11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |  
Fri, 19 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sebanyak 31.390 Siswa SMA/SMK dan SLB di Bojonegoro Terima BPOPP

blokbojonegoro.com | Monday, 01 February 2021 16:00

Sebanyak 31.390 Siswa SMA/SMK dan SLB di Bojonegoro Terima BPOPP

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Wilayah Bojonegoro, memastikan Biaya Penunjang Operasional Penyelenggaraan Pendidikan (BPOPP) tahap pertama Bulan Januari, triwulan pertama tahu 2021 telah cair. Bantuan tersebut, diberikan kepada 31.390 siswa di Bojonegoro.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Bojonegoro, Adi Prayitno menjelaskan, pencairan BPOPP diberuntukan untuk 122 lembaga SMA/SMK dan Sekolah Luar Biasa (SLB) negeri saja. 122 lembaga tersebut meliputi 49 SMA, 61 SMK dan 12 SLB.

"Dana BPOPP tersebut sudah masuk ke rekening masing-masing sekolah per 19 Januari 2021 lalu," kata Adi Prayitno.

Dikatakan Adi, pencairan BPOPP di awal triwulan tersebut merupakan hasil evaluasi yang dilakukan Disdik Provinsi. Sebab, jika mengacu pada tahun-tahun sebelumnya, pencairan BPOPP di akhir triwulan justru mempersulit sekolah untuk mengelola biaya operasionalnya.

"Kalau cair di akhir triwulan, maka biaya harus dipinjami sekolah lebih dulu. Iya kalau punya uang tapi kalau tidak, ini kan kasihan. Hal itu justru meresahkan sekolah karena kekurangan. Pencairan setiap satu bulan sekali ini tentu sangat mendukung berjalannya pendidikan meskipun dilakukan secara daring," tutur Adi.

Dirinya juga mengatakan nominal yang diturunkan ke siswa yang berada diderah  Jawa Timur berbeda-beda. Hal tersebut sesuai dengan surat edaran (SE) Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Untuk BPOPP siswa SMA sebesar Rp95.000, siswa SMK Teknik sebesar Rp170.000, siswa SMK Non Teknik sebesar Rp135.000 dan siswa SLB Rp150.000. Pihanya juga mengalokasikan anggaran sebesar Rp37.425.990.000 untuk Kabupaten Bojonegoro dan Tuban, pada pencarian pertama bulan Januari di tahun 2021 ini.

"Kalau untuk bulan Februrari ini kita rencanakan pencairan BPOPP sebelum tanggal 10," sambungnya.

Selain itu, Adi juga menjelaskan bahwa BPOPP di tahun ini, APBD Jatim baru mengalokasikan anggaran untuk enam bulan. Kekurangannya akan diusulkan kembali di perubahan anggaran.

Dia juga berharap dengan pencairan BPOPP di awal triwulan bisa segera digunakan sekolah untuk mendukung peningkatan mutu pembelajaran, terlebih di masa pandemi Covid-19 ini.

"Sehingga proses pembelajaran tetap terus berjalan. Pihaknya juga meminta sekolah mengoptimalkan pemanfaatan untuk kegiatan yang sangat mendesak," katanya.[din/ito]

Tag : bpopp, pendidikan, sma, smk, slb, jatim, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat