21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   14:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |   07:00 . Ramadan, BRI Group Salurkan 128 Ribu Paket Sembako Ke Seluruh Penjuru Negeri   |  
Thu, 28 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Waspada Hoax! Kabar Berantai Ledakan Jumlah Pasien Covid-19

blokbojonegoro.com | Monday, 30 November 2020 22:00

Waspada Hoax! Kabar Berantai Ledakan Jumlah Pasien Covid-19

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Di masa pandemi Covid-19, masih saja ada oknum tak bertanggungjawab memproduksi dan menyebar informasi yang tidak benar alias hoax.

Seperti halnya kabar berantai dari WhatsApp Group (WAG) satu ke lainnya, tentang jumlah pasien Covid-19 di Jawa Timur yang membludak. Dalam informasi tersebut, disampaikan nama-nama petugas medis yang telah meninggal dunia, disertai dengan jumlah pasien di setiap kabupaten dan kota di Jatim yang jumlahnya masing-masing di angka ratusan.

Meski ada himbauan di akhir pesan, namun juga ada unsur provokasi yang bisa meresahkan masyarakat dengan kata-kata tercantum 'Kementerian Kesehatan memperkirakan akan terjadi ledakan yang sangat luar biasa'.

Kabag Humas dan Protokoler Pemkab Bojonegoro, Masirin menegaskan bahwa pesan itu tidaklah benar. Terlebih di dalam pesan berantai itu menyebutkan jumlah pasien Positif Covid-19 di Kabupaten Bojonegoro hari ini mencapai 210 orang.

"Informasi itu tidak benar!" tegas Masirin yang juga Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bojonegoro.

Melalui update harian sebaran Covid-19 di Kabupaten Bojonegoro Per-Tanggal 30 November 2020 pukul 18.00 WIB, Masirin menyebutkan, kasus konfirmasi positif hari ini penambahan baru 5 orang masing-masing di Kecamatan Sumberejo 1 orang, Kecamatan Balen 1 orang, Kecamatan Bojonegoro 2 orang dan Kecamatan Dander 1 orang. Penambahan kasus meninggal dunia 1 orang di Kecamatan Bojonegoro. Sehingga kasus konfirmasi positif hari ini 54 orang.



Sementara itu, data yang diupdate blokBojonegoro.com dalam sepekan ini, jumlah tambahan pasien Covid-19 setiap hari selalu di bawah angka 10.

Meskipun informasi ledakan pasien hoax dan jumlah kasus di Kabupaten Bojonegoro rendah, Pemkab terus mengimbau untuk tidak lengah, dan terus disiplin menjalankan protokol kesehatan dengan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan, serta mencuci tangan dengan sabun, untuk terus menekan penyebaran Covid-19.

"Waspada Corona, jangan panik! Ikuti terus informasi perkembangannya, agar bisa waspada Covid-19, dan jangan lupa untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan," pesan Masirin.

Tag : ingat pesan ibu, pakai masker, jaga jarak, cuci tangan pakai sabun, satgas covid 19, satgas



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat