21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   14:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |   07:00 . Ramadan, BRI Group Salurkan 128 Ribu Paket Sembako Ke Seluruh Penjuru Negeri   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pameran Virtual Bulan Desember, dari 30 Perupa untuk Indonesia

blokbojonegoro.com | Thursday, 03 December 2020 14:00

Pameran Virtual Bulan Desember, dari 30 Perupa untuk Indonesia

Reporter: Nidhomatum MR

blokBojonegoro.com - Tiga puluh pelukis dari berbagai daerah di Indonesia memamerkan karya-karya mereka secara virtual, selama sebulan penuh pada Desember 2020. Pameran bertajuk 'Virtual Joint Painting Exhibition in December' ini diselenggarakan Pasar Lukisan-com, galeri online yang khusus didedikasikan kepada para pelukis agar karya-karya mereka bisa lebih banyak lagi diapresisasi masyarakat, meski di masa pandemi Covid-19.

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis, penanggung jawab pameran virtual ini.

Ada misi lain yang tak kalah penting, lanjutnya. "Dalam kondisi yang tidak normal sekarang ini, celakanya masyarakat Indonesia setiap saat justru dijejali dengan isu politik yang menyesakkan. Padahal seharusnya pandemi salah satunya harus dilawan dengan suasana yang segar dan menghibur agar dapat menghasilkan imunitas  terhadap tubuh. Pameran virtual ini, salah satu misinya adalah menyebar luaskan keindahan melalui karya lukis, sebagai upaya untuk menghadirkan kesegaran pada masyarakat," tambahnya.

Beda dengan pameran virtual yang sekarang memang dijadikan sebagai alternatif oleh para pelukis, pameran virtual yang diselenggarakan PasarLukisan.Com ini mengajak para pelukis untuk memanfaatkan medsos seoptimal mungkin. Caranya dengan berbayar, sehingga lukisan-lukisan dapat menjangkau masyarakat lebih luas lagi. Dengan berbayar di platform Facebook dan Instagram, maka tiap-tiap lukisan akan dapat langsung dinikmati oleh lebih banyak lagi pengguna medsos tersebut.

Djoko Sutrisno, pelukis dari Ubud, Bali yang ikut pameran virtual ini menyatakan, pameran virtual ini adalah langkah yang bagus karena ditunjang dengan sarana, tenaga dan managemen yang profesional. “Program ini adalah jalan keluar untuk memaparkan karya perupa kepada audiens. Perupa bisa up date karya terbarunya. Apalagi kalau terjadi transaksi, berarti nilai tambah dalam perbaikan ekonomi pribadi. Pada era digital sekarang ini sangatlah efektif bila kami, para perupa memanfaatkan IT secara maksimal,” katanya.

Susmiadi, pelukis yang tinggal di Kencong Kabupaten Jember, Jawa Timur menyatakan sangat mendukung gagasan pameran virtual ini. Sebab pada masa pandemi ini para perupa pelukis justru makin banyak berkarya, tetapi tidak ada kesempatan untuk.memamerkan hasil karyanya baik melalui pameran tunggal atau pameran gabungan

“Saya sangat mengapresiasi ide dan kreatifitas ini, sehingga saya mengirim tujuh karya untuk dipamerkan pada buan Desember ini.  Bagi pecinta seni atau kolektor sendiri, pameran ini saya kira juga lebih efektif dan aman dalam situasi pandemi, tanpa mereka harus ke luar rumah untuk melihat hasil karya para pelukis yang dipamerkan. Semoga pameran ini akan menjadi terobosan terbaik bagi pelaku seni lukis, dan bermanfaat juga bagi para pecinta seni,” kata Susmiadi.

Sementara Ismail Marjuki, pelukis dari Bekasi, Jawa Barat menganggap pameran virtual ini menjadikan para pelukis tetap eksis. “Kita tetap berpameran walaupun ada pandemi yang jadi penghalang buat kita semua. Jadi kita tetap bersemangat dalam berkarya dan berpameran, tetap eksis, walaupun antara pelukis dan penikmat karya tidak dapat bertemu langsung. Sebagai seorang seniman saya merasa senang bisa juga melihat karya teman-teman yang begitu bagus,” kata Ismail Marjuki, salah seorang peserta pameran virtual bulan Desember ini.

Ketiga puluh pelukis yang berpameran pada sebulan penuh pada Desember ini masing-masing adalah M. Nasruddin, Ali Taufan, Ary Indriastuti (ketiganya dari Sidarjo), Anggik Suyatno,  Daniel de Quelyu, Sri Murniati Murni, Nabila  Dewi Gayatri, Paulina dan Pingki Ayako (Surabaya), Azam Bakhtiar (Malang),  Eggita Wahyudi dan Yudi Dogol (Gresik), Camil Hady (Lamongan), Eko Tomo (Jombang), Esthi Hayati (Bondowoso), Susmiadi (Jember), Syamsul Anim (Mojokerto), Tri Irianto (Banyuwangi),  Ruslan (Kediri), Aries Maulana (Blitar), , Nurindrini (Solo), Cak Min Mustamin dan Karang Sasongko (Klaten), Agus Salim (Ungaran), Masruri (Tegal), Triani Trinil (Purwokerto),  Tyas Febrian (Sukabumi),  Ismail Marjuki (Bekasi),  Sulis Listanto (Kota Depok) dan Djoko Sutrisno dari Ubud, Bali. [lis]

Tag : Festival, seni, virtual, Vaksinasi, ingat pesan ibu, pakai masker, jaga jarak, cuci tangan pakai sabun, satgas covid 19, satgas



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat