19:00 . Ratusan Penari Thengul Meriahkan Kemah Budaya   |   18:00 . Dies Natalis, Bupati Bojonegoro Terima Penghargaan dari Unesa   |   17:00 . Disperinaker Bojonegoro Belum Terima Data Naker JTB Terbaru   |   16:00 . Semarak Bulan Kemerdekaan, PEPC JTB Gelar Sepakbola Persahabatan   |   15:00 . Turun Lagi, Harga Emas Ukuran 0,5 Gram Kini Dipatok Rp544.000   |   14:00 . Semarak HUT RI Ke-77, Perhutani KPH Parengan Gelar Lomba Karaoke   |   13:00 . 988 Siswa Madrasah Se-Kabupaten Bojonegoro Ikuti Kompetisi Sains Madrasah   |   10:00 . Meriahnya Kemah Budaya Bareng Kampoeng Thengul   |   09:00 . Condromowo Kalahkan Sumurgung Legend di Fun Football Talun 2022   |   08:00 . Prakiraan Cuaca di Kabupaten Bojonegoro Hari Senin   |   07:00 . Gula Bikin Ketagihan, Inilah 4 Kondisi Umum yang Membuat Kamu Ingin Makanan Manis   |   20:00 . Dua Kali diguyur Hujan, Peserta Jamcab XII Bojonegoro Tetap Semangat   |   19:00 . Meriah, 200 Penari Thengul Warnai Kemah Budaya Margomulyo 2022   |   18:00 . Bangkitkan Kreatifitas, SMK Taruna Balen Adakan Kontes Modifikasi Motor   |   15:00 . Peringatan Hari Pramuka, Kwarcab Bojonegoro Gelar Jambore Cabang   |  
Mon, 15 August 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Produsen Tahu Keluhkan Kenaikan Harga Kedelai

blokbojonegoro.com | Thursday, 31 December 2020 11:00

Produsen Tahu Keluhkan Kenaikan Harga Kedelai

Kontributor: Uul Lyatin

blokBojonegoro.com - Produsen tahu seakan-akan mendapat tamparan di pengunjung akhir tahun ini. Selain menghadapi penurunan ekonomi karena pandemi, kini ia harus menghadapi harga kedelai yang merangkak naik.

Harga kedelai yang merangkak naik kisaran kurang lebih Rp2.500, meresahkan banyak produsen tahu. Harga kedelai yang sebelumnya hanya Rp7.000 kini menjadi Rp9.500 dalam satu kilogramnya.

Seperti yang dikeluhkan oleh Mamidah, salah satu produsen tahu berasal dari Ledokkulon Bojonegoro. Ia mengatakan bahwa semenjak harga kedelai merangkak naik, kini ia harus memikirkan penjualannya agar tetap stabil seperti biasanya.

"Harga kedelai naik, namun harga tahu yang dijual tetap harus sama. Pembeli pasti tidak mau kalau harga tahu juga ikut dinaikkan, jadi ya pasrah aja. Harus pandai dalam mengatur penjualan saat seperti ini," ungkapnya.

Selain diresahkan karena harga kedelai, Mamidah juga mengeluhkan karena pembuatan tahu juga membutuhkan minyak goreng dan kayu bakar. Kini harga minyak goreng dan kayu bakar juga naik di pasaran.

Mamidah selaku produsen tahu harus bertahan berjualan meski harga kedelai merangkak jauh. Ia mengungkapkan, cara mengatasi penjualan tahu agar tetap stabil yaitu dengan mengurangi sedikit ukuran tahu.

"Karena harga tahu tidak mungkin untuk dinaikkan, jadi saya mengurangi porsi dan ukuran tahu yang biasa saya buat, dengan begitu saya harus meminimalir secara tepat agar tidak rugi," imbuhnya.

Mamidah yang biasanya menjual tahu kecil dari harga Rp1.000 hingga tahu besar harga Rp7.000, kini ia hanya menjual tahu kecil dan sedang saja. Ia mengurangi penjualan tahu besar karena dirasa kurang seimbang dengan pengeluarannya.

Dalam setiap harinya ia menghabiskan 6 kilogram kedelai untuk diolah menjadi 1.5 krendeng tahu. Ia menjual di Pasar Kota Bojonegoro. Mamidah berangkat dari rumah mulai pukul 04.00 pagi dan akan pulang jika tahu sudah habis semua.

"Dalam satu hari saya harus menghabiskan semua tahu yang saya olah. Karena kalau tidak habis nanti tahunya tidak bisa dijual esok lagi. Jadi dalam 1 hari wajib menghabiskan semua tahu yang saya olah. Tolong juga sampaikan keluhan kita selaku produsen tahu agar harga kedelai cepat stabil seperti seblumnya," tandasnya. [uul/lis]

 

Tag : Tahu, harga, n, na



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat