13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Dugaan Pencemaran Lingkungan

DPRD Akan Sidak Lokasi, Sampai Agendakan Pertemuan Lanjutan

blokbojonegoro.com | Monday, 28 December 2020 14:00

DPRD Akan Sidak Lokasi, Sampai Agendakan Pertemuan Lanjutan

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Pasca aduan warga Desa Kaliombo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro ke DPRD Kabupaten Bojonegoro. Rencananya wakil rakyat akan melakukan sidak ke lokasi proyek unitisasi lapangan gas Jambaran Tiung Biru (JTB), sekaligus mengagendakan pertemuan lanjutan bersama pihak terkait.

Ketua LBH Akar, Anam Warsito yang mendampingi perwakilan warga Dusun Jambaran, Desa Kaliombo, mengungkapkan, ia ditunjuk sebagai kuasa hukum untuk mendampingi warga karena adanya gangguan bau dan suara yang ditimbulkan dari proyek migas.

"Masyarakat was-was karena takut dikhawatirkan bisa keracunan bahkan sampai menghilangkan nyawa. Gangguan bau dan suara keras sudah berlangsung 4 bulan," terang Anam di ruang komisi A DPRD Kabupaten Bojonegoro, Senin (28/12/2020).

Menurutnya, suara tersebut semakin kencang terdengar keras saat malam hari, sehingga masyarakat tidak bisa tidur dengan nyenyak. Bahkan balita maupun anak-anak merasa trauma adanya suara keras tersebut.

"Kita ditinjuk melakukan pendampingan dan advokasi adanya ekplorasi agar tidak terjadi dampak di masyarakat yang dilakukan PEPC maupun Rekind," terangnya.

Mantan ketua DPD KNPI Kabupaten Bojonegoro menambahkan, harapannya masyarakat Desa Kaliombo, pemerintah kabupaten meninjau ulang izin lingkungan, apabila dalam pelaksanaan eksploitasi mengganggu lingkungan. Sekaligus izin bisa dicabut, supaya proyek dipindahkan atau dihentikan karena mengganggu masyarakat.

"Warga mengadu ke DPRD. Sebab masyarakat saat mengadu ke PEPC ataupun Rekind, mereka memberikan jawaban kurang memuaskan dan seakan tidak bertanggungjawab," papar Anam yang juga mantan sekretaris Komisi A DPRD Kabupaten Bojonegoro itu.

Anam juga mengapresiasi Komisi A DPRD Kabupaten Bojonegoro yang telah memfasilitasi aduan masyarakat. Aduan ini sesuai undang-undang dasar 1945 sebagai konstitusi negera yang mengatur hal-hal paling fundamental dan merupakan komitmen negera, untuk melindungi hak-hak seluruh warga negera Indonesia. Diantaranya hak untuk hidup serta mempertahankan kehidupan dan kehidupannya yang diatur dalam pasal 28(A). Selain itu negera juga menjamin setiap warga negera untuk bertempat tinggal dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat, sesuai pasal 28H ayat (1).

Sementara itu sekretaris Komisi A, Miftakhul Huda mengucapkan terimakasih atas aduan yang disampaikan kepada wakil rakyat. Setelah ini akan mengagendakan sidak kelapangan, termasuk hearing di DPRD dengan mengundang semua pihak termasuk SKK Migas, Dinas Lingkungan Hidup dan lainnya, serta datang ke kantor PEPC maupun SKK Migas di Jakarta.

"Selain itu forum masyarakat Kaliombo ini juga mengkaji semua aspek, baik aspek infrastruktur, ekonomi, pendidikan dan lainnya terkait adanya dampak eksplorasi migas itu," harapnya.

Secara terpisah, hingga berita peristiwa ini diunggah, operator lapangan gas JTB, PEPC sudah dikonfirmasi, dan masih menunggu jawaban lebih lanjut. [zid/ito]


Tag : dugaan, pencemaran, lingkungan, jtb, bojonegoro, kaliombo



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat