21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   14:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |   07:00 . Ramadan, BRI Group Salurkan 128 Ribu Paket Sembako Ke Seluruh Penjuru Negeri   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Jangan Terlewat, Ini 7 Jenis Buah yang Baik Dikonsumsi saat Hamil

blokbojonegoro.com | Friday, 15 January 2021 07:00

Jangan Terlewat, Ini 7 Jenis Buah yang Baik Dikonsumsi saat Hamil

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Saat hamil, sayur dan buah adalah makanan yang wajib dikonsumsi untuk memenuhi nutrisi selama kehamilan. Meski pada dasarnya semua buah-buahan baik dikonsumsi, ada beberapa jenis buah yang memang disarankan untuk ibu hamil lantaran kandungan vitamin dan mineral yang dimilikinya.

Dilansir dari Healthline, ini dia 7 jenis buah yang baik dikonsumsi saat hamil.

1. Jeruk
Jeruk dapat membantu ibu hamil agar tetap terhidrasi. Selain itu, jeruk merupakan sumber folat atau asam folat yang baik untuk tubuh. Folat merupakan vitamin B yang sangat penting dalam membantu mencegah kerusakan otak dan sumsum tulang belakang atau disebut juga dengan spina bifida.

American College of Obstetrics and Gynecology (ACOG) merekomendasikan untuk mengonsumsi setidaknya 600 mcg asam folat per hari saat hamil. Jeruk juga dipercaya sebagai sumber vitamin C yang membantu mencegah kerusakan sel, serta membantu tubuh Anda menyerap zat besi yang mencegah anemia.

2. Mangga
Mangga dipercaya sebagai sumber vitamin C yang baik untuk kesehatan. Selain itu, mangga juga mengandung vitamin A yang tinggi. Dikatakan bahwa kekurangan vitamin A dapat berdampak pada kekebalan tubuh yang rendah dan risiko komplikasi yang lebih tinggi, seperti diare dan infeksi saluran pernapasan.

3. Alpukat
Alpukat mengandung berbagai macam nutrisi seperti vitamin B, C, K, serta mineral kolin, magnesium, dan kalium. Oleh karena itu, alpukat sangat baik untuk dikonsumsi saat hamil. Selain itu, alpukat juga dapat membantu meredakan mual saat hamil karena kandungan magnesium dan kalium di dalamnya.

Kalium juga dapat membantu meredakan kram kaki, masalah yang kerap dialami ibu hamil. Kram kaki sering kali disebabkan oleh rendahnya kalium dan magnesium. Kolin juga penting untuk perkembangan otak dan saraf bayi. Kekurangan kolin dapat menyebabkan cacat tabung saraf dan gangguan memori seumur hidup.

4. Lemon
Dalam sebuah studi tahun 2014, ibu hamil melaporkan beberapa keberhasilan dalam menggunakan lemon atau aroma lemon untuk membantu meredakan mual terkait kehamilan. Selain itu, lemon juga tinggi vitamin C yang berguna untuk memperlancar sistem pencernaan dan meredakan sembelit.

5. Pisang
Pisang merupakan sumber kalium yang tinggi. Buah berwarna kuning ini juga mengandung vitamin B6, vitamin C, dan serat. Penelitian pada 2014 menunjukkan, vitamin B6 dapat membantu meredakan mual dan muntah di awal kehamilan.

6. Buah beri
Buah beri seperti blueberry, raspberry, stroberi, blackberry, dan goji berry mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi tubuh. Buah-buahan ini juga mengandung karbohidrat yang memberi energi yang sangat dibutuhkan, dan mereka dengan mudah melewati plasenta untuk memberi makan bayi.

7. Apel
Apel kaya akan serat dan sumber vitamin C. Apel juga mengandung vitamin A, potasium, dan pektin yang yang berfungsi untuk memberi makan bakteri baik di usus. Oleh karena itu, mengonsumsi apel, sangat bagus untuk tubuh.

*Sumber: suara.com

Tag : pendidikan, kesehatan, hamil, kondiri ibu hamil, buah untuk ibu hamil



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat