07:00 . Ibu Hamil Harus Tahu, Kondisi Silent Killer Ini Bisa Sebabkan Komplikasi Kehamilan   |   19:00 . Liga Kacabdin Bojonegoro Wadahi Siswa Berkompetisi   |   18:00 . Halal Bi Halal, PAC ISNU Balen Mantapkan Program Kerja   |   14:00 . Libur Waisak, Harga Logam Mulia Antam Naik   |   12:00 . Masih Membludak Antre Tiket Bioskop Film KKN Desa Penari   |   11:00 . PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Kedewan Masa Bakti 2021-2023 Resmi Dilantik   |   10:00 . Pemkab Renovasi Jembatan Penghubung Kecamatan Temayang dan Sugihwaras   |   09:00 . 1 Siswa SMA di Bojonegoro Tak Lulus Ujian   |   08:00 . Bernostalgia Bareng Tamiya, Ini Tips dan Perawatannya   |   07:00 . Sering Berkeringat di Malam Hari Saat Tidur? Bisa Jadi Anda Mengalami 5 Kondisi Ini   |   18:00 . Ular Sanca Kembang Ditemukan di Pekarangan Warga Banjarsari   |   17:00 . Tak Terima Diejek, Anak 13 Tahun Bacok Teman Mainnya   |   15:00 . Bentor, Sarana Transportasi Alternatif Saat Terjebak Hujan di Terminal   |   09:00 . Apa itu Nasolabial Fold? Bagaimana Cara Mencegahnya?   |   08:00 . Mendag Lutfi Bahas Pemulihan Ekonomi Kawasan Bersama Negara-Negara ASEAN   |  
Tue, 17 May 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Perkuat Intelektual, Ansor Bojonegoro Diskusi Demokrasi

blokbojonegoro.com | Thursday, 14 January 2021 20:00

Perkuat Intelektual, Ansor Bojonegoro Diskusi Demokrasi

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Bojonegoro, berupaya memperkuat intelektual keanggotaannya. Sehingga badan otonom (Banom) NU yang mengakomodir pemuda Nahdilyin, menggelar diskusi demokrasi.

Kegiatan yang dikemas 'koidahan' berlangsung di Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bojonegoro, Rabu (13/1/2021), diikuti anggota Ansor. Hadir sebagai Narasumber Komisioner Bawaslu setempat, Dian Widodo dan ketua PC GP Ansor Bojonegoro, Mustakim.

Ketua PAC GP Ansor Kota Bojonegoro, Heri Puji Santoso menuturkan, koidahan yang digagas oleh sahabat-sahabat Ansor Kota (sebutan untuk PAC Bojonegoro) bukanlah hal baru. Pasalnya aktifitas seperti ini sudah ada sejak awal berdirinya NU untuk pengembangan jemaah dan jam'iyah.

"Yakni tasywirul afkar yg digagas oleh mbah wahab pendiri Ansor termasuk yang dilanjutkan dengan sebutan Fordem (Forum Demokrasi) yang diinisiasi Gus Dur," tuturnya.

Dijelaskan, munculnya koidahan tidak lebih dari sekadar melanjutkan pemikiran dan gerakan-gerakan pendahulu kita, hanya namanya saja yang beda. Menurutnya, kegiatan yang memang dikhususkan sebagai ajang silaturrohim ini, akan memuat isu-isu dan topik aktual yang kontekstual.

Sebab Ansor bukan hanya membahas ritual keagamaan, namun lebih dari itu, isu-isu kemanusiaan yang menjadi esensi agama, harus selalu diperjuangkan. PAC Ansor Kota Bojonegoro berharap kedepan budaya diskusi dan literasi di kota tidak berhenti hanya di sini saja, masyarakat urban tentu butuh tawaran-tawaran ide dan gagasan yang lebih menarik.

"Maka kami meyakini ijtihad yang kami lakukan ini belum tentu salah juga belum tentu benar, sebab ijtihad adalah nilai sebuah perjuangan, pasti akan ada hikmah dari ini semua," terang Kaji Heri panggilan Heri Puji Santoso.

Sementara itu ketua PC GP Ansor Kabupaten Bojonegoro, Mustakim menyampaikan, politik adalah alat untuk mencapai keadilan dan kesejahteraan bersama. Tapi akhir-akhir ini politik yang mestinya mempunya arti nilai mulia, menjadi preseden buruk dan sikap apatis bagi masyarakat kebanyakan, tentu ini disebabkan oleh persepsi yang salah.

Sahabat Takim juga memberikan semangat ke kader-kader Ansor Kota, bahwasannya tidak ada manusia hidup tanpa politik. "Perdagangan, perkumpulan, pendidikan dan semacamnya adalah manifestasi dari konsesi politik, maka tindakan apolitik adalah sikap yang tidak benar, mencidrai perjuangan," sebut mantan Ketua DPD KNPI Kabupaten Bojonegoro itu.

Kegiatan yang mematuhi protokol kesehatan Covid-19memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan, berlangsung dinamis. Banyak peserta bertanya dan menyampaikan pendapat untuk berdiskusi, usai pemaparan.

Sedangkan Narasumber dari komisioner Bawaslu Bojonegoro, Dian Widodo memaparkan topik 'Pelanggaran dalam Pelaksanaan Pemilu' sesuai divisinya. [zid/lis]

Tag : Ansor, diskusi, demokrasi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 08 May 2022 13:00

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan keluarga besar Blok Media Group (BMG). Kali ini adalah Reporter blokBojonegoro.com, Lizza Arnofia Choirunnisa yang hari ini melangsungkan upacara resepsi pernikahan dengan pujaan hatinya....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat