI Sebut Vaksinasi Cara Cepat Pulihkan Perekonomian   |   21:00 . Aktif Tanangani Covid-19, Polres Dan Kodim Terima Penghargaan di HJB   |   20:00 . PKB Bakti untuk NU   |   19:00 . HSN dan Bakti NU, PKB Gelar Baksos di Baureno   |   18:00 . Sabtu, Muhammadiyah Gelar Vaksinasi di 8 Titik   |   17:00 . Kadin Bojonegoro Goes to Campus STAI At-Tanwir dan UNU Sunan Giri   |   16:00 . Jelang HSN, Bupati Buka Musabaqoh Qiro'atil Kutub Se-Kabupaten Bojonegoro   |   15:00 . Bupati Bojonegoro Launching P2DD dan Pengundian Hadiah Bagi Wajib Pajak Panutan   |   14:00 . Pemulihan Ekonomi di Masa Pandemi, Sally Siap Fasilitasi Pelaku Usaha   |   13:00 . Wihadi Ingatkan Pentingnya Kesehatan┬ádan Pertumbuhan Ekonomi di Tengah Pandemi   |   12:00 . MA Abu Darrin Gunakan Aplikasi E-Vote untuk Pemilihan Ketua OSIS   |   10:00 . LIVE: CERDAS DAN BIJAK DALAM BERMEDIA SOSIAL   |  
Fri, 22 October 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pandemi Covid-19, Peningkatan IPM Melalui Pendidikan Perlu Ditingkatkan

blokbojonegoro.com | Wednesday, 11 November 2020 22:00

Pandemi Covid-19, Peningkatan IPM Melalui Pendidikan Perlu Ditingkatkan

Reporter : M. Safuan 

blokBojonegoro.com- Upaya memutus penyebaran Covid-19 sekaligus untuk memajukan dunia pendidikan melalui literasi terus dilakukan. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), selain itu juga berupaya mengoptimalkan pemanfaatan kearifan lokal menuju pendidikan berkarakter di massa new normal.

Guna mewujudkannya, perlu  ada komitmen bersama antara Bakorwil Bojonegoro, Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim wilayah Bojonegoro, Dinas Perpustakan Provinsi Jatim dan Pegiat Literasi. Oleh karena itu digelar rapat koordinasi, sinkronisasi dan optimalisasi pemanfaatan kearifan lokal menuju pendidikan berkarakter di massa new normal se wilayah kerja Bakorwil Bojonegoro,

"Kegiatan ini upaya menjalin Koordinasi sekaligus tindak lanjut acara Ayo Menulis diikuti oleh bapak/ibu guru SMA, SMK dan PK-LK se wilayah kerja Bakorwil Bojonegoro pada tanggal 22 September 2020 yang lalu," terang Kepala Bakorwil Bojonegoro, Dyah Wahyu Ermawati.

Selain itu, menurutnya dalam upaya memajukan pendidikan terlebih lagi di masa Pandemi Covid-19 seperti ini, pastinya peran Bakorwil juga sangat penting dalam membantu gubernur Jawa Timur, terlebih lagi dalam menaikkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Jawa Timur.

Berdasarkan data tahun 2019 kontribushi indeks pendidikan hanya 29 persen, bila dibandingkan dengan 6 provinsi di Pulau Jawa, Jatim menduduki ranking terakhir dibawah Jawa Tengah. Oleh karenanya, guna mewujudkan dan menumbuhkan minat baca masyarakat perlu didorong melalui perpustakaan dan ketersediaan buku yang ada.

Terpisah, Kepala Cabang Dinas Provinsi Jatim wilayah Bojonegoro, Adi Prayitno mengatakan siap dalam peningkatan IPM terlebih lagi guru maupun siswa ikut dalam peningkatan itu, apalagi secara bertahap mulai dari SMA, SMK dan PK-LK, dimana Bakorwil Bojonegoro, bekerja sama dengan pegiat literasi mataraman dan rumah literasi telaga ilmu indocamp melalui pola daring/on-line.

"Ini bisa sebagai upaya dalam peningkatan kualitas guru, kepala sekolah, pengawas dengan adanya program literasi menulis dan membaca ini," tambahnya.

Lanjut Adi, bahkan agar nantinya hasil karya bapak/ibu guru SMA, SMK dan PK-LK dapat bermanfaat untuk kelengkapan pembelajaran di sekolah dan mampu mengangkat kearifan lokal di wilayah kerja Bakorwil Bojonegoro. 

Kearifan lokal dalam rangka menuju pendidikan berkarakter di massa new normal memang nanti kalau ada kegiatan literasi gemar membaca dan menulis ini, nanti malah hasilnya untuk Bakorwil Bojonegoro ini beranekaragam dibanding dengan yang lain. "Untuk meningkatkan motivasi minat baca itu harus terus ditingkatkan tiap hari kepada seluruh peserta didik atau siswa dan guru," ujar Adi.

Untuk meningkatkan pendidikan ditengah Pandemi Covid-19 saat ini, memang jga sangat penting. Oleh karenanya, gerakan literasi bagi siswa dan guru gencar dilakukan. [saf/col]

Tag : Ipm, SDM, manusia



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat