07:00 . Para Orang Tua Wajib Paham, Ini 4 Tanda Anak Cerdas   |   18:00 . Bupati Anna dan Kajari Imbau Pengelolaan Dana Bos Prioritaskan Integritas   |   17:00 . BMKG: Waspada Cuaca 3 Hari Mendatang   |   15:00 . 5 Organisasi Profesi Kesehatan Tolak RUU Kesehatan   |   13:00 . Putra Asal Bojonegoro, Belasan Tahun Mengabdi di Luar Jawa   |   10:00 . Diduga Pecah Ban, Truk Box Oleng Tabrak Pagar Koramil 0813-06 Bojonegoro   |   07:00 . Psikolog Ungkap Kesalahan Orangtua yang Bisa Hambat Potensi Anak, Pelajari Yuk Bun!   |   19:00 . Inilah Nama-Nama Mutasi Pejabat Pemkab Bojonegoro   |   18:00 . Sinergi Dinas PMD dan Bapenda Dampingi Desa Deteksi Dini Objek Pajak Terkendala   |   16:00 . Ini Spek Lengkap Toyota Rush, Kendaraan Camat se-Kabupaten Bojonegoro   |   15:00 . Stigma Buruk Menjadi Kendala dalam Penanggulangan HIV/AIDS   |   14:00 . Kasus HIV di Bojonegoro Mencapai 217 kasus, 2 Persen di Atarannya Anak-anak   |   13:00 . Kasus Persetubuhan Terhadap Anak di Bawah Umur Meningkat   |   12:00 . EMCL Bersama Tim Aku Sehat Giat Pelatihan Pengolahan Kreasi Makanan Toga Cegah Stunting Balita   |   07:00 . 5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak, Benarkah Susu Formula Turunkan Kecerdasan Anak?   |  
Sat, 03 December 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Petani di Sugihwaras Mulai Tanam Padi Bantuan PPM KPM dari Pemkab

blokbojonegoro.com | Monday, 30 November 2020 15:00

Petani di Sugihwaras Mulai Tanam Padi Bantuan PPM KPM dari Pemkab

Pengirim: Iskak Riyanto

blokBojonegoro.com - Pasca menerima benih padi diawal bulan November yang lalu, bantuan Program Petani Mandiri-Kartu Petani Mandiri (PPM-KPM) di wilayah Kecamatan Sugihwaras sudah dibagi kepada petani yang berhak menerima. Sehingga para petani di Desa Bareng, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro kompak menanam tanaman kebutuhan pokok tersebut.

Pada 2020 ini setidaknya ada 21 kelompok tani di Kecamatan Sugihwaras yang mendapatkan program andalan Pemkab Bojonegoro tersebut. Pasalnya ada banyak manfaat yang diterima bagi petani  pemegang KPM, salah satunya adalah bantuan hibah sarana produksi berupa benih padi dan pupuk senilai maksimal Rp 2.500.000, per hektare.

Di antara kelompok tani yang mendapatkan PPM KPM adalah Margo Utomo IV dan Lima, Desa Bareng. "Hari ini benih bantuan benih dari Pemkab Bojonegoro untuk Desa Bareng khususnya Dukuh Makul sudah mulai ditandur, sampai saat ini sudah sekitar 30 hektare," kata Jian, ketua kelompok tani Margo Utomo V, Senin (30/11/2020).

Menurut Pak Jian, bersama anggota kelompoknya sangat senang dengan bantuan benih PPM KPM tersebut. Bisa meringankan biaya produksi bagi petani. Hal ini disampaikan Jian saat pertemuan anggota kelompok tani dan  penyuluhan pra-tanam oleh petugas lapang atau PPL beberapa waktu yang lalu di depan rumahnya. "Varietas yang kita pilih adalah Inpari 32 HDB, karena pengalaman petani lain yang sudah menanam hasilnya sangat baik," imbuh Jian.

Di lapangan varietas ini sudah terbukti tinggi  produktifitasnya. Menurut diskripsi rerata hasil 6,30 ton/hektare GKG, potensi hasil 8,42 ton/hektare GKG. Selain itu rasa nasi enak dan pulen, kadar amilosa 23,46%. Tingkat rendemen tinggi, juga tahan penyakit hawar daun bakteri (HDB) yang disebabkan oleh bakteri Xanthomonas Oryzae.

"Selamat untuk kelompok tani Margo Utomo V Desa Bareng yang telah melaksanakan PPM KPM dari Pemkab Bojonegoro, semoga bisa  meningkatkan kesejahteraan petani," imbuh Murjito, Kordinator Penyuluh Pertanian Kecamatan Sugihwaras.

*Penulis adalah PPL Disperta Bojonegoro

Tag : bantuan, ppm, kpm, bojonegoro, bareng, sugihwaras



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat