20:00 . Jelang Pemilu, 749 Calon PPK Ikuti Tes CAT   |   19:00 . Curah Hujan Tinggi, TPT Jembatan Jetak Bojonegoro Longsor   |   18:00 . Waspada Penipuan Digital, Masyarakat Perlu Bijak Bermedsos   |   17:00 . Cegah Longsor dan Banjir, Pemkab Bojonegoro Bangun Tebing Penahan   |   16:00 . Polisi Terus Selidiki Laporan Dugaan Sertifikat Tanah Palsu di Kasiman   |   15:00 . Tips Hemat Hadapi Godaan Diskon Belanja Akhir Tahun   |   14:00 . Kejari Segera Tetapkan Tersangka Dugaan Korupsi APBDes Deling   |   13:00 . UINSA Terima Anugerah Top 45 Publik Inovasi Terbaik   |   12:00 . Diduga Kurang Konsentrasi, Remaja Meninggal Dunia Usai Menabrak Pemotor di Dander   |   08:00 . Pemkab Bojonegoro Masih Tunggu Juknis Inpres Pengadaan Kendaraan Listrik Kedinasan   |   07:00 . Bayi Rewel Saat Tidur Malam, Apa Bisa karena Ruam Popok?   |   16:00 . BMKG Juanda: Waspada Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang   |   15:00 . BPBD Jatim Beberkan Potensi Daerah Rawan Bencana, Termasuk Bojonegoro   |   13:00 . Jalan Darurat Jembatan Kedungjati Kembali Dibuka   |   12:00 . Bupati Bojonegoro Bersama Sekretaris Utama BMKG Tandatangani MoU Mitigasi Bencana   |  
Tue, 06 December 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Upaya Gotong Royong dari Pemerintah Agar Indonesia Keluar dari Pandemi

blokbojonegoro.com | Sunday, 21 March 2021 06:00

Upaya Gotong Royong dari Pemerintah Agar Indonesia Keluar dari Pandemi

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Pemerintah Indonesia telah berupaya semaksimal mungkin dalam menangani pandemi Covid-19. Mulai dari pemerintah di tingkat pusat, hingga penanganan ke tingkat daerah dan tingkatan terkecil sekalipun, yaitu kelurahan dan desa. Dan saat ini, perkembangan penanganan Covid-19 perlahan berjalan ke arah yang diharapkan.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menjelaskan, salah satu upaya penting yang dilakukan pada tahun 2020, ialah membentuk Gugus Tugas Covid-19 berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) No. 7 Tahun 2020 yang selanjutnya direvisi melalui Kepres No. 9 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Penanganan Covid-19.

"Pemerintah selalu mengutamakan koordinasi yang melibatkan seluruh tingkatan, baik pusat dan daerah, hingga seluruh elemen masyarakat dalam upaya penanganan pandemi Covid-19," jelasnya membuka agenda keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 di Graha BNPB, yang juga disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Lalu, untuk melakukan percepatan dan efektifitas penanganan  pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional, maka Presiden mencabut Kepres No. 9 Tahun 2020 dan mengeluarkan Perpres No. 82 Tahun 2020 tentang Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN). "Melalui Perpres ini, Gugus Tugas Covid-19 berubah menjadi Satuan Tugas Penanganan Covid-19 dan berada di bawah KPC PEN," ia menambahkan.

Satgas Covid-19 terus melakukan koordinasi mingguan bersama seluruh provinsi di Indonesia sesuai arahan Presiden Joko Widodo. Dan saat ini seluruh provinsi di Indonesia telah memiliki satgas Covid-19 yang diketuai kepala daerahnya masing-masing.

Dan saat ini juga penanganan Covid-19 sudah menyentuh ke tingkatan terkecil yakni di tingkat kelurahan dan desa melalui kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM Mikro). Dengan pembentukan posko Covid-19 tingkat desa dan kelurahan, merupakan wujud penguatan penanganan pandemi dalam masa penerapan PPKM Mikro.

Dan kinerjanya terus dipantau pemeritnah pusat melalui rapat koordinasi rutin maupun kunjungan kerja Kepala Satgas Penanganan Covid-19, salah satunya ke provinsi Kalimantan Barat dan Bangka Belitung.

"Semangat Gotong royong ini yang terus dibangun pemerintah sebagai upaya agar Indonesia keluar dari pandemi," pungkas Wiku.

Tag : ingat pesan ibu, pakai masker, covid 19, virus corona, satgas covid 19, lawan covid 19, lawan corona, satgas, pembatasan kegiatan, vaksin, jatah vaksin bojonegoro, jaga jarak, hindari kerumunan, cuci tangan pakai sabun, vaksinasi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat