Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Disperinaker Ajak Pelaku Usaha IKM Gunakan Bahan Ramah Lingkungan

blokbojonegoro.com | Wednesday, 24 March 2021 20:00

Disperinaker Ajak Pelaku Usaha IKM Gunakan Bahan Ramah Lingkungan

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Perkumpulan pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) Bojonegoro yang tergabung dalam Perkumpulan Produsen Makanan Minuman dan Industri Kreatif (Abmik), melaksanakan pendataan peserta baru sekaligus sosialisasi program kerja dan pemilihan pengurus periode 2021-2024, Rabu (24/03/2021).

Sekretaris Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Bojonegoro, Gunardi yang hadir saat acara menyampaikan pentingnya IKM sebagai mitra kerjasama antara pemerintah Kabupaten Bojonegoro dengan masyarakat.

"Terkait perkumpulan IKM ini kami memberikan apresiasi yang sangat luar biasa. Terlebih pada periode ini mulai melakukan pendataan terhadap anggota baru," ungkap Sekretaris Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Bojonegoro, Gunardi.

Gunardi juga menjelaskan, pihaknya juga beberapa kali melakukan pelatihan untuk meningkatkan kapasitas terhadap pelaku industri baik IKM maupun UMKM untuk menggugah minat dan bakat dari sebagian masyarakat.

"Kami ingin melihat bahwa pelatihan yang kami laksanakan bisa mengangkat kapasitas masyarakat," katanya.

Saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, juga mengajak kepada para pelaku IKM maupun UMKM di Bojonegoro untuk mengurangi penggunaan bungkus makanan menggunakan plastik. Khususnya, pada beberapa kegiatan industri kreatif yang lain bisa berjalan dan beriring dengan program dari Pemerintah.

"Program ini sebenarnya sudah lama, bahan-bahan yang digunakan ini diharapkan memakai bungkus atau bahan-bahan yang mudah terurai, seperti daun pisang, daun jati, dan lain-lain," imbuhnya.

Selain mengajak para pelaku UMKM dan IKM untuk aktif menggunakan bahan ramah lingkungan, pihaknya juga berharap nantinya para Produsen Makanan Minuman dan Industri Kreatif (Abmik) ini diharapkan mampu membuat konten melalui youtube agar semakin dikenal masyarakat luas.

Menurutnya, ini merupakan peluang yang sangat menjanjikan, karena bisa dijajakan melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

"Kalau bisa, Abmik ini harus punya Youtube, hanya bermodalkan kamera HP, sudah bisa membuat konten youtube, peluangnya sangat menjanjikan," pungkasnya.[liz/lis]

 

Tag : Ekonomi, bahan, umkm



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini