18:00 . Mulai 1 April, ASN di Bojonegoro Diwajibkan Gunakan Udheng Samin   |   16:00 . Usai Tenggak Miras Oplosan, Tiga Warga Bojonegoro Meregang Nyawa   |   15:00 . Mentan Andi Sulaiman Tinjau Gerakan Pompanisasi di Bojonegoro   |   13:00 . Pj Adriyanto Berharap Semua Kepala Desa Bergerak Aktif Membangun Daerah   |   19:00 . Fatayat NU Balen, Bojonegoro Bagikan Ratusan Takjil ke Pengguna Jalan   |   18:00 . Cegah Perang Sarung, Kapolres Bojonegoro: Pastikan Anak-anak Tak Pulang Larut Malam   |   17:00 . KAI DAOP 8 Tambah 11 Kereta Api Jelang Mudik Lebaran   |   15:00 . Seorang Guru di Bojonegoro Diduga Lecehkan Siswanya   |   08:00 . Jumlah Buaya di Bengawan Solo, Bojonegoro Diperkirakan 10 Ekor Lebih   |   22:00 . Hadiri Rapat Paripurna DPRD, Pj Bupati Bojonegoro Paparkan LKPJ Tahun 2023   |   21:00 . Fakta Persidangan Pengeroyokan di Bojonegoro : Pelaku dan Korban Sama Cari Musuh   |   20:00 . Dari Aku Perempuan Untukmu Perempuan   |   19:00 . Sidang Pengeroyokan di Bojonegoro, Ibu Korban Minta Pelaku Dihukum Mati   |   18:00 . Bojonegoro Diprediksi Surplus Beras Bulan Maret dan April   |   17:00 . Inspeksi Rumah Terancam Longsor, Pj Bupati Bojonegoro : Kami Sarankan Relokasi   |  
Tue, 19 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Program Aladin 2021 Pemkab Bojonegoro Targetkan Rehab 3.927 Unit RTLH

blokbojonegoro.com | Monday, 15 February 2021 12:00

Program Aladin 2021 Pemkab Bojonegoro Targetkan Rehab 3.927 Unit RTLH

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro di tahun 2021 ini telah merencanakan 3.927 rehab unit rumah tidak layak huni (RTLH) melalui Program Atap, Lantai dan Dinding (Aladin). Jumlah ini mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 3.373 unit rumah.

Kabid Perumahan dan Kawasan Permukiman Dinas PKP Cipta Karya Bojonegoro, Zamroni menuturkan untuk program rehabilitasi RTLH di tahun 2021 mengalami penambahan kuota yakni sebanyak 554 unit.

"Tahun 2020 anggaran APBD baik induk maupun PAPBD total 3.373 unit rumah, sedangkan APBD 2021 yang induk mencapai 3.927 unit,"tutur Zamroni.

Zamroni, menjelaskan adapun program rehab RTLH meliputi atap lantai dinding (Aladin) menghabiskan dana anggaran per unitnya sekitar Rp 20 juta. Sedangkan untuk pengerjaan pembangunan RTLH akan dilangsungkan mulai bulan depan.

"Jumlah 3.927 kebutuhan anggaran mencapai 78.540.000.000. Ini baru fisiknya saja, untuk pelaksanaan pengerjaan pembagunan RTLH baru akan dimulai bulan depan," ungkapnya.

Pada dasarnya program RTLH sendiri merupakan program prioritas bagi masyarakat atau warga yang kurang mampu, khususnya yang mengalami kerusakan pada atap lantai maupun dinding rumah.

Terkait mekanisme pengajuan RTLH atau program Aladin yakni melalui Pemerintah Desa (Pemdes), di mana Pemdes berhak mengajukan proposal disertai foto kondisi rumah penduduk yang bersangkutan, identitas warga atau yang mengajukan berupa kartu tanda penduduk (KTP).

"Program ini merupakan prioritas bagi warga tidak mampu, khususnya yang mengalami kerusakan pada lantai ataupun dinding. Diajukan melalui Pemdes melalui mekanisme pengajuan," jelasnya.

Zamroni juga berharap, semoga apa yang telah ditargetkan oleh Pemerintah dari tahun 2018 sampai dengan 2023 terkait progam bantuan bagi masyarakat kurang mampu terlebih RTLH ini dapat terpenuhi dan terealisasi secara maksimal.

"Harapan kami tentukan program ini dapat terealisasi dengan baik sebanyak 22.528 unit RTLH," pungkasnya. [liz/ito]

 

Tag : RLTH, pemkab, program, aladin



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat