13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Muhammad Rizki Pancasilawan, SH., MAP

Mengabdi, Putra Bojonegoro Berkiprah di DPRD Mojokerto

blokbojonegoro.com | Sunday, 13 December 2020 14:00

Mengabdi, Putra Bojonegoro Berkiprah di DPRD Mojokerto

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Pemuda produktif dari Kabupaten Bojonegoro banyak berkontribusi di Jawa Timur, seperti halnya Muhammad Rizki Pancasilawan. Pria kelahiran Bojonegoro mewarnai pembangunan di Kota Mojokerto, dengan duduk menjadi anggota DPRD Kota setempat periode 2019-2024.

Meskipun tidak tinggal di kota penghasil minyak, sebutan lain Kabupaten Bojonegoro, Rizki masih sangat mencintai kota kelahirannya. Saat blokBojonegoro.com menemuinya, tidak ada yang berbeda saat masih di Bojonegoro. Badannya yang tambun, canda tawa masih khas dan bersahaja layaknya orang Bojonegoro.

Diceritakan Rizki, ia mendapat pelajaran berharga dari sang ayah, Akmal Budianto sebagai bekalnya terjun ke dunia politik. Apalagi sang ayah yang mengajarkannya sudah banyak merasakan banyak asam garam di kancah perpolitikan. Berbekal prinsip rasa pengabdian ditanamkan dimanapun berada.

Sampai akhirnya ia bisa duduk sebagai anggota DPRD Kota Mojokerto periode 2019-2024. "Banyak pelajaran yang saya dapatkan dari ayah saya, beliau yang mengarahkan karir politik saya, hingga saya bisa menjadi anggota DPRD," papar Rizki panggilan akrabnya.

Pemuda yang juga mantan koordinator PA P3MD Kabupaten Bojonegoro itu mengaku mendapat pembelajaran dari sang ayah saat mencalonkan diri menjadi calon walikota Mojokerto 2018. Ayahnya mengajarkan, jika ingin berjuang melalui partai politik harus memiliki dasar tujuan yang kuat.

Sehingga perjuangan yang diusung sampai dan dirasakan oleh masyarakat.Tak heran saat pileg 2019 yang lalu, ia menjadi anggota DPRD Kota Mojokerto dengan mendapat suara tertinggi di daerah pemilihan (Dapil) 3 Kota Mojokerto, Kecamatan Prajuritkulon mendapat suara tertinggi di PDI Perjuangan dengan jumlah 1.578 suara.

"Ayah mengajarkan bahwa perjuangan melalui partai haruslah mempunyai dasar yang kuat, punya tujuan, tidak karbitan. Sehingga bisa dirasakan oleh masyarakat buah dari perjuangan kita," terang pemuda yang hobi bermusik itu.

Politisi kelahiran Bojonegoro, 09 Oktober 1987 mengungkapkan, persinggungan dengan politik untuk pertama kalinya terjadi saat ia masih duduk di bangku kuliah dengn bergabung dengan HMI Komisariat Universitas Airlangga. Diusia remaja itu, Rizki mengikuti perjalanan politik sang ayah di Orde Baru karena birokrasi itu bagian dari parpol.

Karir politik sang ayah saat sempat menjadi pengurus parpol dan birokrasi yang sangat berpengalaman mempertemukan Riski dengan banyak tokoh politik dan pemerintahan. Setelah lulus kuliah bergabung menjadi tim pemenang Rendra Kresna untuk Bupati Malang dua periode pada pilkada 2005 dan 2016.

Kemudian ia bergabung tim Ridwan Hisyam untuk pileg DPRRI dan Fredy Purnomo untuk DPRD Propinsi. Setelah itu menjadi tim pendamping desa di Bojonegoro dan menjadi lawyer. Saat menapaki umur 30 tahun, tepatnya pada 2017, Rizky memasuki dunia politik praktis dengan bergabung dengan PDI Perjuangan.

Pasalnya sang ayah Akmal Budianto mencalonkan diri menjadi Walikota Mojokerto dari PDI Perjuangan. Kesempatan ini juga di manfaatkan untuk menjalin komunikasi dengan masyarakat di Kota Mojokerto. "Saat itu saya juga bagian tim sukses bapak saat pilwali di Kota Mojokerto tahun 2018," ungkap Ketua Taruna Merah Putih Bojonegoro ini.

Ditambahkan, meskipun sempat ada tawaran untuk caleg DPRD Propinsi Jatim untuk Dapil 9 yang meliputi Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Magetan dan Ngawi, tetapi ia lebih memilih Kota Mojokerto untuk pileg 2019 dan setelah ditetapkan sebagai calon tetap ia langsung tancap gas membangun komunikasi dengan semua potensi yang ada di dapil.

"Setelah Pilwali 2018 itu saya membangun komunikasi mulai dari nol dengan tokoh masyarakat, tokoh agama dan pemuda dan semua potensi yang ada di dapil Prajurit Kulon dan Alhamdulillah berhasil," imbuhnya.

Ketua Komisi 2 sekarang ini setelah menjadi angota DPRD dan bertempat tinggal di Kota Mojokerto Rizki akan mewakili aspirasi warga Dapil 3 Kecamatan Prajuritkulon dan warga Kota Mojokerto secara tepat sasaran. Harapannya bisa menjadi pioner milenial Mojokerto untuk tidak apatis dengan politik dan ikut partisipasi dalam gelanggang politik Kota Mojokerto.

"Sebagai anggota DPRD Kota Mojokerto dan representasi dari golongan milenial saya akan menjadi wakil aspirasi masyarakat yang objektif dan tidak berat sebelah dalam satu sisi golongan saja," pungkasnya. [zid/lis]

 

Biodata diri:

Nama : Muhammad Rizki Pancasilawan SH MAP

TTL : Bojonegoro, 09 Oktober 1987

Jabatan :

- Ketua Komisi 2 DPRD Kota Mojokerto

- Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Mojokerto

 

Pengalaman Organisasi :

- HMI Komisariat Unair

- Ketua Taruna Merah Putih Bojonegoro

- Koordinator PA P3MD Kabupaten Bojonegoro

- Pengurus Hipmi Kota Mojokerto.

 

 

Tag : Rizki, DPRD



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat