20:00 . Pengurus Perkumpulan Jamaah Tahlil Perempuan di Bojonegoro Resmi Dilantik   |   19:00 . Gandeng Lakpesdam NU, Kominfo Dorong Masyarakat Cakap Literasi Digital   |   18:00 . Buruh Aksi di Gubernuran, Ini Hasil Audiensi RTMM SPSI dengan Para Stakeholder Pemprov Jatim   |   17:00 . Makam Diduga untuk Ritual Pesugihan Dibongkar, Isinya Mengejutkan   |   16:00 . 295 WBP Diusulkan Dapat Remisi Kemerdekaan, 6 Napi Langsung Bebas   |   15:00 . DWP Kemenag Bojonegoro Gelar Deteksi Dini IVA Test dan Sadanis Gratis   |   13:00 . 49 SMA di Bojonegoro Mulai Terapkan Kurikulum Merdeka   |   09:00 . Penemuan Makam di Tengah Hutan   |   08:00 . Hilang STNK NoPol S-3124-DG   |   07:00 . Orangtua Harus Tahu! Ini 7 Tips Habiskan Waktu Bersama dengan Anak   |   20:00 . Merdeka Cup 2022 dalam Kemeriahan Kemerdekaan RI ke-77   |   19:00 . Ratusan Masyarakat Bojonegoro dan Tuban Deklarasikan LaNyalla Capres 2024   |   18:00 . Fenomena Fashion Week, Budayawan Berharap Bisa Tampilkan Produk Batik Lokal   |   17:00 . Kader Berpretasi Asal Bojonegoro, Mantapkan Maju Caketum PP IPPNU   |   16:00 . Profil Coach Persibo Masdra Nurriza, Awali Karir dari Bangku SMP   |  
Thu, 11 August 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wabup: Jika Ada Dugaan Bantuan Diselewengkan Laporkan Saja

blokbojonegoro.com | Friday, 13 November 2020 16:00

Wabup: Jika Ada Dugaan Bantuan Diselewengkan Laporkan Saja

Reporter: M Safuan

blokBojonegoro.com - Mediasi polemik bantuan dana puso yang berlangsung tertutup di Dinas Pertanian (Disperta) Bojonegoro, Jumat (13/11/2020) berlangsung tertutup. Mediasi  berjalan dengan baik yang dihadiri Kepala Disperta, Camat, Kepala Desa dan Kepala Poktan Serta beberapa anggota Poktan Desa Kumpulrejo Kecamatan Kapas yang dipantau langsung oleh Wakil Bupati Bojonegoro.

Usai mediasi dilakukan,  sejumlah petani yang merasa dirugikan langsung melaporkan permasalahan ini ke Polres Bojonegoro. Hal itu, dimaksudkan agar kejadian serupa tidak terulang lagi. 

"Memang saat mediasi tadi, sudah dijelaskan aturan terkait penerima bantuan dana puso dan disampaikan beberapa perihal lainnya," kata Sumini salah satu Poktan yang mewakili mediasi.

Lanjut Sumini, kasus ini tetap akan dilaporkan ke aparat hukum, agar kejadian ini tidak terjadi kembali, apalagi dalam mediasi tadi sudah gamblang semuanya dan Ketua Poktan sudah menjelaskan semuanya.

Terpisah, Wakil Bupati Bojonegoro, Budi Irawanto mengatakan adanya masalah bantuan dana puso itu memang harusnya menjadi perhatian Disperta. Terlebih dana yang disalurkan tidak sesuai dengan aturan kepada penerimanya dan ada pula dugaan uang bantuan yang masuk ke rekening pribadi Ketua Poktan.

Lanjut Wabup, semestinya bantuan itu, diberikan ke petani yang mendapat musibah yang dialami karena gagal panen, akan tetapi dana itu tidak diberikan keseluruhan ke petani. "Jika memang tidak bisa dikendalikan persoalan ini, ya silahkan dibawa ke jalur hukum," ucap Wabup saat menemui sejumlah wartawan usai menghadiri mediasi. 

Masih kata Wawan sapaan akrabnya,  transparansi adanya semua bantuan memang sangat penting. Oleh karenanya, diimbau bagi warga bila mengetahui adanya bantuan yang dirasa tidak transparan dalam pengelolaannya bisa langsung melaporkan perihal tersebut.

"Tidak hanya itu, ke depan Disperta juga agar melakukan pengawasan terhadap kepada Poktan agar permasalahan ini tidak terjadi lagi," ucapnya.

Pastinya, kejadian Ini harus menjadi pelajaran bagi semua masyarakat baik secara lembaga agar melaksanakan program bantuan dari pemerintah dengan baik dan benar, karena yang dikelola atau disalurkan sesuai aturan yang ada.[saf/col]

 

 

 

 

 

Tag : Wabup, gapoktan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat