18:00 . Persibo Bojonegoro Melaju ke Babak 16 Besar   |   17:00 . Program Rantang Kasih Moe Tingkatkan Gizi Lansia   |   16:00 . Awal Bulan Harga Emas 24 Karat Antam Terjun   |   15:00 . Full Time, Persibo Taklukkan 1-0 Mitra Surabaya   |   14:30 . Half Time, Persibo Unggul 1-0 dari Mitra Surabaya   |   14:00 . Transparansi Pemdes Tlogorejo Raih Tiga Kategori KIP Se - Jawa Timur   |   13:45 . Menit 31 Persibo Berhasil Mencetak Gol Pertama ke Gawang Mitra Surabaya   |   13:00 . Persibo Tiba di Gresik, Kondisi Siap Tempur   |   12:00 . Harga Cabai di Pasar Bojonegoro Meroket Jelang Natal dan Tahun Baru   |   11:00 . Pemkab Bojonegoro Terima Penghargaan Kategori Tertinggi Komisi Informasi Jatim   |   10:00 . Program Aladin Bangun 7.041 Rumah Tak Layak Huni   |   08:00 . Musnahkan Barang Bukti dan Lelang   |   07:00 . Ketahui 5 Tanda ASI Kekurangan Nutrisi, Bisa Berdampak pada Kesehatan Bayi   |   20:00 . KPA: 2030 Indonesia Target Akhiri AIDS Sesuai Visi SDG's   |   19:00 . Inilah Istimewanya Bendungan Gongseng   |  
Fri, 03 December 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Peringati HMPI, Bupati Ajak Tanam Pohon Jaga Ekosistem Lingkungan

blokbojonegoro.com | Friday, 27 November 2020 18:00

Peringati HMPI, Bupati Ajak Tanam Pohon Jaga Ekosistem Lingkungan

Reporter: M Safuan

blokBojonegoro.com - Memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI), Pemkab Bojonegoro bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bojonegoro, melakukan gerakan ribuan tanam pohon di Desa Kesongo Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro, Jumat (27/11/2020). Penanaman ribuan pohon itu, sebagai bentuk kepedulian Pemkab Bojonegoro terhadap lingkungan, terlebih lagi, tanggal 28 November ditetapkan sebagai bulan menanam oleh Presiden.

"Total ada 4.500 pohon yang ditanam yang tersebar di 3 lokasi yakni Desa Kesongo, Desa Kepohkidul dan Desa Duwel yang semuanya berada diwilayah Kecamatan Kedungadem," kata Kepala DLH Bojonegoro, Hanafi.

Lanjut Hanafi, penanaman pohon tersebut berfungsi untuk menyaring udara di  bumi, sebab daun dan batangnya dapat menyerap gas polusi dengan berbagai komponen, sehingga mampu membantu bernapas dengan baik. Tidak hanya itu, pada momentum HMPI itu, juga dilakukan pembinaan pengendalian pencemaran lingkungan kepada masyarakat setempat.

"Untuk jenis tanaman yang ditanam yakni pohon trembesi, dari 4.500 pohon itu, masing+masing desa ditanami 1.500 pohon," terang mantan kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Bojonegoro ini.

Masih kata Hanafi, adapun tujuan penanaman bersama ini sekaligus untuk memberikan pengetahuan dan penjelasan kepada pelaku usaha ternak dan industri rumah tangga pangan. Tidak hanya itu, masyarakat juga diberikan wawasan akan pentingnya pengelolaan limbah dan pemanfaatan limbah, sehingga tidak menimbulkan dampak lingkungan yang berbahaya, serta untuk mengurangi pencemaran dan penghasil energi gas yang terbarukan (biogas) dengan bahan baku ternak kotoran sapi dan limbah industri. "Ada 40 orang anggota kelompok ternak dan industri rumah tangga pangan yang mengikuti pembinaan dan penanaman pohon bersama se Kecamatan Kedungadem," ujarnya.

Hanafi menambahkan dalam dua tahun ini, penanaman pohon juga telah dilakukan DLH di jalan-jalan desa, labupaten, provinsi maupun di sekitar waduk/embung. "Pastinya penanaman pohon ini untuk mengurangi dampak pencemaran lingkungan," bebernya.

Terpisah, Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah  dalam sambutannya menyampaikan penanaman pohon di HMPI ini hendaknya dijadikan momentum untuk terus mencintai lingkungan. Selain itu, agar tanaman yang ditanam bisa hidup hendaknya, ditanam dengan cara baik dan benar dan harus diperhatikan pula kedalaman saat bibit tanaman tersebut ditanam dan harus pula bibit tanaman itu juga harus dikasih tiang penyangga.

Pada kesempatan itu pula, Bupati Bojonegoro yang disapa Bu Anna ini mengajak masyarakat setempat untuk bersama menjaga ekosistem iklim dunia untuk kesehatan kita semua salah satunya dengan cara menanam pohon. "Saya yakin warga kesongo dan sekitarnya makin sadar terhadap kebersihan lingkungan, termasuk sampah. Saya minta tolong agar tidak di buang sembarangan, termasuk sampah plastik tidak bisa lebur atau tidak bisa menyatu melebur dengan tanah,  akan diperlukan waktu yang bertahun tahun," papar Bupati perempuan pertama Bojonegoro ini.

Hadir pada kesempatan itu, yakni Bupati Bojonegoro, Dandim 0813 Bojonegoro,  Wakapolres Bojonegoro, Kepala Cabang Dinas Kehutanan, Kepala OPD, Forkopimcam, Kades Se Kecamatan Kedungadem dan Peserta Pembinaan Pengendalian Pencemaran Lingkungan.[saf/lis]

 

Tag : Tanam, pohon



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 22 November 2021 14:00

    Resensi

    Dibalik Buku 00.00

    Dibalik Buku 00.00 Buku judul 00.00 merupakan karya kedua dari Anugrah Ameylia Falensia atau yang kerap dikenal dengan panggilan Amey atau cumi oleh teman-teman maupun para teman pembacanya....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 10 November 2021 10:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more