19:00 . Viral Pengantin Nikah Saat Banjir, Netizen: Doa Mantan Terkabulkan   |   18:00 . Viral, Warga Sukosewu Langsungkan Pernikahan di Tengah Banjir   |   15:00 . Ini Tips Tetap Bugar dan Tingkatkan Imun Ala Tirta Ayu Spa   |   13:00 . Pernikahan Dini Marak, APPA dan PA Bojonegoro Bersinergi Bersama   |   11:00 . Inilah Nama Pemenang Fashion Street Fruit and Veggie Competition   |   10:00 . Pemkab Bojonegoro Raih Penghargaan Insan UPG dari KPK   |   09:00 . Teknologi Informasi dan Komunikasi Berkembang, Jurnalis Harus Adaptasi dengan Tantangan   |   21:00 . Pengunjung BNFF Tumpah Ruah   |   18:00 . STIKES Rajekwesi Bojonegoro Borong Dua Juara   |   16:00 . Strategi Pertamina Menjaga Pasokan Energi Nasional   |   15:00 . SHU Pertamina Gelar Media Gathering Regional Indonesia Timur   |   14:30 . Unugiri Bojonegoro Gelar Empat Kali Prosesi Wisuda Selama Dua Hari Berturut-turut   |   14:00 . Pemdes Berharap Ada Bantuan Makanan dan Bahan Pokok untuk Warganya   |   13:00 . Kado Hari Guru Nasional, FTBM Bojonegoro Launching 11 Buku Karya Guru PAUD Bojonegoro   |   12:00 . Berlangsung Khidmat, STAI Attanwir Gelar Wisuda 145 Mahasiswa   |  
Mon, 28 November 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bulog Bojonegoro Pastikan Stok Beras Aman Sampai 6 Bulan Kedepan

blokbojonegoro.com | Monday, 25 January 2021 10:00

Bulog Bojonegoro Pastikan Stok Beras Aman Sampai 6 Bulan Kedepan *Foto ilustrasi insert.net

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Badan Usaha Logistik (Bulog) Sub-Divisi Regional (Divre) Bojonegoro memastikan pasokan beras cukup untuk memenuhi kebutuhan hingga enam bulan ke depan. Sebab, hingga tanggal 18 Januari 2021, stok beras yang dimiliki Bulog masih sekitar 20.244 ribu ton.

Wakil Pimpinan Bulog Cabang Bojonegoro, Hendra Kurniawan mengungkapkan, stok tersebut terbilang aman melihat rata-rata kebutuhan penyaluran rutin. Menurutnya, penyaluran beras yang rutin dilakukan Bulog saat ini adalah untuk ketersediaan pasokan Cadangan Beras Pemerintah (CBP).

"CBP sendiri merupakan pasokan cadangan untuk sebuah bencana alam, seperti banjir dan itupun jenis berasnya kualitas medium," ungkapnya.

Hendra mengatakan, bahwa Bulog Sub-Divisi Regional (Divre) Bojonegoro menaungi tiga Kabupaten, yaitu Bojonegoro, Tuban dan Lamongan. Sedangkan, setiap tahunya Bulog menyediakan kuota sebanyak 100 ton untuk masing-masing daerah setiap tahunya.

Tak hanya itu, Bulog juga turut menyalurkan beras untuk program Bantuan Sosial (Bansos) dari Provinsi, namun Bulog tidak menjadi penyalur tunggal tetapi bersaing dengan distributor lain. Tak hanya itu, beras yang disiapkan untuk penyaluran lain seperti untuk ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) atau yang biasa dikenal dengan operasi pasar.

"Kuota tersebut sifatnya stimulan, kalau jatah tersebut diambil atau tidak diambil, kuotanya tetap 100 ton setiap tahunya dan untuk kuota Kabupaten Lamongan tahun ini sudah diambil untuk bantuan bencana banjir kemarin. Sedangkan untuk Bojonegoro dan Tuban belum," kata dia.

Lebih lanjut, pihaknya pun memastikan bahwa Bulog masih terus melakukan penyerapan/pengadaan beras petani. Meski begitu, Hendra mengatakan hingga saat ini Bulog belum melakukan penyerapan, namun pihaknya menargetkan penyerapan atau pengadaan sebesar 26.437 ton.

"Kita belum membuka pengadaan beras pada tahun ini, karena stok masih ada dan kita menargetkan penyerapan atau pengadaan sebesar 26.437 ton pada tahun 2021 ini," ujarnya.

Sementara itu, sepanjang tahun 2020 lalu, Bulog Sub-Divisi Regional (Divre) Bojonegoro juga telah merealisasikan KPSH sebesar 15.022 ribu ton dan melakukan penyerapan sebesar 12.538 ribu ton. [din/mu]

 

Tag : bulog, bulog sub divre bojonegoro, bansos, beras, stok beras



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat