21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   14:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |   07:00 . Ramadan, BRI Group Salurkan 128 Ribu Paket Sembako Ke Seluruh Penjuru Negeri   |  
Thu, 28 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tiga Pilar Penopang Manajemen Peserta Didik

blokbojonegoro.com | Thursday, 18 March 2021 20:00

Tiga Pilar Penopang Manajemen Peserta Didik

Penulis: Cahyo Hasanudin*

Kata manajemen berasal dari bahasa Inggris yaitu kata manage atau to manage yang berarti mengatur, melaksanakan, mengurus, menata atau mengelola. Manajemen secara luas dapat dimaknai sebagai suatu bentuk aktivitas yang dilakukan bersama-sama oleh beberapa orang dengan sebuah tujuan yang ingin dicapai.

Mengutip dari pengertian di atas, dapat dikatakan bahwa segala aktivitas atau kegiatan butuh sebuah manajemen yang bagus agar tujuan atau visi yang dicita-citakan terwujud. Oleh karena itu, manajemen sudah tentu bermanfaat di seluruh sektor, baik sektor pariwisata, industri, perdagangan, pertanian, pedidikan, dan sektor lain. Pada sektor pendidikan, khususnya sekolah, apabila diparsialkan banyak sekali komponen yang terlibat, di antaranya ada kurikulum, sarana prasarana, kepala sekolah, wali murid, guru, pembiayaan, komite, peserta didik, dan komponen lainnya. Masing-masing komponen ini saling bersinergi agar visi dan misi yang dicita-citakan tercapai.

Sebut saja komponen peserta didik. Komponen peserta didik menjadi tidak efektif bila tidak ada sebuah manajemen yang matang. Manajemen peserta didik dapat dimaknai sebuah usaha untuk mengelola dan mengontrol peserta didik mulai masuk sekolah/daftar menjadi murid baru hingga mereka lulus. Bentuk kontrol ini juga harus bersinergi dengan amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, bapak Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A. dalam kuliah umum yang diselenggarakan oleh Kemendikbud RI pada tautan https://www.youtube.com/watch?v=8TiP-cZkxHY&t=2825s. Pak Nadiem menyebutkan bahwa masih banyak dijumpai kasus kekerasan, perundungan/bullying, dan intoleransi pada peserta didik kita.

Dari beberapa kasus di atas, seluruh stakeholder atau pemangku kepentingan harus ikut andil dalam mengontrol peserta didik agar kasus seperti di sebutkan di atas tidak terjadi. Oleh karena itu, saya menawarkan tiga pilar penopang agar manajemen peserta didik berjalan sesuai visi atau cita-cita yang diharapankan oleh pemerintah, khususnya sekolah. Pilar pertama adalah Penyelenggaraan Layanan Khusus, pilar kedua adalah Pengelompokan peserta didik sesuai gaya belajar VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) saat pembelajaran, dan pilar ketiga adalah Evaluasi Hasil belajar peserta didik berbasis life skill.

Penyelenggaraan Layanan Khusus

Penyelenggaraan layanan khusus dapat berupa kegiatan yang mensinergikan pendidikan karakter dengan lift skill (bakat, minat, dan kemampuan) dengan cara mengadakan kunjungan ke salah satu tempat bersejarah, tempat wisata, sanggar, bengkel, atau tempat lain yang dapat mengedukasi dan memberikan pengalaman kecakapan hidup peserta didik. Bentuk sinergi dari dua komponen ini dapat dikemas dalam sebuah layanan khusus dalam bentuk layanan karya wisata.

Layanan karya wisata memberikan bekal peserta didik untuk mengimplementasikan nilai-nilai karakter, misalnya nilai karakter bersahabat/komunikatif atau nilai karakter lain. Hal ini dapat dibuktikan saat siswa sedang melaksanakan kunjungan di sebuah tempat sejarah. Siswa akan melakukan komunikasi, tukar ide, dan pengetahuan dengan teman yang lain. Selain itu, pada saat melakukan kunjungan wisata, tentunya siswa akan bertanya kepada penjaga tempat sejarah/tour guide dari sesuatu yang tidak ia ketahui. Di sinilah, siswa dapat mengembangkan kemampuan berbicara, kemampaun bertanya, dan kemampuan lain. Dengan demikian, bentuk sinergi pendidikan karakter dengan lift skill (bakat, minat, dan kemampuan) dapat diwujudkan dalam sebuah layanan khusus karya wisata untuk peserta didik.

Pengelompokan peserta didik berdasarkan gaya belajar VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) saat pembelajaran

Pengelompokan peserta didik yang didasarkan pada gaya belajar VAK (Visual, Auditori, dan Kinestetik) saat pembelajaran bukan untuk mencari siswa yang pintar atau tidak, siswa yang berprestasi atau tidak. Akan tetapi, pengelompokkan ini bertujuan untuk mempermudah guru mengetahui kemampuan masing-masing siswa saat menerima materi. Skema pengelompokan ini akan membantu siswa yang lemah di salah satu keterampilan dan memberikan kesempatan berbagi materi bagi siswa yang kuat.

Skema pengelompokkan peserta didik berdasarkan gaya belajar dapat disimulasikan pada kegiatan berikut. Misal, pada pembelajaran bahasa Indonesia ada materi “menemukan unsur 5W dan 1H dari berita yang didengar”. Jika dalam satu kelas ada siswa dengan gaya belajar visual, siswa tersebut tidak suka dengan aktivitas mendengarkan atau menyimak. Maka, siswa tersebut kurang bisa menerima materi hari ini. Akan tetapi, siswa dengan gaya belajar auditori dapat menerima materi dengan baik. Jika kondisi ini tidak diketahui guru sejak awal. Maka, guru akan menemukan masalah baru terkait ketuntasan pembelajaran secara klasikal.

Simulasi ini mengajak guru mengetahui sejak dini gaya belajar masing-masing peserta didik melalui pengelompokan berdasarkan gaya belajar VAK (Visual, Auditori, dan Kinestetik).

Evaluasi Hasil belajar peserta didik berbasis life skill

Evaluasi hasil belajar peserta didik dapat dikatakan sebagai bentuk kegiatan untuk mengukur kemampuan peserta didik berdasarkan standardisasi atau ketuntasan kelas yang sudah ditetapkan melalui KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Evaluasi bisa dilakukan setelah akhir bab, PTS (Penilaian Tengah Semester), dan PAS (Penilaian Akhir Semester).

Bentuk-bentuk evaluasi hasil belajar peserta didik seiring perkembangann zaman dan berbagai tantangan dalam kehidupan. Maka, pemerintah atau stakeholder terkait, khususnya guru memiliki andil untuk mengubah bentuk evaluasi. Bentuk evaluasi yang dapat diimplementasikan adalah membuat evaluasi hasil belajar berbasis life skill.

Bentuk evaluasi hasil belajar berbasis life skill tidak hanya mengukur kemampuan kognitif akan tetapi dapat menumbuhkan bakat, minat, dan kemampuan siswa dalam menguasai setiap matapelajaran. Misal pada matapelajaran bahasa Indonesia, bentuk evaluasi dapat berupa membuat cerita pendek dari kisah sendiri. Maka, dari hasil evaluasi siswa dapat membuat cerita pendek. Pada evaluasi ini siswa mencapai level tertinggi dari Taksonomi Bloom yaitu siswa mampu mencipta (create). Pencapain level tertinggi ini dapat dimaknai bahwa peserta didik dapat mengembangkan bakat dan kemampuan menulis cerpen melalui evalusi yang dilakukan oleh guru. Bentuk evalusi ini jelas mensinergikan berbagai komponen terkhusus kecakapan hidup peserta didik sebagai bekal di masa yang akan datang.

Ketiga pilar ini dapat mengurangi bentuk-bentuk kasus kekerasan, perundungan/bullying, dan intoleransi selama semua stakeholder dapat mengelola dengan baik. Pada akhirnya, ketiga pilar ini dapat dijadikan sebagi pilar dalam manajemen peserta didik.

*Penulis: Dosen IKIP PGRI Bojonegoro.

Tag : pendidikan, manajemen, peserta didik, IKIP PGRI Bojonegoro, dosen ikip



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat