22:00 . Membangun Brand di Era Digital? Ikuti Acara dan Tekniknya di Webinar ini...   |   21:30 . Giliran Stikes Rajekwesi dan Muhammadiyah Bojonegoro Ikuti KADIN Goes to Campus   |   21:00 . Angin Kencang Terbangkan Kubah Masjid di Kedungadem   |   20:00 . Meriah, Rangkaian Peringatan HSN UNU Giri Berlangsung Khidmat   |   19:00 . Peringatan HSN Bupati Bojonegoro Beri Penghargaan 7 Santri Berprestasi   |   18:00 . Peringati HSN, PAC ISNU Balen Ziarahi Makam Tokoh NU   |   12:00 . Mendag: Indonesia Jadi Pusat Industri Produk Halal dan Kiblat Fesyen Muslim Dunia   |   09:00 . Jum'at Berkah Roemantis: Razia Perut Lapar   |   07:00 . Cegah Anak Kecanduan Internet, Orangtua Wajib Jalankan 5 Peran Ini di Rumah   |   22:00 . Menkop dan UKM RI Sebut Vaksinasi Cara Cepat Pulihkan Perekonomian   |   21:00 . Aktif Tanangani Covid-19, Polres Dan Kodim Terima Penghargaan di HJB   |   20:00 . PKB Bakti untuk NU   |   19:00 . HSN dan Bakti NU, PKB Gelar Baksos di Baureno   |   18:00 . Sabtu, Muhammadiyah Gelar Vaksinasi di 8 Titik   |   17:00 . Kadin Bojonegoro Goes to Campus STAI At-Tanwir dan UNU Sunan Giri   |  
Sat, 23 October 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Begini Alur Pelayanan Vaksinasi di Fasilitas Kesehatan

blokbojonegoro.com | Sunday, 24 January 2021 11:00

Begini Alur Pelayanan Vaksinasi di Fasilitas Kesehatan

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro di awal bulan Februari, pada tahap pertama akan mendapatkan jatah sebanyak 8.786 vaksin. Pihaknya juga telah menyiapkan 48 fasilitas kesehatan dengan pembagian 36 puskesmas, 10 rumah sakit dan 2 klinik.

Dari informasi yang diperoleh blokBojonegoro.com melalui Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bojonegoro, Masirin, terkait arahan vaksinasi untuk Nakes di Kabupaten Bojonegoro dijadwalkan masuk pada bulan Februari mendatang. Sebab sebelumnya di gelombang pertama bulan Januari tengah dijadwalkan untuk 3 Kota/Kabupaten prioritas di Jawa Timur.

"Arahan dari Kemenkes sendiri vaksin gelombang pertama prioritas Nakes dijadwalkan awal Februari tiba di Bojonegoro," terang Masirin.

Sementara itu, sebanyak 48 Faskes yang menjadi rujukan vaksinasi di Kabupaten Bojonegoro tengah mempersiapkan vaksinasi. Baik dari tahapan sosialisasi, persiapan tempat dan bahan medis baik penunjang pelayanan, sarana penunjang seperti komputer, laptop dan sebagainya.

Kepala Puskesmas Wisma Indah Bojonegoro, dr. Fifin Erliana, menyatakan, ada beberapa alur pelayanan vaksinasi Covid-19. Diantaranya alur kedatangan berupa mewajibkan calon penerima vaksin untuk mematuhi protokol kesehatan (mencuci tangan, mengukur suhu tubuh dan menjaga jarak), kedua meja pertama terkait pengisian pendaftaran calon penerima vaksin hingga croscek data berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Di tahapan ketiga berupa screening dengan memastikan tidak ada kontra indikasi/baik riwayat penyakit penyerta maupun sembuh dari Covid-19. Hingga proses penyuntikan vaksinasi kepada calon penerima.

"Ada beberapa alur pelayanan proses vaksinasi, diantaranya menerapkan prokes hingga proses screening dan penyuntikan," ucap Kepala Puskesmas Wisma Indah Bojonegoro.

Pihaknya juga berharap, dengan adanya vaksinasi ini diharapkan mampu menekan penyebaran virus covid-19 di Kabupaten Bojonegoro. Baik bagi Nakes secara pribadi maupun masyarakat umum. [liz/lis]

 

 

Tag : Vaksinasi, nakes, pemkab, nakes, vaksin, vaksinasi, ingat pesan ibu, jaga jarak, hindari kerumunan, cuci tangan pakai sabun, satgas covid 19, covid



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat