07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Jangan Sepelekan, Ini Pentingnya Sikat Gigi Dua Kali Sehari

blokbojonegoro.com | Tuesday, 22 December 2020 07:00

Jangan Sepelekan, Ini Pentingnya Sikat Gigi Dua Kali Sehari

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Tidak hanya membuat gigi menjadi putih, kebiasaan menyikat gigi dua kali sehari juga bisa mengurangi risiko terkena berbagai macam penyakit. Jangan salah, kesehatan gigi dan mulut juga bisa berpengaruh terhadap kesehatan tubuh secara menyeluruh, lho.

Meski terlihat sepele, kebiasaan sikat gigi dua kali sehari harus dilakukan karena beberapa penyakit kronis erat kaitannya dengan kesehatan gigi dan mulut yang buruk. Bahkan, risiko untuk terinfeksi COVID-19 diyakini bisa berkurang jika Anda rutin menyikat gigi dua kali sehari selama 2 menit. Masih belum yakin? Yuk, simak artikel ini!

Manfaat Menyikat Gigi Dua Kali Sehari

Membiasakan diri untuk menyikat gigi di pagi hari dan malam hari menjelang tidur memang disarankan. Pasalnya, kebiasaan ini dapat membawa ragam manfaat bagi kesehatan, yaitu:

1. Mencegah terbentuknya plak

Menyikat gigi dua kali sehari dapat membantu mengangkat sisa makanan dan minuman yang menempel di gigi sehingga mencegah pembentukan plak gigi. Plak gigi merupakan lapisan lengket dan bening pada permukaan gigi yang jika tidak dibersihkan dapat mengeras dan menjadi karang gigi.

2. Mencegah gigi berlubang dan radang gusi

Karena mampu mencegah terbentuknya plak dan karang gigi, kebiasaan menyikat gigi dua kali sehari juga dapat mencegah gigi berlubang. Di samping itu, kebiasaan ini juga bisa menurunkan risiko Anda terkena radang gusi, yaitu tahap awal dari berbagai penyakit gusi.

3. Mencegah bau mulut

Bakteri yang ada pada mulut dapat menghasilkan gas sulfur sehingga bisa menyebabkan bau mulut. Selain itu, bau mulut juga akan meningkat jika Anda menderita sakit gigi atau penyakit gusi yang diakibatkan oleh penumpukan bakteri ini.

Guna mencegah bau mulut, kendalikan jumlah bakteri dalam mulut Anda dengan menyikat gigi dua kali sehari. Bila perlu, gunakan pasta gigi dengan rasa mint agar napas menjadi lebih segar.

4. Mengurangi risiko terkena berbagai macam penyakit

Sikat gigi dua kali secara rutin tidak hanya dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut, tapi juga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Pasalnya, peradangan gusi yang disebabkan oleh bakteri di plak gigi dapat memicu peradangan di bagian tubuh lainnya. Inilah yang menjadi dasar mengapa kesehatan mulut yang buruk bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular dan diabetes.

ak hanya itu, kebiasaan menyikat gigi dua kali sehari selama 2 menit juga diyakini dapat membantu menekan risiko tubuh terinfeksi virus, termasuk virus Corona. Namun, hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Cara Memilih Produk Perawatan Gigi

Agar manfaat sikat gigi dua kali sehari dapat diperoleh secara maksimal, gunakanlah produk perawatan gigi berkualitas. Berikut adalah kriterianya:

Sikat gigi

Pilih sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut dan halus, apalagi jika Anda memiliki gigi sensitif. Sikat gigi berbulu lembut dan halus cenderung tidak mengiritasi permukaan terluar gigi (enamel) sehingga mampu mengurangi risiko munculnya rasa ngilu.

Sikat gigi dengan ujung kepala sikat yang bulat dan mengecil juga disarankan, karena model seperti ini akan memudahkan bulu sikat dalam menjangkau permukaan gigi secara menyeluruh.

Pasta gigi

Pilih pasta gigi yang mengandung fluoride, karena mineral yang satu ini dapat memperkuat enamel gigi dan dapat membantu mencegah gigi berlubang. Sementara agi yang memiliki gigi sensitif, sebaiknya pilih pasta gigi yang dibuat khusus untuk gigi sensitif.

Pasta gigi sensitif mengandung bahan khusus yang tidak mengiritasi enamel gigi. Salah satu contoh bahannya adalah potasium nitrat. Bahan ini mampu menghambat proses munculnya nyeri dan ngilu pada gigi sensitif yang terjadi akibat makanan, minuman, atau rangsangan lainnya.

Kebiasaan sikat gigi dua kali sehari merupakan bagian penting dari menjaga kesehatan gigi dan mulut serta kesehatan tubuh secara menyeluruh. Namun, itu saja tidak cukup. Anda juga harus menyikat gigi dengan cara yang benar dan rutin berkunjung ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali untuk memastikan gigi dan mulut Anda selalu sehat.

*Sumber: aladokter.com

Tag : pendidikan, kesehatan, sikat gigi, gosok gigi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat