07:00 . Manfaat Butterfly Hug bagi Kesehatan Mental, Efektif Redakan Stres dan Kecemasan   |   19:00 . Cerita Dwi Kurnia, Ikuti Seleksi CPNS Saat Hamil   |   18:00 . Pengurus PPDI Bojonegoro Dilantik, Pemkab Siap Beri Pelayanan Terbaik   |   17:00 . Inilah Titik Lokasi Mandiri SKB CPNS Pemkab Bojonegoro   |   16:00 . Rumah Cerdas Ceria Gelar Parenting untuk Si Buah Hati   |   15:00 . 435 Peserta Ikuti SKB CPNS Pemkab Bojonegoro   |   13:00 . Cerita Mbah Banung Sumitro dan Desa Blongsong   |   11:00 . Pelas Crispy, Kuliner Hits Kekinian   |   09:00 . Jalin Silaturahmi Asosiasi Pengrajin Batik Bojonegoro Belajar Batik Bledak Sogan Bojonegaran   |   07:00 . Benarkah Media Sosial Bikin Empati dan Rasa Tulus Masyarakat Berkurang?   |   22:00 . Mulai Besok, SKB CPNS Bojonegoro Diselenggarakan   |   20:00 . Lantik Kades PAW, Bupati Ajak Selaraskan Program Kesejahteraan Masyarakat   |   19:00 . Pendiri ISNU Asli Bojonegoro, Pengurus Harus Teruskan Semangat Berjuang   |   18:00 . Bupati Tunjukkan Inovasi Bojonegoro Pada Ajang Kepala Daerah Inovatif Kemendagri   |   17:00 . Awas...!! Saat Hujan Jalan Ini Rawan Tergenang   |  
Sun, 28 November 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Ketua AMSI Jatim Dapat Gelar dari Pakoe Boewono XIII

blokbojonegoro.com | Wednesday, 10 March 2021 13:00

Ketua AMSI Jatim Dapat Gelar dari Pakoe Boewono XIII

Reporter : Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Timur, Arief Rahman, mendapat gelar dari Raja Keraton Kasunanan Surakarta. 

Gelar itu diberikan sehari menjelang Tingalandalem Jumenengan (peringatan kenaikan tahta) Sampeyandalem Ingkang Sinuwun Kangjeng Susuhunan (SISKS) Pakoe Boewono XIII yang ke-17 di Keraton Surakarta, Kota Surakarta, Senin (8/3/2021).

"Kaparingan gelar Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) Arief Rahman, ST, MM,” kata Gusti Kanjeng Ratu Pakoe Buwono (permasuri) di teras Nalendran, kediaman Raja Pakoe Boewono XIII.

Sebagai bentuk pengesahan, Arief Rahman mendapatkan sertifikat (Nawala Kakancingan) gelar yang ditandatangani langsung oleh Pakoe Boewono XIII.

Arief Rahman juga tak menyangka, selain mendapatkan gelar KRT dirinya juga mendapatkan tambahan pangkat. 

"Yang membuat terkejut, rupanya ada tambahan pangkat juga. Tertulis di Kakancingan ada ganjaran pangkat sebagai Bupati Sepuh," paparnya, Selasa (9/3/2021).

Sebelumnya pada 2020 lalu, Menteri Sosial Tri Rismaharini, saat masih sebagai Wali Kota Surabaya, juga mendapat gelar serupa yakni Kanjeng Mas Ayu. 

Risma juga mendapatkan gelar tersebut menjelang perhelatan peringatan kenaikan tahta Pakoe Boewono XIII.

Menerima gelar dan pangkat ini, Arief Rahman menganggapnya sebagai amanah dan tanggung jawab yang berat.

"Semua ini amanah. Alhamdulillah. Anugerah ini saya terima dengan penuh rasa syukur ke hadirat  Gusti Allah Ingkang Maha Agung, atas segala karunia dan rahmatNya yang tak terhingga," ucap Arief Rahman.

Pria kelahiran Magetan ini pun bertekad untuk menjadikan Madiun, Magetan, Ponorogo, Ngawi dan sekitarnya sebagai The Heart of Mataraman, jantung peradaban budaya Jawa Mataraman. 

Tentu dalam konteks pelestarian budaya luhur bangsa Indonesia dan pengembangan destinasi wisata serta sebagai ikon pariwisata.

Dalam sejarah, Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, merupakan pewaris Kesultanan Mataram Islam yang dibangun tahun 1586 oleh Panembahan Senopati. 

Sultan pertama itu bergelar Senapati Ing Alaga Abdurrachman Sayyidin Panatagama (berkuasa 1587-1601). Wilayah kekuasaannya meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur dan sebagian Jawa Barat.

Hampir sama dengan Keraton Yogyakarta yang dipimpin Hamengku Buwono XI, Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang terletak di jantung Kota Solo ini lebih dulu berdiri pada tahun 1745. 

Terletak di Kota Solo yang berjuluk the Spirif of Java, Keraton Kasunanan Surakarta dikenal masih amat memegang teguh adat budaya Jawa asli serta menjaga ajaran adiluhung Jawa.

Arief Rahman juga berharap momentum pemberian gelar ini bisa menjadi perekat sinergi media siber dengan Keraton Surakarta. 

"Budaya luhur bangsa Indonesia dari suku Jawa ini perlu terus dilestarikan dan semakin dikenal di manca negara. Media siber punya peranan besar di situ," pungkas Ketua AMSI Jatim, Arief Rahman.

Tag : ketua, amsi, jatim, Pakoe Boewono XIII.



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Tuesday, 23 November 2021 19:30

    Dewan Pers Verifikasi Faktual Media blokBojonegoro.com

    Dewan Pers Verifikasi Faktual Media blokBojonegoro.com Komisioner Dewan Pers, Agus Sudibyo melakukan proses verifikasi faktual untuk media blokBojonegoro.com, media lokal yang berkantor di Jalan KS Tubun Gang Srinayan No.3 Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur, Selasa (23/11/2021) sore....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 22 November 2021 14:00

    Resensi

    Dibalik Buku 00.00

    Dibalik Buku 00.00 Buku judul 00.00 merupakan karya kedua dari Anugrah Ameylia Falensia atau yang kerap dikenal dengan panggilan Amey atau cumi oleh teman-teman maupun para teman pembacanya....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 10 November 2021 10:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more