22:00 . Mendag: Sukses Beradaptasi, Bisnis Waralaba Jadi Tuan di Negeri Sendiri   |   21:00 . Satpol PP Bojonegoro Raih Penghargaan dari Kemendagri   |   20:00 . Pemkab Bojonegoro Gelar Sosialisasi Pemekaran Desa Sukorejo   |   19:00 . Persibo Ajukan PK, Laga Mitra Surabaya kontra Deltras Sidoarjo Ditunda   |   18:30 . Selamat..! Ponpes Attanwir Dapat Penghargaan Eco Pesantren dari Gubernur Jatim   |   18:00 . Awas...!! Tanggul Bengawan Solo Ambles   |   15:00 . Menjelang Nataru, Harga Daging Ayam di Bojonegoro Naik   |   14:00 . Grafik Harga Emas UBS Hari ini Terpantau Naik   |   12:00 . Pemkab Bojonegoro Ikuti Penilaian Evaluasi Program Menuju Smart City 2021   |   09:00 . Akhir Tahun, Ada 2.551 Janda Baru di Bojonegoro   |   07:00 . Jangan Dimarahi, Ini 5 Tips Membentuk Kepribadian Anak yang Disiplin   |   23:00 . Kecewa Putusan Komisi Banding PSSI, Persibo Bojonegoro Ajukan PK   |   19:00 . Dinas PMD Bojonegoro Sosialisasi Pemekaran Desa Napis   |   18:00 . Larangan Penjualan Minyak Curah, Begini Respon Masyarakat Bojonegoro   |   17:00 . Rapat Senat Terbuka Wisuda III/XXV, UNU Sunan Giri Hadirkan Ketua PBNU Bidang Pendidikan   |  
Wed, 08 December 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Begini Saran Ahli Untuk Atasi Kram Perut Saat Menstruasi

blokbojonegoro.com | Monday, 29 March 2021 07:00

Begini Saran Ahli Untuk Atasi Kram Perut Saat Menstruasi

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Kram perut umum dirasakan beberapa perempuan ketika sedang menstruasi. Meskipun itu termasuk hal normal, kram perut saat menstruasi benar-benar menjengkelkan dan membuat tidak nyaman.

Menurut ginekolog intimate wellbeing INTIMINA Dr Shree Datta, kram perut saat menstruasi sering kali disebabkan oleh kontraksi otot rahim, yang biasanya cenderung dimulai pada hari pertama menstruasi.

Seolah jadi pengetahuan umum, meredakan kram perut akibat menstruasi biasanya dilakukan dengan mengompresnya menggunakan botol berisi air hangat. Tetapi cara itu ternyata tidak ada dalam daftar saran yang direkomendasikan oleh Dr. Shree.

Dikutip dari Mirror, Dr Shree Datta memberikan enam tips menghilangkan kram perut saat menstruasi. Jika dilakukan rutin dan konsisten, hasilnya bisa saja Anda rasakan permanen.

1. Olahraga

Olahraga sangat membantu dalam meredakan kram perut saat menstruasi. Latihan aerobik seperti berjalan kaki atau yoga dianggap merangsang pelepasan beta endorfin, hormon perasaan senang yang dapat membantu meredakan beberapa jenis rasa sakit.

Satu studi menemukan olahraga teratur selama 45-60 menit tiga kali seminggu selama dalam siklus menstruasi dapat mengurangi nyeri haid. Olahraga teratur juga dapat mengatasi masalah lain seperti kembung dan kelelahan yang dapat terjadi pada minggu-minggu sebelum atau setelah menstruasi.

2. Diet Seimbang

Dr Shree Datta merekomendasikan makan makanan seimbang yang mencakup karbohidrat kompleks dan tinggi serat. Ikan, kacang-kacangan, dan kalsium juga bisa membantu. Minum banyak air membantu mengurangi kembung yang membuat rasa sakit semakin parah.

Namun, sangat disarankan mengurangi kafein karena dapat membatasi pembuluh darah dan membuat nyeri haid lebih sering terjadi.

3. Pakai mesin tens

Mesin ini sebenarnya lebih sering digunakan dalam persalinan. Tetapj menurut Dr Shree juga dapat membantu atasi nyeri haid. Mesin tens adalah perangkat kecil yang dioperasikan dengan baterai dan kabel yang terhubung ke bantalan yang akan pasang langsung ke kulit.

Mesin tens portabel bekerja dengan mengirimkan impuls listrik kecil langsung ke kulit, menghasilkan sensasi kesemutan. Hal itu dapat mengubah sinyal ke otak, mempengaruhi keseimbangan hormonal dan aliran darah hingga mempengaruhi tingkat nyeri.

4. Berhenti minum alkohol dan merokok

Penelitian juga menunjukkan bahwa merokok dan minum alkohol dapat memengaruhi nyeri haid. Faktanya, sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa merokok dapat meningkatkan risiko masalah menstruasi.

Perempuan yang telah berhenti merokok masih memiliki risiko lebih tinggi mengalami nyeri haid. Teorinya, komponen dalam tembakau dapat mengurangi aliran darah yang dapat memengaruhi kadar oksigen dan kontraktilitas di dalam rahim.

Sementara hubungan antara alkohol dan nyeri haid belum terlalu pasti, tetapi ada beberapa penelitian yang menunjukkan risiko ketidaknyamanan dan gejala pramenstruasi yang lebih tinggi menjelang menstruasi.

5. Meditasi

Teknik meditasi dan pernapasan dapat berguna karena membantu menenangkan pikiran. Menstruasi dapat menyebabkan suasana hati yang tidak menyenangkan. Dengan mengurangi perasaan stres, itu artinya kemungkinan mengalami kram saat menstruasi bisa dikurangi.

Penelitian menunjukkan bahwa yoga juga dapat membantu mengurangi gejala PMS fisik seperti retensi air. Dan meskipun tidak ada pedoman ketat, beberapa perempuan menganggap minum teh (mint atau camomile), pijatan lembut, dan berbaring telentang sangat membantu.

6. Minum obat pereda sakit

Obat penghilang rasa sakit tanpa resep yang sederhana seperti ibuprofen dan parasetamol dapat membantu mengatasi nyeri haid, tetapi jika ini tidak cukup, konsultasikan dengan dokter.

Pereda nyeri nonsteroid termasuk ibuprofen, naproxen, dan diklofenak terbukti lebih efektif daripada parasetamol. Cobalah dan hanya minum obat penghilang rasa sakit jika membutuhkannya.

Dr Shree Datta mengingatkan, jika gejala nyeri perut menjadi tidak terkendali, maka harus berkonsultasi dengan dokter.

"Kami akan menyelidiki alasan rasa sakit Anda dan menawarkan pereda nyeri spesialis, atau pil kontrasepsi. Kami juga dapat mempertimbangkan obat gelondongan Mirena. Dalam beberapa kasus, pembedahan mungkin merupakan pengobatan yang lebih tepat, tetapi ini dapat berkisar dari prosedur sehari-hari untuk melihat ke dalam rahim (histeroskopi) atau laparoskopi untuk melihat ke dalam perut hingga histerektomi tergantung pada apa penyebabnya," paparnya.

*Sumber: suara.com

Tag : pendidikan, kesehatan, mestruasi, kram perut



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 06 December 2021 12:00

    Peduli untuk Mahameru, BMG Buka Donasi

    Peduli untuk Mahameru, BMG Buka Donasi Gunung Semeru atau dikenal dengan Mahameru, yang ada di Kabupaten Lumajang Jawa Timur, dilaporkan meletus pada Sabtu, 4 Desember 2021 sekitar pukul 15.00 WIB....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 10 November 2021 10:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more