Fri, 22 November 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Mahasiswa IKIP Bojonegoro Buat Aplikasi Android untuk Media Pembelajaran

blokbojonegoro.com | Wednesday, 27 January 2021 21:00

Mahasiswa IKIP Bojonegoro Buat Aplikasi Android untuk Media Pembelajaran Tampilan aplikasi milik salah satu mahasiswa

Reporter: Uul Lyatin

blokBojonegoro.com - Pada semester lima, mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, IKIP PGRI Bojonegoro menempuh matakuliah media pembelajaran. Pada matakuliah ini, ada beberapa materi yang dipelajari, di antaranya, yaitu tentang media grafis, media audio, media visual, media audio visual, media tiga dimensi, media proyeksi, komputer, dan internet sebagai media pembelajaran jarak jauh. 

Pada tugas akhir matakuliah media pembelajaran, Dosen pengampu, Cahyo Hasanudin M.Pd. mewajibkan mahasiswa untuk membuat media pembelajaran berbasis aplikasi android. Pembuatan aplikasi ini sebagai bahan ajar siswa di jenjang pos PAUD hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).

"Oleh karena itu, pembuatan aplikasi ini harus didasarkan pada Kompetensi Dasar yang ada di jenjang sekolah tersebut. Pembuatan Aplikasi ini juga didampingi Akhmad Anggoro, S.Kom., M.Eng. Dosen IKIP PGRI Bojonegoro," ujarnya.

Pada akhir matakuliah media pembelajaran, mahasiswa tidak hanya dibekali dengan kompetensi akademik, namun mereka dibekali dengan keterampilan dalam membuat media pembelajaran baik dalam bentuk media pop up book 3D, media berbasis audio visual hingga media berbasis android. 

"Dengan demikian. Setelah menempuh matakuliah ini, mahasiswa benar-benar memiliki kemampuan komprehensif dalam membuat media pembelajaran. Pembuatan media ini sebagai bekal mahasiswa saat mereka menjadi guru nanti," tambah Cahyo.

Pada pembuatan media pembelajaran berbasis android ini, dosen pengampu metakuliah membuat kompetisi. Kompetisi ini sebagai wujud apresiasi kepada mahasiswa yang membuat media pembelajaran dengan kategori baik dari segi isi, tampilan dan menu yang ada pada aplikasi. Kompetisi ini hanya mengambil 10 terbaik dari kelas A dan kelas B.

Ada beberapa kendala dan tantangan dalam pembuatan aplikasi ini. Lilik Harianti selaku peringkat satu dalam kompetisi pembuatan media ini mengatakan, kendalanya di antaranya masalah animasi yang terkadang tidak pas, suara muncul tetapi gambar tidak muncul begitu juga sebaliknya.

"Biasanya, setelah diconvert antara tombol dan tulisan tidak sesuai," paparnya. [lis]

Tag : Aplikasi, materi, pembelajaran



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.