Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Begini Aturan Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia

blokbojonegoro.com | Monday, 15 February 2021 20:00

Begini Aturan Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Program  Vaksinasi  Covid-19  segera  memasuki  tahap  kedua, seiring  dengan  hampir  selesainya  pemberian  vaksinasi  tahap  pertama  kepada  para  tenaga kesehatan.  Salah  satu  kategori  yang  masuk  di  tahap  kedua  ini  adalah  lansia,  yaitu  seseorang yang berusia 60 tahun ke atas. Lansia termasuk yang didahulukan atau menjadi prioritas karena  memiliki risiko lebih tinggi untuk menjadi fatal.

Juru  bicara  Vaksinasi  Covid-19  Kementerian  Kesehatan,  dr.  Siti  Nadia  Tarmizi,  M.Epid., menjelaskan ada sekitar 21 juta orang yang termasuk kategori lansia yang akan menjadi sasaran program  vaksinasi  tahap  kedua  ini.  Lebih  lanjut, dr.  Nadia  menjelaskan  bahwa  ada  prosedur spesifik  dan  berbeda  untuk  melakukan  vaksinasi  kepada  lansia  tersebut. 

"Untuk  penyuntikan menggunakan vaksin Sinovac ini, interval penyuntikan khusus untuk lansia adalah 28 hari, ” jelasnya.

Selain  soal  interval  penyuntikan, ada tahapan lain yang diberlakukan kepada lansia. “Untuk tekanan darah dan suhu, sama dengan kategori lain, yaitu suhunya mesti 37,5 derajat celcius ke bawah dan tekanan darahnya tidak boleh lebih dari 180/110 mmHg. Yang berbeda adalah yang berkaitan dengan kondisi fisik, ada tambahan pertanyaan pada tahapan wawancara terkait hal itu sebelum dilakukan penyuntikan kepada lansia. Ini wujud aspek kehati-hatian,” ujar dr. Nadia.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut adalah:

1.Apakah mengalami kesulitan untuk naik 10 anak tangga?

2.Apakah sering merasa kelelahan?

3.Apakah  memiliki  paling  sedikit  5  dari  11  penyakit  (Hipertensi,  diabetes,  kanker, penyakit paru kronis, serangan jantung, gagal jantung kongestif, nyeri dada, asma, nyeri sendi, stroke dan penyakit ginjal)?

4.Apakah mengalami kesulitan berjalan kira-kira 100 -200 meter?

5.Apakah  mengalami  penurunan  berat  badan  yang  bermakna  dalam  setahun terakhir?

“Jika ada tiga atau lebih yang dijawab ‘iya’ oleh calon penerima vaksin lansia, maka vaksin tidak dapat  diberikan. Demi  lancarnya  proses  ini,  kepada  calon  penerima  vaksinasi  diharapkan memberikan keterangan sesuai dengan kondisi sebenarnya. Itu juga agar bisa memberikan efek vaksin yang maksimal dan memperkecil risiko terjadinya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi atau KIPI yang serius,” jelas dr. Nadia.

Tag : covid 19, virus corona, corona, covid 19, kasus covid 19, kasus covid indonesia, ingat pesan ibu, pakai masker, jaga jarak, hindari kerumunan, cuci tangan pakai sabun, satgas covid 19, lawan covid



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini