20:00 . Diresmikan Jokowi dari Trenggalek, Intip Keindahan dan Manfaat Bendungan Gongseng   |   19:00 . Presiden RI Tak Berani ke Bojonegoro, Ada Apa?   |   18:00 . Smart City 2021 Kabupaten Bojonegoro   |   17:00 . Urus Administrasi, Pemdes Sukorejo Terapkan Wajib Miliki Kartu Vaksin   |   16:00 . Di Trenggalek, Bupati Bojonegoro dan Gubernur Jatim Dampingi Jokowi Resmikan Dua Bendungan   |   15:00 . Inilah Pemenang Undian Simpeda Bank Jatim Cabang Bojonegoro   |   14:00 . Atlet Renang Bojonegoro Raih 1 Emas dan 2 Perak di Jatim Open 2021   |   13:00 . Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Gongseng   |   12:30 . blokTuban.com Ulang Tahun Ke-6, CEO BMG Resmi Launching TDF   |   12:00 . Detik-detik Jokowi Resmikan Bendungan Gongseng Bojonegoro   |   11:00 . Bukan Lagi Diving, Neymar Cedera Parah   |   10:00 . Buktikan Bojonegoro Sebagai Karsyan Era Majapahit, Pemkab Gelar FGD Sejarah   |   09:00 . Ulang Tahun blokTuban.com ke- 6 dan Launching Tuban Digital Forum   |   07:00 . Jangan Abaikan Nyeri Dada pada Anak, Ini Bahayanya!   |   22:00 . BPBD Imbau Warga Waspada Hujan dengan Intensitas Tinggi   |  
Wed, 01 December 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Antisipasi Bahaya, DLH Pangkas Pohon yang Rawan Tumbang

blokbojonegoro.com | Thursday, 04 February 2021 12:00

Antisipasi Bahaya, DLH Pangkas Pohon yang Rawan Tumbang

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bojonegoro melakukan pemangkasan atau pemotongan pohon di pinggir jalan kota. Kegiatan tersebut dilakukan setiap hari terhadap pohon yang dianggap rawan tumbang.

Kepala Dinas Lingkungan Kabupaten Bojonegoro, Hanafi mengatakan, musim hujan yang terkadang juga disertai dengan angin kencang berpotensi menimbulkan kerawanan terhadap pohon yang ada di pinggir jalan. Untuk mengantisipasi terjadinya bencana pohon tumbang maka pihaknya memangkas pohon yang dianggap rawan.

"Selain menjaga estetika kota, pemangkasan dan penebangan ini juga sebagai langkah antisipasi terjadinya pohon tumbang yang dapat membahayakan masyarakat di sekitarnya," ujar Hanafi, Kamis (4/2/2021).

Untuk penebangan kata dia tidak bisa dilakukan begitu saja, DLH mempunyai penilaian tersendiri terkait kondisi pohon. Jika kondisi pohon dapat membahayakan dan usianya sudah tua dan rapuh baru ditebang. 

Menurutnya, proses pemotongan juga tidak dilakukan sembarangan sehingga mengganggu pertumbuhan pohon. Sebab menebang pohon juga tidak baik, jika masih bermanfaat, apalagi dalam menjaga lingkungan agar tetap sejuk dan nyaman.

"Penebangan pohon sendiri tentunya berdasarkan beberapa kriteria tertentu. Selain memang dirasa membahayakan keselamatan, kondisi pohon telah mengalami pengeroposan pada bagian akar juga batang. Sehingga mempengaruhi kekuatan berdirinya pohon, jadi menebang pohon tidak asal-asalan," sambung mantan Kepala Dinas Pendidikan ini.

Ia juga mengungkapkan, sejumlah pohon di Bojonegoro Kota berusia sekitar 45 tahun sampai 50 tahun, bahkan ada yang lebih. Sedangkan untuk pohon yang berada dijalan Nasional berumur sekitar 20 tahun sampai 30 tahun, mengingat beberapa pohon terdampak pelebaran jalan pada tahun 1993.

Saat ini pihaknya juga mulai fokus untuk pemangkasan pohon di jalan nasional maupun jalan Poros Utama Kecamatan (PUK). Sebab, sebelumnya DLH sudah melakukan pemangkasan hingga pemotongan pohon disepenjang ruas jalan utama perkotaan di Bojonegoro.

"Kami juga berharap masyarakat juga peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Jika menemukan pohon yang berbahaya, terutama dipinggir jalan dapat melaporkan ke Dinas Lingkungan Hidup untuk dipangkas," pungkasnya.[din/lis]

 

 

Tag : Pohon, tumbang, kota



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 22 November 2021 14:00

    Resensi

    Dibalik Buku 00.00

    Dibalik Buku 00.00 Buku judul 00.00 merupakan karya kedua dari Anugrah Ameylia Falensia atau yang kerap dikenal dengan panggilan Amey atau cumi oleh teman-teman maupun para teman pembacanya....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 10 November 2021 10:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more