Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tahun Ini Pemkab Bojonegoro Tanam 120 Ribu Pohon

blokbojonegoro.com | Wednesday, 10 February 2021 08:00

Tahun Ini Pemkab Bojonegoro Tanam 120 Ribu Pohon

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokbojonegoro.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) terus melestarikan lingkungan dengan menanam pohon. Tahun ini, DLH menyiapkan sebanyak 120 ribu pohon untuk penghijaun.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Hanafi mengatakan, penanaman pohon yang dilakukan oleh pihaknya memang menjadi agenda rutin setiap tahun. Penghijauan sangat diperlukan di wilayah Bojonegoro, guna menyeimbangkan alam karena Bojonegoro merupakan kota sumber minyak.

"Penanaman pohon dimaksudkan untuk menjaga lingkungan agar tetap lestari dan memberikan manfaat bagi masyarakat. Pohon kita ditanam adalah jenis pohon Beringin dan Trembesi,” katanya.

Hanafi menjelaskan, dipilihnya kedua jenis pohon tersebut mempunyai banyak manfaat. Untuk pohon beringin (ficus spp) memiliki manfaat bagi kehidupan mulai dari akar-akarnya yang bisa menampung air untuk mahluk hidup dan sangat berguna untuk penopang tanah, penahan banjir dan tahan longsor.

Sedangkan pohon trembesi (Albizia zaman) juga memiliki banyak manfaat bagi lingkungan hidup. Selain sebagai peneduh, pohon trembesi juga kaya akan oksegen yang sangat penting bagi kehidupan mahluk hidup dan mampu menyerap banyak senyawa karbon dioksida yang sangat berbahaya bagi kesehatan, yang banyak dihasilkan dari asap kendaraan.

"Kita berharap, upaya reboisasi tidak hanya dilakukan oleh pihak Pemkab Bojonegoro, tetapi juga ada peran dari masyarakat," sambung mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro ini.

Terkait penanaman pohon tersebut, ia mengungkapkan sebagian besar bakal ditanam dipinggir jalan Poros Utama Kecamatan (PUK), jalan Provinsi dan jalan nasional. Selain itu, juga bakal ditanam ditempat wisata, Kecamatan dan desa-desa yang mengajukan untuk penghijauan.

"Menambah jumlah pohon di jalan merupakan salah satu cara untuk menjaga kualitas udara. Selain dapat menyerap emisi karbon, keberadaan pohon juga membuat suasana lebih sejuk," jelas Hanafi.

Dirinya mengungkapkan, selama ini Pemkab Bojonegoro juga rutin melakukan kegiatan penanaman pohon setiap tahunnya. Pada periode kepemimpinan Bupati Anna Mu'awanah ini, Pemkab Bojonegoro menargetkan sekitar 500 ribu sampai 600 ribu pohon yang ditanam diwilayah Bojonegoro. [din/mu]

Tag : dlh, dinas lingkungan hidup, pohon, lingkungan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini