Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Diguyur Hujan Deras, 15 Desa di 6 Kecamatan Diterjang Banjir

blokbojonegoro.com | Thursday, 31 December 2020 18:00

Diguyur Hujan Deras, 15 Desa di 6 Kecamatan Diterjang Banjir

Reporter : Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Sebanyak 15 Desa di 6 Kecamatan di Kabupaten Bojonegoro terendam banjir. Banjir sendiri, disebabkan derasnya hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah Kabupaten Bojonegoro tadi malam.

15 Desa tersebut meliputi, Desa Karangdinoyo, Desa Pandanwangi dan Desa Mejuwet di Kecamatan Sumberrejo, Desa Woro, Desa Tlogorejo, Desa Bumirejo, Desa Sugihwarasa, Desa Sumbergede dan Desa Sumberagung di Kecamatan Kepohbaru, Desa Simbatan dan Desa Pesen di Kecamatan Kanor, Desa Genjor di Kecamatan Sugihwaras, Desa Jumput di Kecamatan Sukosewu dan Desa Kedaton Kecamatan Kapas.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro, Nadif Ulfia mengatakan, penyebab banjir yang menggenangi 15 desa di 6 Kecamatan tersebut selain disebabkan oleh curah hujan yang tinggi, juga disebabkan oleh Sungai yang berada dimasing-masing wilayah terdampak tidak kuat menahan volume air yang sangat banyak.

"Untuk Desa di Kecamatan Sumberrejo disebabkan meluapnya Sungai Rancang, Desa di Kecamatan Kepohbaru karena meluapnya Sungai Kerjo, Desa di Kecamatan Kanor disebabkan meluapnya Sungai Mekuris, sedangkan Desa di Kecamatan Sugihwaras, Sukosewu dan Kapas karena meluapnya Sungai Gangang," ungkapnya, Kamis (31/12/2020).

Dirinya juga menjelaskan, dampak akibat adanya banjir tersebut menyebabkan jalan Desa, Jalan Poros Kecamatan, 197 rumah warga dan 713 hektar lahan pertanian mulai dari tanaman padi berusia 25 hari sampai 55 hari terendam banjir dengan ketinggian yang bervarisasi mulai dari 50 cm sampai 1 meter.  Selain itu, juga menyebabkan jebolnya tiga titik tanggul Sungai Kerjo.

"Untuk kondisi saat ini sudah memang sudah surut, tetapi kita mengimbau agar masyarakat tetap waspada karena mengingat hari ini juga berpotensi hujan," pungkasnya.[din/ito]

Tag : banjir, bojonegoro, kecamatan, sumberrejo



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini