Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Uang Bisa Membawa Bakteri dan Kuman, Biasakan Cuci Tangan!

blokbojonegoro.com | Monday, 14 December 2020 07:00

Uang Bisa Membawa Bakteri dan Kuman, Biasakan Cuci Tangan!

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Uang kertas maupun koin bisa menjadi tempat pembawa bakteri dan kuman yang potensial. Hal ini karena uang bisa sering kali beralih dari satu tangan ke tangan lainnya.

Melansir dari Insider, uang dapat membawa virus, protozoa, dan bakteri. Sebuah studi bahkan menemukan bahwa 79 persen dari uang kertas satu dolar mengandung jejak kokain.

Studi lain tentang uang dolar di New York mengandung sejumlah besar mikroba aktif. Jenis yang paling umum adalah propionibacterium acnes yakni bakteri penyebab jerawat.

Para peneliti menganalisis satu set uang kertas yang diperoleh dari sebuah bank Manhattan dan menemukan bahwa kedua set itu penuh dengan bakteri.

"Uang berfungsi sebagai fomite, kendaraan mati yang digunakan patogen untuk menyebar," kata Charles Bailey, MD, direktur medis untuk pencegahan infeksi di Providence St. Joseph Health.

Jika Anda menyentuh uang, lalu menyentuh tangan orang lain, Anda dapat menyebarkan kuman kepada mereka. Selain itu, jika Anda menyentuh uang kotor lalu menyentuh kenop pintu, tombol elevator, atau layar sentuh di ATM, Anda juga dapat menyebarkan infeksi.

"Baik uang kertas maupun koin dapat menempelkan kuman tersebut, memberi mereka kesempatan untuk menyebar melalui tangan siapapun yang bersentuhan dengan uang," kata Richard Honaker, MD, seorang dokter pengobatan keluarga di Virginia dan kepala penasihat medis di Your Doctors Online.

Dalam hal ini, Anda bisa mencoba melindungi diri dari kuman yang mungkin bersembunyi di uang. Oleh karena itu, Anda perlu mencuci tangan dengan sabun atau pembersih tangan setelah menyentuh koin atau uang kertas.

*Sumber: suara.com

Tag : pendidikan, kesehatan, uang, bakteri, kuman

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini