21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   14:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |   07:00 . Ramadan, BRI Group Salurkan 128 Ribu Paket Sembako Ke Seluruh Penjuru Negeri   |  
Thu, 28 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Anak Terlalu Lama Menatap Layar, Waspada Gangguan Mata

blokbojonegoro.com | Tuesday, 08 December 2020 07:00

Anak Terlalu Lama Menatap Layar, Waspada Gangguan Mata

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Para orangtua saat ini pusing memikirkan bagaimana membatasi waktu anak menatap layar.

Sebab di era pandemi, kegiatan belajar-mengajar dilakukan secara online dan anak menatap layar dalam waktu lama.

Pembelajaran virtual ini bisa berdampak pada kesehatan mata anak, dan memicu mata lelah atau digital eye strain.

Definisi digital eye strain

Gangguan mata digital atau dikenal sebagai sindrom penglihatan komputer bukan kondisi medis yang hanya dialami oleh orang sakit.

Ini adalah istilah yang menjelaskan masalah penglihatan saat kita menggunakan perangkat komputer, tablet, atau ponsel pintar.

Semakin lama kita menggunakan perangkat, semakin besar kemungkinan kita mengalami gangguan mata digital. Dan gangguan ini bisa bertambah buruk.

Banyak orang mengalami mata kering setelah terlalu lama berada di depan komputer atau menggunakan ponsel yang berlebihan.

"Saat kita menggunakan perangkat digital, kita berkedip lebih sedikit, dan bahkan tidak menyadarinya."

Begitu dikatakan Dr Alexandra Williamson, OD di Cleveland Clinic.

"Penurunan kedipan juga memengaruhi anak-anak. Mereka kehilangan lapisan air mata, yang dapat menyebabkan mata kering, masalah penglihatan, dan ketidaknyamanan."

Otot mata juga bisa menjadi lelah karena terlalu banyak menghabiskan waktu di depan layar. "Otot mata kita bekerja lebih keras untuk melihat segala sesuatu dari dekat, bahkan ketika kita masih muda," sambung Williamson.

Layar perangkat elektronik berbahaya bagi mata anak

Tablet, ponsel pintar, dan layar perangkat lain tidak bagus untuk mata kita. Namun pada anak, mereka lebih rentan terkena gangguan mata digital. "

Menatap layar bukanlah tujuan evolusi manusia," kata Williamson.

"Penglihatan anak berkembang pesat hingga sekitar usia 10 tahun. Setelah itu, sistem visual mereka masih tumbuh dan berubah. Usia ketika sistem visual dianggap matang sepenuhnya berbeda untuk setiap anak."

Tanda gangguan mata digital pada anak

Kemungkinan anak tidak dapat memberi tahu orangtua bahwa matanya terganggu. Jika anak melihat layar dalam waktu lama, perhatikan tanda ini.
- Sering mengusap mata
- Menghindari kelas online
- Sering berkedip
- Penumpukan atau kerak di kelopak mata atau bulu mata
- Mengeluh penglihatan kabur atau berbayang

Terapkan metode 20-20-20

Bantu anak untuk beristirahat dari layar dengan metode 20-20-20.

"Setiap 20 menit, lihatlah sesuatu yang berjarak setidaknya 20 kaki (sekitar enam meter) selama 20 detik," jelas Williamson.

"Ini membuat mata berhenti melihat target dekat."

Untuk hasil lebih baik, gabungkan metode tersebut dengan permainan di luar ruangan.

"Bermain di luar bagus untuk mata anak," kata dia.

"Saat anak menghabiskan lebih banyak waktu di luar dan lebih sedikit waktu melihat objek yang dekat, ia menurunkan peluang mengalami rabun jauh."

Hindari penggunaan obat tetes mata

Hindari penggunaan obat tetes mata pada anak sebelum berkonsultasi dengan dokter.

"Saya tidak merekomendasikan obat tetes untuk anak kecuali dokter mata mereka menyarankannya," tutur Williamson.

"Ada begitu banyak jenis obat tetes mata, dan beberapa bisa berbahaya jika tidak digunakan dengan benar."

Periksakan anak ke dokter mata

"Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah membawa anak Anda ke dokter mata anak untuk menjalani pemeriksaan, meskipun ia tidak memiliki masalah mata," kata Williamson.

"American Optometric Association merekomendasikan pemeriksaan mata rutin untuk anak mulai usia 6 bulan." "Saat berusia lima tahun, anak harus menemui dokter mata setidaknya setahun sekali," sambungnya.

*Sumber: kompas.com

Tag : pendidikan, kesehatan, mata, anak, gadget



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat