07:00 . Dear Parents, Ini Lima Langkah Mendidik Anak Cerdas dan Sukses di Masa Depan   |   21:00 . Pengalaman Meresahkan Saat Nomor Dijaminkan Orang Asing untuk Pinjol   |   20:00 . Jagung Mahal Saat Panen Raya,Petani Senang   |   19:00 . Sukseskan Vaksinasi Lansia, Banjarsari Gunakan Bus Tayo untuk Antar Jemput   |   18:00 . Brain Challenge, Sarana Asah Kemampuan Logika Generasi Milenial   |   17:00 . Wabup Dukung Kampung Tangguh Covid dan Narkoba di Bojonegoro   |   16:00 . Kecelakaan di Sukowati, Pemotor Meninggal Seketika   |   16:00 . Varian Baru Covid Ditemukan di Bojonegoro Bupati Imbau Warga Patuhi Prokes   |   15:00 . Pembeli di Giant Keluhkan Diskon, Harga Masih Mahal   |   14:00 . Kesulitan Meyakinkan Pemilik Toko, Usaha IRT ini Sukses Melalui Sosial Media   |   12:00 . 1 Warga Bojonegoro Terkonfirmasi Positif Virus Covid-19 Varian Baru   |   10:00 . Berikut ini Peraih Nilai Tertinggi 37 Kursi Perangkat Desa di Kecamatan Sumberrejo   |   07:00 . Akibat Tertutup Masker, Anak-Anak Kesulitan Membaca Emosi   |   06:00 . 8 Pasien Sembuh, Kasus Baru Tambah 10 Orang   |   20:00 . Upaya Preventif Pernikahan Dini Bisa Dilakukan Mulai dari Keluarga   |  
Thu, 17 June 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bisa Menampung Sampai 700 Ekor Sapi, Pasar Hewan Segera Dibangun

blokbojonegoro.com | Saturday, 09 January 2021 14:00

Bisa Menampung Sampai 700 Ekor Sapi, Pasar Hewan Segera Dibangun

Reporter : Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Perdagangan, Keperasi dan Usaha Mikro memastikan Pasar Hewan yang terletak di Desa Kedungbondo, Kecamatan Balen akan dibangun pada tahun 2021. Rencananya, pembangunan pasar tersebut dimulai pada Maret mendatang.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Bojonegoro, Sukaemi mengatakan, pembangunan pasar hewan di Desa Kedungbondo nantinya berdiri di lahan milik Pemkab Bojonegoro dengan luas 1,3 hektar. Serta, mampu menampung sampai 700 ekor sapi dan juga kambing.

"Jika nantinya sudah jadi, pasar hewan yang berada di Kota akan kami pindah ke Desa Kedungbondo, mengingat Pasar Hewan yang berada di dalam kota sudah tidak memungkinkan, lantaran kumuh dan dekat penduduk, sehingga untuk pengembangan tata toka, nantinya diletakkan di tanah milik Pemkab Bojonegoro di Desa Kedungbondo Kecamatan Balen," ujarnya.

Pria yang akrab disapa Kemmi tersebut menjelaskan, bahwa Pasar Hewan Bojonegoro yang baru ini akan dibangun dengan kosnep tebuka, seperti pasar hewan sebelumnya. Sedangkan untuk pengelolaan limbah atau kotoran hewan, akan dibuat saluran pembuangan kotoran yang langsung masuk ke Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).

Tak hanya itu, nantinya juga bakal dibangun Paviliun untuk para pengunjung, baik bagi penjual maupun pembeli. Sehingga para pengunjung tidak kepanasan atau kehujanan dan bisa mengelompok di satu lokasi.
 
"Kita modifikasi karena hewan yang ada itu kan mengeluarkan kotoran, sehingga tidak perlu ada atap, terus di sela-sela harus ada pohon sebagai penetralisir dari kotoran itu. Nanti juga kita buatkan saluran pembuangan kotoran sapi yang langsung masuk ke IPAL," terang mantan Camat Tambakrejo ini.

Ia juga menuturkan, perencanaan revitalisasi Pasar Hewan Bojonegoro sebenarnya telah dilakukan pada tahun 2020 kemarin. Rencananya pada bulan Januari 2021 ini akan diadakan lelang, sehingga pada bulan Maret 2021 diharapkan sudah mulai dibangun.

Untuk anggaran sendiri, Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro telah menggarkan sebesar 5 Miliyar pada tahap pertama. Sedangkan untuk tahap kedua nantinya menunggu P-APBD pada Bulan Agustus mendatang.

"Anggarannya kita bagi dua tahap, untuk anggaran tahap kedua kita masih menunggu P-APBD terkait besaranya dan kita targetkan pada tahun depan sudah bisa digunakan. Bahkan, kita juga sangat optimis tahun ini selesai, mengingat kita juga bisa membangun pasar Banjarejo dengan dua lantai hanya dengan kurun waktu 5 bulan saja," pungkasnya.[din/ito]

Tag : pasar, hewan, bojonegoro, balen

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Monday, 31 May 2021 12:00

    Rekrutmen CPNS dan PPPK Bojonegoro 2021

    Pendaftaran CPNS dan PPPK Ditunda

    Pendaftaran CPNS dan PPPK Ditunda Sesuai dengan Surat Kepala BKN bernomor 4761/B-KP.03/SD/K/2021 tanggal 28 Mei terkait beberapa peraturan penundaan pendaftaran CPNS maupun PPPK yang belum di tetapkan oleh pemerintah serta masih ada beberapa usulan revisi...

    read more