Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Peringatan Hari Ibu ke-92

Pemdes Kendung Gelar Pelatihan Pemanfaatan Tanaman Bambu dan Kayu Putih

blokbojonegoro.com | Tuesday, 22 December 2020 16:30

Pemdes Kendung Gelar Pelatihan Pemanfaatan Tanaman Bambu dan Kayu Putih

Kontributor: Uul Lyatin 
 
blokBojonegoro.com - Perayaan Hari Ibu dilakukan sebagai bentuk penghargaan terhadap perjuangan perempuan Indonesia.  Tidak hanya menghargai jasa-jasa dari seorang ibu, tetapi juga untuk perempuan secara menyeluruh. Bahkan di banyak desa, hari Ibu diperingati oleh banyak pihak dengan beragam kegiatan.
 
Di Desa Kendung, Kecamatan Padangan, di Hari Ibu, Selasa (22/12/2020) serasa sangat berbeda karena adanya pelatihan pemanfaatan tanaman lokal. Ini dilakukan guna meningkatkan kesehatan warga setempat.
 
"Pelatihan ini kita adakan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat desa serta memanfaatkan tanaman lokal yang ada di sekitar kita untuk dirubah menjadi minuman herbal," ucap Ulil, selaku pendamping desa. 
 
Selain itu, Ulil juga mengatakan bahwa peserta pelatihan ini di ambil dari unsur pemerintah desa, ibu PKK dan masyarakat umum.
 
Kegiatan ini dilaksanakan di balai Desa Kendung dengan narasumber dari Creative Economy Community (CEC) Bojonegoro, Adib Nurdiyanto, dengan tanaman yang menjadi bahan utama pelatihan ini ialah daun bumbu dan kayu putih.
 
"Beberapa tanaman lokal yang menjadi bahan utama pelatihan ini ialah daun bumbu dan kayu putih. Karena dalam kedua tumbuhan lokal tersebut, kaya akan manfaatnya," ucap Adib selaku narasumber.
 
Selain itu Adib juga berimbuh, bawasannya dua tanaman ini memang banyak tumbuh di desa Kendung. Di tengah Pandemi, kandungan yang ada pada kedua tanaman tersebit seperti tanin dan saponin serta sineol adalah zat yang perlu dikonsumsi masyarakat guna meningkatkan kekebalan tubuh.
 
"Memang sangat penting adanya kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi aneka minuman herbal yang berbahan dasar tanaman lokal guna meningkatkan imun dan bertahan di tengah pandemi seperti saat ini," tandasnya. [uul/ito]

Tag : hari, ibu, kendung, padangan, bojonegoo



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini